6 Cemilan Sehat dari Buah-Buahan yang Wajib Dicoba, Kaya Manfaat

Tak hanya menghidangkan kelezatan yang sehat, camilan dari buah juga dapat dengan mudah kamu kreasi sendiri di rumah.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 25 Jul 2024, 11:53 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 11:53 WIB
Buah Segar
Buah memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak. (Foto: Unsplash/Engin Akyurt)

Liputan6.com, Jakarta Mencari camilan sehat yang tetap menggugah selera bisa menjadi tantangan, terutama di tengah banyaknya pilihan camilan yang kurang sehat di pasaran. Namun, dengan kreativitas dan sedikit usaha, Anda bisa mengubah buah-buahan segar menjadi camilan lezat yang tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga menyehatkan tubuh.

Buah-buahan kaya akan vitamin, serat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan, sehingga menjadikannya bahan utama yang sempurna untuk camilan sehari-hari. Berbagai kreasi camilan dari buah-buahan pun mudah untuk dibuat. Mulai dari smoothie bowl yang menyegarkan hingga es loli buah yang nikmat.

Setiap resep dirancang untuk memberikan rasa yang lezat tanpa mengorbankan manfaat kesehatan. Camilan-camilan ini tidak hanya mudah dibuat, tetapi juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk seluruh keluarga.

Yuk, eksplorasi berbagai cara menyulap buah-buahan menjadi camilan sehat yang menggugah selera seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (25/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Salad Buah Segar

Salad Buah - Vania
Gambaran Menarik Salad Buah (Sumber: https://unsplash.com/DanaDevolk)

Salad buah adalah pilihan camilan yang selalu menyehatkan dan tak pernah mengecewakan. Kamu bisa dengan bebas memilih buah-buahan favoritmu seperti apel, anggur, kiwi, stroberi, dan melon.

Potong semua buah dengan ukuran yang pas, lalu campurkan dalam satu mangkuk besar. Agar semakin segar, simpanlah di kulkas sejenak setelah semua bahan teraduk rata. Untuk memberikan sentuhan istimewa pada salad buah ini, kamu bisa membuat dressing dengan menggunakan yoghurt plain yang dicampur dengan sedikit madu dan perasan lemon.

Aduk semua bahan dressing hingga merata, lalu tuangkan ke dalam mangkuk yang berisi buah-buahan tadi. Rasanya yang manis, segar, dan sedikit asam akan membuatmu ketagihan. Salad buah ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan di siang hari atau setelah melakukan olahraga.

Selain memberikan energi yang dibutuhkan tubuh, salad buah juga kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba camilan sehat yang satu ini!


2. Smoothie Buah

Ilustrasi smoothies
Smoothie buah adalah pilihan camilan yang sehat dan bergizi bagi anak-anak.

Smoothie bowl sedang menjadi tren di kalangan anak muda saat ini. Membuatnya pun sangat mudah dan tentunya lezat. Kamu bisa memilih buah-buahan favoritmu, seperti pisang, mangga, dan beri. Campurkan buah-buahan dengan sedikit yoghurt atau susu almond, lalu blender hingga halus.

Setelah itu, tuangkan smoothie ke dalam mangkuk dan hias dengan berbagai topping seperti granola, biji chia, potongan buah segar, dan kacang-kacangan. Selain rasanya yang enak, smoothie bowl juga kaya serat dan vitamin, sehingga sangat cocok sebagai sarapan atau camilan sore.


3. Popsicle Buah

Popsicle Warn-Warni
Gambaran Minuman Es Krim Buatan Sendiri yang Sehat dengan Warna-Warni Buah Segar / oleh freepik

Popsicle buah adalah camilan menyegarkan yang sempurna untuk dinikmati saat cuaca panas. Kamu hanya perlu memiliki buah-buahan segar seperti semangka, kiwi, dan nanas. Potong buah-buah tersebut menjadi potongan kecil yang pas, kemudian susunlah mereka dalam cetakan popsicle atau es stik.

Untuk memberikan rasa yang lebih lezat, tambahkan jus buah segar atau air kelapa sebagai isian, lalu masukkan stik popsicle dan biarkan beku di dalam freezer. Setelah beku, popsicle buah siap untuk dinikmati. Rasanya yang segar dan kelezatan alami dari buah-buahan tersebut akan membuatmu ketagihan!


4. Fruit Wraps

Memotong Buah
Menggambarkan Langkah-Langkah Membuat Fruit Wrap dengan Penuh Kreativitas

Inilah camilan yang simpel banget tapi tetap menggoda dan menyehatkan. Ambil roti tortilla atau crepes, lalu lumuri dengan yoghurt atau selai kacang. Jangan lupa tambahkan potongan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, dan blueberry.

Setelah itu, gulung tortilla atau crepes dengan rapi dan iris menjadi beberapa potongan. Fruit wraps ini sangat praktis untuk dibawa kemanapun, sehingga bisa menjadi sahabatmu saat sedang sibuk atau butuh asupan cepat.


5. Apple Nachos

Keripik buah dan sayur
Rasakan kelezatan keripik buah dan sayur bikinan sendiri dengan resep-resep istimewa ini, eksklusif dari shutterstock dan Oqbas.

Ingin mencoba camilan yang unik dan seru? Cobalah membuat apple nachos! Siapkan beberapa buah apel, iris tipis-tipis, dan susun dengan cantik di atas piring besar. Berikan sentuhan istimewa dengan taburan topping favoritmu, seperti kacang almond cincang, kismis, granola, dan biji bunga matahari.

Agar semakin lezat, siramkan sedikit madu atau saus karamel di atasnya. Apple nachos ini bukan hanya camilan yang menarik, tetapi juga sangat menyehatkan. Selain menikmatinya sendiri, ajaklah teman-temanmu untuk membuat camilan buah bersama. Nikmati momen seru ini sambil saling berbagi ide dan resep.

Buatlah acara kecil-kecilan di rumah, di mana setiap orang membawa buah-buahan favoritnya dan bisa membuat camilan bersama. Selain mendapatkan camilan sehat, juga bisa menghabiskan quality time bersama teman-teman.


6. Yogurt Parfait dengan Buah

[Fimela] Yogurt
Yoghurt | unsplash.com/@wesual dan unsplash.com/@foodbymars

Yogurt parfait adalah pilihan camilan sehat yang lezat dan memuaskan. Dalam gelas tinggi, susun lapisan yogurt rendah lemak, potongan buah-buahan seperti blueberry, raspberry, dan pisang, serta granola atau muesli. Ulangi lapisan tersebut hingga gelas penuh. Parfait ini tidak hanya enak dilihat, tetapi juga menyediakan probiotik dari yogurt dan nutrisi dari buah-buahan dan biji-bijian.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya