Resep Es Krim Mangga Homemade, Mudah dan Segar

Es krim mangga adalah salah satu pilihan yang menyegarkan dan lezat untuk dinikmati di hari-hari panas.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 29 Jul 2024, 14:24 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 14:24 WIB
es krim mangga
Ilustrasi es krim buah mangga/copyright freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Es krim mangga adalah salah satu pilihan yang menyegarkan dan lezat untuk dinikmati di hari-hari panas. Dengan rasa manis alami dari buah mangga dan tekstur creamy yang menyenangkan, es krim ini bisa menjadi pilihan tepat untuk camilan keluarga atau sebagai hidangan penutup yang menggugah selera.

Membuat es krim mangga di rumah tidak hanya memberikan rasa puas karena bisa menikmati hasil kreasi sendiri, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengontrol bahan-bahan yang digunakan.

Dalam resep ini, Anda akan menemukan cara membuat es krim mangga dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan. Dengan panduan ini, Anda dapat menciptakan es krim mangga yang lezat dan segar tanpa harus menggunakan mesin es krim.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini resep membuat es krim mangga di rumah dengan mudah, Senin (29/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Resep Es Krim Buah Mangga

Buah Mangga
Ilustrasi Buah Mangga Credit: pexels.com/Riki

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini adalah dua buah mangga yang sudah matang, dikupas, dan dipotong kecil-kecil. Selain itu, juga membutuhkan satu gelas susu segar yang segar dan lezat. Untuk memberikan rasa kaya dan creamy, tambahkan satu gelas krim pekat yang akan membuat hidangan ini semakin lezat.

Jika Anda menyukai makanan manis, tambahkan setengah gelas gula kristal sesuai dengan selera Anda. Untuk memberikan aroma mewah, tambahkan satu sendok teh vanili cair. Jika Anda ingin memberikan sentuhan segar, tambahkan air perasan setengah lemon. Semua bahan ini akan menciptakan hidangan yang lezat dan menyegarkan.


Cara Membuat:

Ilustrasi buah mangga
Ilustrasi buah mangga. (Foto oleh Wil Carranza: https://www.pexels.com/id-id/foto/dedaunan-daun-daun-mangkuk-mangkok-16724965/)

Agar hasilnya maksimal, gunakanlah bahan-bahan yang sudah didinginkan terlebih dahulu.

Bersihkan dan potonglah mangga menjadi dadu kecil. Kemudian, masukkan potongan mangga ke dalam blender. Campurkan dengan gula, susu, krim pekat, dan vanili cair. Jika suka, tambahkan juga sedikit air lemon. Haluskan semua komponen hingga tercampur dengan sempurna.

Jangan lupa untuk mencicipi adonan agar bisa menyesuaikan tingkat kemanisan yang diinginkan. Jika perlu, tambahkan gula sesuai selera. Untuk membekukan adonan, jika Anda memiliki mesin es krim, tuangkan adonan ke dalam mesin dan ikuti petunjuk penggunaan hingga adonan mencapai tekstur es krim yang lembut.

Namun, jika tidak ada mesin es krim, tuangkan adonan ke dalam wadah datar yang bisa dibekukan. Simpan dalam freezer dan aduk adonan setiap 30-45 menit dengan menggunakan garpu atau pengocok agar kristal es yang terbentuk bisa dihancurkan. Ulangi proses ini hingga adonan mencapai tekstur es krim yang lembut.

Setelah es krim mencapai tekstur yang diinginkan, keluarkan dari freezer dan biarkan sedikit lembek sebelum disajikan. Sajikan es krim mangga di dalam mangkuk atau kerucut es krim, dan tambahkan potongan buah segar atau hiasan lain sesuai selera.

Jika ingin variasi, Anda bisa mengganti mangga dengan buah lain seperti stroberi, pisang, atau blueberry. Untuk opsi yang lebih sehat, gantikan krim dengan yogurt. Es krim mangga buatan sendiri ini enak, menyegarkan, dan mudah dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Cobalah dan nikmati!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya