Resep Pisang Goreng Madu Renyah, Ikuti 7 Langkah Ini Agar Hasilnya Sempurna

Tips dari MasterChef membantu Fajar Lele dalam membuat pisang goreng madu yang renyah.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 12 Agu 2024, 17:10 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2024, 17:10 WIB
Pisang Goreng Madu, Camilan Nikmat yang Praktis Dibuat
Anda dapat menikmati pisang goreng madu sebagai camilan praktis baik saat sahur maupun berbuka puasa. (dok. Masak.TV/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta Pisang goreng madu adalah camilan yang memikat dengan kombinasi rasa manis dan tekstur renyah yang sulit ditolak. Menggoreng pisang dengan madu tidak hanya menambah cita rasa, tetapi juga memberikan keleluasaan dalam menikmati camilan yang lezat ini di rumah. Namun, untuk mencapai hasil yang sempurna, ada beberapa trik yang perlu diperhatikan agar pisang goreng madu dapat memiliki kerenyahan yang ideal dan rasa yang menggugah selera.

Dalam resep ini, tujuh trik akan dibagikan untuk memastikan pisang goreng madu yang renyah dan memuaskan. Mulai dari memilih jenis pisang yang tepat hingga teknik menggoreng yang efisien, setiap langkah penting untuk mendapatkan hasil akhir yang optimal. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menciptakan pisang goreng madu yang tidak hanya enak tetapi juga memiliki tekstur yang sempurna, membuat setiap gigitan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Meskipun banyak yang menjual pisang goreng madu, banyak orang memilih membuatnya sendiri di rumah karena harganya yang tinggi. Selain bisa menghemat biaya, membuat sendiri juga memungkinkan untuk mengontrol kualitas dan rasa camilan yang dinikmati. Untuk mendapatkan hasil pisang goreng madu yang enak seperti yang dijual di pasar, Fajar Lele, peserta MasterChef Indonesia Season 6, membagikan tips melalui akun TikTok-nya @fajarlele. Dalam video yang diunggah pada Rabu, 7 Agustus 2024, Fajar memberikan trik-trik khusus agar pisang goreng madu tetap renyah dan lezat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diajarkannya, kamu bisa membuat pisang goreng madu yang enak dan tahan lama renyahnya, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (12/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Persiapkan Semua Bahan

ilustrasi tepung terigu
Mengganti ilustrasi menggunakan tepung terigu

Persiapkanlah bahan-bahan berikut untuk membuat adonan pisang goreng madu: 50 gram tepung terigu protein rendah, 200 gram tepung beras, 1/2 sendok teh baking soda, dan 1/2 sendok teh baking powder.


2. Bahan Kering Harus Dicampur

tepung terigu
Bahan kue ini diilustrasikan dengan menggunakan tepung telur oleh spicyPXL dari Shutterstock.

Setelah itu, aduk rata campuran tepung terigu, tepung beras, baking soda, dan baking powder dalam sebuah mangkuk hingga semua bahan tercampur dengan baik.


3. Sertakanlah Bahan Pelengkap

Ilustrasi adonan
Untuk menjaga agar sisa adonan kue tetap segar dan awet, disarankan untuk menyimpannya dengan metode yang tepat.

Setelah mencampurkan garam, gula pasir, madu, dan pasta vanila ke dalam tepung, aduklah adonan dengan air sampai mencapai konsistensi yang diinginkan. Pastikan adonan tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan.


4. Persiapkanlah Pisang

Ilustrasi pisang
Foto pisang diilustrasikan oleh Mike Dorner. Sumber foto: unsplash.com/Mike Dorner.

Fajar Lele merekomendasikan untuk memilih pisang raja agar mendapatkan hasil terbaik. Potong pisang sesuai dengan preferensi Anda.


5. Rendam Pisang ke Dalam Adonan.

Bukan Pakai Baking Powder, Ini Cara Bikin Pisang Goreng Agar Mekar dan Renyah
Cara Bikin Pisang Goreng Agar Mekar dan Renyah Tanpa Menggunakan Baking Powder (TikTok @milkichow)

Pastikan adonan merata melapisi potongan pisang saat dicelupkan.


6. Pisang Digoreng

Ilustrasi
Gambar pisang goreng. (dok. pixabay.com/ponce_photography)

Dalam video TikTok-nya, Fajar menjelaskan bahwa dia menggunakan pisang raja dalam membuat pisang goreng ala madu ini karena aromanya wangi dan rasanya lebih enak. Dalam wajan yang dipanaskan dengan api sedang, potongan pisang digoreng hingga berwarna kecokelatan dan adonan menjadi renyah.


7. Saring dan Tata yang Rapi

pisgor madu
Ada resep pisang goreng madu yang cocok untuk ngopi di Shutterstock oleh E Dewi Ambarwati.

Setelah pisang goreng madu matang, angkat dan biarkan minyaknya menetes. Sajikan pisang goreng madu saat masih hangat agar bisa menikmati kelezatan rasa manis dan kecrispyannya.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya