Resep Mudah Membuat Es Krim Goreng di Rumah, Cukup Pakai 6 Bahan Murah Meriah

Meskipun terlihat mewah dan rumit, sebenarnya cara membuat es krim goreng itu sangat mudah!

oleh Miranti diperbarui 26 Agu 2024, 10:49 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 10:49 WIB
[Bintang] Makan Malam: Bikin Es Krim Goreng Biar Hati Adem
Udara malamnya sedang cukup panas? Dinginin aja pakai es krim goreng. (Foto: Vidio.com)

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mencoba es krim goreng? Camilan yang unik ini menggabungkan kesegaran es krim dengan lapisan luar yang renyah, dan kini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan para penggemar kuliner.

Meskipun terlihat mewah dan rumit, sebenarnya cara membuat es krim goreng itu sangat mudah! Bahkan Anda bisa membuat es krim goreng sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dan dijamin murah meriah. 

Ayo, coba resep sederhana untuk membuat es krim goreng dan nikmati sendiri kombinasi rasa manis dan renyah yang pasti akan membuat Anda ketagihan! Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (26/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Bahan-bahan yang Perlu Dipersiapkan

Resep Es Krim Goreng Bikin Lidah Kamu Goyang Poco-poco
Hah? Resep es krim goreng? Gak salah? Sama sekali gak ada yang salah. Menu ini memang ada dan enaknya selangit!

Bahan-bahan:

  • 4 scoop es krim (rasa sesuai selera, seperti vanilla, coklat, atau stroberi)
  • 1 cup tepung terigu
  • 1 cup breadcrumbs (tepung roti)
  • 2 butir telur
  • 1/2 cup susu
  • Minyak goreng secukupnya

2. Cara Membuat Es Krim Goreng

Resep Es Krim Goreng Mudah untuk Kamu Buat di Rumah
Ilustrasi tentang es krim goreng oleh Irwan Fauzi
  1. Langkah pertama adalah mendinginkan es krim. Ambil scoop es krim dan bulatkan menggunakan sendok. Letakkan bulatan es krim tersebut di atas sebuah tray atau piring datar, kemudian masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 1 jam sampai es krim benar-benar keras.
  2. Siapkan dua mangkuk terpisah untuk bahan pelapis, kocok telur dan susu hingga tercampur rata di salah satu mangkuk. Di mangkuk lainnya, campurkan tepung terigu dengan remahan roti (breadcrumbs).
  3. Setelah itu, keluarkan scoop es krim dari freezer, lalu celupkan ke dalam campuran telur dan susu. Kemudian, balutkan dengan campuran tepung terigu dan breadcrumbs hingga seluruh permukaannya tertutup dengan baik. Pastikan lapisan ini cukup tebal agar es krim tidak meleleh saat digoreng.
  4. Panaskan minyak di dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak cukup panas, goreng es krim yang sudah dilapisi hingga warnanya keemasan dan teksturnya renyah, sekitar 15-20 detik. Jangan terlalu lama menggoreng, karena es krim di dalamnya harus tetap beku.
  5. Untuk menyajikannya, angkat es krim goreng dari wajan dan tiriskan minyak berlebih. Sajikan segera dengan taburan gula halus atau saus cokelat sebagai pelengkap.

Es krim goreng adalah camilan yang ideal untuk menambah keseruan saat bersantai. Dengan resep yang mudah ini, kamu bisa membuat es krim goreng sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke kafe atau restoran. S

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya