10 Tanda Orang yang Baiknya Penuh Kepalsuan, Ramah di Depan Tapi Menusuk dari Belakang

Mengetahui tanda-tanda orang yang hanya berpura-pura ramah dapat membantumu menghindari situasi yang tidak nyaman di lingkungan sosial.

oleh Miranti diperbarui 03 Sep 2024, 15:53 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 15:53 WIB
karakter zodiak
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Saltanat Zhursinbek on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti sering berinteraksi dengan berbagai macam orang. Ada yang tulus ada juga yang tampak ramah namun sebenarnya tidak menyukaimu. Beberapa orang mungkin bersikap baik karena ada alasan tertentu di baliknya.

Mengetahui tanda-tanda orang yang hanya berpura-pura ramah dapat membantumu menghindari situasi yang tidak nyaman di lingkungan sosial. Memahami tanda tanda orang yang berpura-pura baik juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mentalmu.

Berikut adalah beberapa tanda yang bisa diperhatikan dari orang yang hanya berpura-pura ramah padahal sebenarnya tidak menyukaimu. Simak baik-baik dan cari tahu apakah tanda ini ada pada orang-orang di sekitarmu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Senyum yang Tidak Tulus

Tipe Kepribadian
Ilustrasi Kecemasan Credit: pexels.com/Juan

Senyum adalah salah satu cara paling umum untuk menunjukkan keramahan. Namun, senyum yang tidak tulus biasanya terlihat kaku dan tidak melibatkan mata. Jika seseorang tersenyum hanya dengan mulutnya sementara matanya tetap dingin atau tidak mengekspresikan emosi yang sama, itu bisa menjadi tanda bahwa senyum tersebut tidak tulus. Selama ini ia hanya berpura-pura ramah meski sebenarnya tidak menyukaimu.


2. Bahasa Tubuh yang Kontradiktif

karakter zodiak
ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Jim Flores on Unsplash

Bahasa tubuh sering kali berbicara lebih jujur daripada kata-kata. Orang yang berpura-pura ramah mungkin menunjukkan bahasa tubuh yang bertentangan dengan apa yang mereka katakan. Misalnya, mereka mungkin berbicara dengan nada ramah, tetapi tubuh mereka menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan seperti lengan yang disilangkan atau menjauhkan tubuh darimu saat kalian bersama.


3. Pujian yang Tidak Ikhlas

karakter zodiak
ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Karl Joshua Bernal on Unsplash

Pujian yang tulus biasanya disampaikan dengan nada yang meyakinkan dan disertai dengan alasan atau contoh konkret. Jika seseorang memberikan pujian yang terdengar datar, terlalu umum, atau tanpa alasan yang jelas, itu bisa menjadi tanda bahwa pujian tersebut tidak ikhlas. Ini bisa jadi sebagai tanda dari keramahan yang hanya berpura-pura semata.


4. Menghindari Kontak Mata

kepribadian pertemanan perempuan
ilustrasi teman sahabat/Photo by Ketut Subiyanto

Kontak mata adalah salah satu indikator kejujuran dan keterbukaan. Orang yang tidak menyukaimu mungkin menghindari kontak mata langsung atau hanya melakukan kontak mata dalam waktu yang sangat singkat. Ini bisa menjadi tanda bahwa mereka merasa tidak nyaman atau tidak tulus kepadamu. Ini juga sebagai tanda bahwa ia tidak menyukaimu.


5. Suka Mengalihkan Pembicaraan

Keluarga dan Lingkungan Pertemananmu Tidak Menyukainya
Ilustrasi menggosip. Credit: pexels.com/Eli

Seseorang yang berpura-pura ramah mungkin sering kali mencoba mengalihkan pembicaraan ketika topik yang dibicarakan mulai menyentuh hal-hal pribadi atau emosional. Mereka cenderung menjaga percakapan tetap dangkal dan tidak ingin terlibat terlalu dalam. Orang yang tidak menyukaimu secara tulus, akan cenderung lebih tertutup dan penuh rahasia.


6. Ketidakkonsistenan dalam Perilaku

sahabat
Ilustrasi pertemanan. /Photo by José Luis Photographer from Pexels

Orang yang benar-benar ramah akan menunjukkan konsistensi dalam perilaku mereka. Namun, orang yang berpura-pura ramah mungkin menunjukkan ketidakkonsistenan. Misalnya, mereka mungkin tampak ramah di depan umum tetapi bersikap dingin atau acuh tak acuh ketika tidak ada orang lain yang melihat.


7. Sarkasme

Ilustrasi anak sekolah, teman sekelas
Ilustrasi anak sekolah, teman sekelas. (Photo by cottonbro studio from Pexels)

Sarkasme bisa menjadi cara halus untuk menunjukkan ketidaksukaan. Jika seseorang sering menggunakan sarkasme saat berbicara denganmu, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka sebenarnya tidak menyukaimu meskipun tampak ramah sehari-harinya.


8. Tidak Menunjukkan Minat yang Sesungguhnya

Contoh ilustrasi berbicara dengan teman
Dengan membicarakan apa yang kamu rasakan saat ulang tahun pada temanmu akan membantu dirimu menjadi lebih rileks atas hal yang kamu alami (Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Orang yang tulus akan menunjukkan minat yang nyata terhadap kehidupanmu. Mereka akan bertanya tentang harimu dan mendengarkan dengan penuh perhatian apa yang kamu ceritakan. Sebaliknya, orang yang berpura-pura ramah mungkin hanya menunjukkan minat yang dangkal dan tidak benar-benar peduli dengan apa yang sedang kamu katakan.


9. Sikap yang Berbeda di Hadapan Orang Lain

Ilustrasi sedih, kecewa, marah, dikhianati teman
Ilustrasi sedih, kecewa, marah, dikhianati teman. (Foto oleh Liza Summer: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-sweater-pink-berdiri-di-samping-pria-dengan-sweater-abu-abu-6382690/)

Mereka mungkin menunjukkan sikap yang berbeda atau lebih hangat di depan orang lain, tetapi kurang ramah atau acuh tak acuh ketika hanya berdua denganmu. Ini bisa menunjukkan bahwa sikap ramah mereka tidak tulus.


10. Respon yang Terlalu Formal atau Jarak

teman
ilustrasi bertemu orang/Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Mereka mungkin berinteraksi denganmu dengan cara yang terlalu formal atau menjaga jarak secara emosional. Ketika hubungan tampak terputus atau tidak ada upaya untuk terhubung secara lebih dalam, ini bisa menunjukkan ketulusan yang kurang. 

Dengan mengenali tanda-tanda orang yang hanya berpura-pura ramah, diharapkan ini bisa membantumu menjaga jarak dari hubungan yang tidak sehat dan fokus pada hubungan yang lebih tulus serta bermakna. Dengan memperhatikan tanda-tanda ini, kamu pun bisa lebih bijak dalam menilai interaksi sosial dan menjaga kesehatan mental serta emosionalmu.

Kamu pun tentunya bisa lebih waspada dan tidak mudah terjebak dalam hubungan yang tidak tulus. Tetaplah menghargai diri sendiri dan pilihlah untuk dikelilingi oleh orang-orang yang benar-benar peduli dan tulus terhadapmu.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya