7 Perilaku yang Membuat Anda Dihormati oleh Banyak Orang Seiring Waktu

Memiliki sikap seperti ini ternyata dapat membuatmu dihormati dan disegani oleh banyak orang.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 17 Sep 2024, 15:12 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 15:12 WIB
bekerja mandiri sukses karir mandiri
gambar wanita dewasa/Foto oleh RDNE Stock project/Pexels

Liputan6.com, Jakarta Menjadi pribadi yang dihormati oleh banyak orang tidaklah semudah yang dibayangkan. Bertambahnya usia tidak serta merta menjamin seseorang akan otomatis memperoleh rasa hormat dari orang lain. Rasa hormat adalah hasil dari kualitas diri yang baik, yang dibentuk melalui sikap dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai hal ini, seseorang perlu secara konsisten menunjukkan perilaku yang positif dan membangun.

Kualitas diri yang baik tidak datang dengan sendirinya diperlukan usaha dan kesadaran dalam setiap interaksi sosial. Setiap tindakan dan keputusan yang diambil mencerminkan karakter dan nilai-nilai yang dipegang. Oleh karena itu, penting untuk selalu berusaha menjadi pribadi yang berintegritas, jujur, dan empatik. Tindakan ini akan membentuk cara orang lain memandang dan menghormati seseorang.

Selain itu, penghormatan tidak hanya diperoleh melalui prestasi atau posisi yang tinggi, tetapi juga dari bagaimana seseorang memperlakukan orang lain. Menunjukkan rasa hormat, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan memberikan dukungan adalah beberapa cara yang efektif untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain.

Dengan konsistensi dalam menerapkan perilaku positif, rasa hormat dari orang lain akan terbentuk seiring waktu dan bertahan dalam jangka panjang, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(17/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Ketulusan dan Keteguhan

karir dewasa mandiri cantik bahagia
gambar wanita bekerja/pexels/Foto oleh alexander suhorucov

Individu biasanya lebih menghargai dan menghormati mereka yang memiliki integritas tinggi, yakni sikap jujur dan konsisten dalam perbuatan serta ucapan. Seseorang dengan integritas tinggi lebih dapat dipercaya, diandalkan, bahkan dihormati.

Kamu tidak hanya berbicara mengenai nilai-nilai kehidupan, tetapi juga menerapkannya secara nyata dalam rutinitas harian. Kamu tidak ragu untuk mengakui kesalahan dan berusaha melakukan segala sesuatu dengan benar, bahkan saat tidak ada yang melihat.


2. Perasaan Peduli

ekspresi tenang kalem dewasa damai
gambar wanita dewasa/Foto oleh Matthew Cain/Pexels

Setiap orang seharusnya memiliki empati agar tidak mudah menghakimi orang lain dengan kasar dan sembarangan. Empati adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain. Kamu tidak hanya mementingkan egomu sendiri, tetapi juga menjaga sikap dan ucapan agar tidak menyakiti perasaan orang lain.

Contohnya, kamu tidak merendahkan orang lain karena kamu tidak ingin direndahkan. Orang yang memiliki empati cenderung lebih mudah diterima dan dihormati karena mampu memberikan dukungan emosional yang tulus.


3. Rendah Hati

zodiak perempuan
gambar wanita tersenyum/foto dibuat oleh freepik - www.freepik.com

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, penting untuk mengembangkan kerendahan hati yang kokoh. Sikap ini tidak hanya menunjukkan bahwa seseorang tidak merasa lebih unggul dari orang lain, tetapi juga mencerminkan kedewasaan emosional.

Individu yang rendah hati tidak angkuh atau sombong, mereka menghargai orang lain dan memahami bahwa setiap orang memiliki nilai serta kontribusi yang unik di dunia ini. Kerendahan hati membuat seseorang lebih mudah didekati dan disukai, serta memungkinkan untuk belajar dan berkembang dari pengalaman serta pandangan orang lain.


4. Gampang Menyesuaikan

perempuan cerdas sederhana
Gambar perempuan yang pintar dan sederhana/copyright freepik.com/tirachardz

Salah satu alasan mengapa orang tua sering kali tidak dihormati atau disegani adalah karena pemikiran mereka yang kaku dan enggan untuk belajar hal baru. Padahal, dunia ini terus berubah dan setiap individu perlu menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut secara bijaksana.

Konsistensi dalam tindakan dan perilaku memang penting, tetapi jangan lupa bahwa manusia juga harus tetap fleksibel, terus belajar, dan beradaptasi. Dengan cara ini, kamu akan diterima oleh siapa pun, bahkan oleh mereka yang lebih muda, karena kamu tidak berpikiran sempit dan kaku.


5. Keterampilan Mendengar

perempuan cantik
Gambar perempuan cantik yang memukau/copyright freepik.com/tirachardz

Mendengarkan dengan seksama menunjukkan bahwa kamu menghargai dan menghormati orang lain. Ketika seseorang merasa didengar, mereka akan merasa dihargai dan sebagai balasannya, mereka juga akan menghargai dan menghormatimu.

Tidak banyak yang bisa menjadi pendengar yang baik, sehingga ketika kamu lebih banyak mendengar daripada berbicara, memberi kesempatan orang lain untuk berbicara dan mereka tidak merasa diabaikan, saat itulah mereka akan menghormatimu. Selain itu, dengan mendengarkan orang lain, kamu bisa memperluas wawasan dan membantu membuat keputusan yang lebih baik.


6. Terbuka untuk Pembelajaran

perempuan berkacamata
gambar wanita tersenyum/foto oleh lookstudio - www.freepik.com

Seiring bertambahnya usia, penting untuk tetap terbuka terhadap pembelajaran dan pertumbuhan. Dunia terus berubah, dan orang yang dihormati adalah mereka yang tetap relevan dengan terus belajar dan beradaptasi. Keterbukaan untuk belajar menunjukkan bahwa kamu tidak stagnan dan selalu berusaha untuk memperbaiki diri.

Kamu juga belajar dari kesalahan. Ketika bersikap seperti ini, menunjukkan bahwa dirimu menghargai pendapat dan ide-ide baru dari orang lain. Tidak menghakimi dengan merasa selalu lebih benar karena "lebih tua" dan "lebih banyak pengalaman".


7. Bersikap Tenang dan Bersahabat

wanita juli orang yang menyesal
Gambar wanita./Hak Cipta Gambar oleh senivpetro di Freepik

Satu sikap yang sering membuatmu dihormati dan disegani oleh orang lain, terutama mereka yang lebih muda, adalah sikap santai dan ramah tanpa prasangka buruk. Sikap yang bersahabat, penuh canda, dan menerima perbedaan selalu menjadi sumber kekaguman tersendiri.

Kamu tidak perlu bersikap angkuh dan sulit didekati hanya karena perbedaan usia yang signifikan. Kamu tetap bisa berteman dengan anak-anak muda dalam batasan yang wajar sehingga tidak perlu menciptakan jarak atau tembok pembatas yang justru membuatmu tidak disukai.

Dengan mengembangkan dan mempraktikkan tujuh sikap ini, kamu tidak hanya akan dihormati dan dihargai oleh orang lain, tetapi juga akan merasa lebih puas dan bermakna dalam hidup. Periksa, tanda mana saja yang sudah kamu milik.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya