Memahami 5 Jenis Sisir Rambut dan Fungsinya, Tips Terbaik Maksimalkan Perawatan Rambut

Tak disangka, sisir rambut memiliki berbagai jenis dengan kegunaan masing-masing yang berbeda.

oleh Miranti diperbarui 19 Sep 2024, 11:49 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 11:49 WIB
jenis-jenis sisir
jenis sisir yang digunakan juga mempengaruhi kesehatan rambut//copyright unpslash/raghavendra

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sudah cukup mengenal sisir rambut dengan baik? Benda kecil yang sering diabaikan kegunaannya ini, memiliki peranan penting dalam perawatan rambut. Apalagi perlu dipahami bahwa sisir banyak sekali jenisnya. Bahkan, masing-masing dari sisir rambut tersebut memiliki kegunaannya yang berbeda-beda.

Tentu penting bagimu untuk mengetahui jenis dan kegunaan tiap-tiap jenis sisir rambut yang ada. Hal itu berguna untuk memilih manakah sisir yang paling tepat dan sesuai untuk kebutuhan perawatan rambutmu.

Tunggu apa lagi? Yuk, simak ulasannya berikut ini tentang beragam jenis sisir dan kegunaannya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (19/9/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sisir Bergigi Jarang

Jenis Sisir dan Kegunaannya
gambar diam/copyright pexels/Ksenia Chernaya

Sisir jenis ini pasti sudah tidak asing bagi banyak orang karena merupakan sisir yang paling umum digunakan. Namun, tahukah kamu bahwa sisir bergigi jarang sebenarnya dirancang untuk mengatasi rambut keriting dan bertekstur?

Gigi yang jarang pada sisir ini membantu mencegah rambut tersangkut saat disisir, sehingga mengurangi risiko penarikan rambut atau kerusakan. Sisir ini sangat ideal untuk kamu yang memiliki rambut tebal dan bertekstur.


2. Sisir Sasak

Jenis Sisir dan Kegunaannya
gambar vented comb/hak cipta pexels/cottonbro studio

Sisir sasak adalah tipe sisir rambut dengan rongga rapat pada bagian sisirnya. Biasanya, sisir ini digunakan untuk menciptakan efek rambut yang lebih bervolume dan juga membantu rambut lurus agar tampak lebih alami. Selain itu, sisir ini juga berguna untuk membentuk rambut bergelombang seperti gaya beach waves yang sering disukai oleh para remaja.


3. Sisir Bulat

Jenis Sisir dan Kegunaannya
gambar sisir/hak cipta pexels/cottonbro studio

Kamu mungkin sudah familiar dengan sisir bulat ini. Sisir yang biasanya digunakan bersama hair dryer untuk mengeringkan rambut ini ternyata bisa membuat rambutmu terlihat lebih stylish. Menggunakan sisir bulat dapat memberikan volume yang anggun dan stylish pada rambutmu. Bentuk bulatnya membantu akar rambut menciptakan gelombang volume dan meningkatkan tekstur yang diidamkan banyak orang. 


4. Paddle Brush

Jenis Sisir dan Kegunaannya
gambar paddle comb/hak cipta freepik/freepik

Sisir berbentuk sikat berukuran besar ini ideal untuk kamu yang memiliki rambut kusut dan rapuh. Gigi halusnya sangat penting untuk memberikan sisiran lembut pada rambut yang rentan. Selain itu, sisir ini juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki rambut panjang.

Bentuknya yang lebar mampu menampung helaian panjang tanpa menyebabkan akar rambut sakit. Menggunakan sisir ini akan membantu menjaga kesehatan rambutmu.


5. Sisir Kutu

Jenis Sisir dan Kegunaannya
gambar sisir kutu/hak cipta freepik/freepik

Sesuai dengan namanya, sisir ini memiliki kemampuan khusus untuk mengangkat hewan kecil yang suka menempel pada rambutmu, yaitu kutu. Kecepatan kutu untuk melarikan diri dari tangkapan kita tidak bisa dihentikan hanya dengan tangan kosong.Dengan menggunakan sisir kutu jenis ini, dijamin kutu-kutu yang membandel akan terangkat. Sehingga kulit kepalamu akan kembali sehat dan pertumbuhan rambutmu akan terjaga.

Itulah beberapa jenis sisir dengan kegunaannya masing-masing. Segera temukan sisir yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu!

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya