Rahasia Kulit Cerah, 5 Bahan Skincare yang Wajib Anda Coba

Temukan rahasia kulit cerah dan bercahaya dengan bahan skincare yang telah terbukti efektif.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 27 Sep 2024, 11:27 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2024, 11:27 WIB
Skincare Routine
Ilustrasi menggunakan cream pelembab sebagai salah satu step skincare routine. Credits: pexels.com by Sora Shimazaki

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak menginginkan kulit yang bersinar dan bercahaya? Di dunia perawatan kulit, banyak produk yang menawarkan hasil tersebut, namun tidak semuanya memberikan hasil yang sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kandungan apa saja yang benar-benar efektif dalam mencerahkan kulit.

Mencerahkan kulit adalah salah satu tujuan utama bagi banyak orang dalam menjaga kecantikan mereka. Di antara berbagai pilihan yang tersedia, beberapa bahan aktif telah terbukti sangat efektif dalam mencerahkan kulit. Beberapa di antaranya bahkan bisa memberikan hasil yang lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

Bukan hanya sekadar janji, kandungan-kandungan ini telah melalui berbagai penelitian dan uji klinis yang membuktikan keampuhannya. Jangan lupa untuk melakukan tes alergi sebelum menggunakan produk dan konsultasikan dengan dokter Anda. Berikut adalah kandungan perawatan kulit yang ampuh dalam mencerahkan kulit, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (27/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan Skincare yang Efektif untuk Mencerahkan Kulit

skincare-kezo
1. Ilustrasi 5 Rahasia Kandungan Skincare yang Efektif Mencerahkan Kulit/itakdalee/pexels

1. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu bahan skincare yang sangat populer dan efektif untuk mencerahkan kulit. Sebagai antioksidan yang kuat, vitamin C berfungsi dengan menghambat produksi melanin, pigmen yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Selain itu, vitamin C juga membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan polusi. Penggunaan rutin produk skincare yang mengandung vitamin C dapat memberikan hasil yang signifikan dalam mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

2. Niacinamide

Niacinamide, atau vitamin B3, adalah bahan lain yang sangat penting dalam mencerahkan kulit. Niacinamide bekerja dengan memperkuat barrier kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Selain itu, niacinamide juga membantu mengurangi peradangan dan kemerahan, serta menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat. Produk skincare yang mengandung niacinamide sangat cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

3. Alpha Arbutin

Alpha arbutin mungkin belum begitu dikenal, tetapi bahan ini memiliki kemampuan luar biasa dalam mencerahkan kulit. Alpha arbutin bekerja dengan menghambat enzim tirosinase, yang berperan dalam produksi melanin. Hasilnya, kulit tampak lebih cerah dan merata. Selain itu, alpha arbutin juga lebih lembut di kulit dibandingkan dengan bahan pencerah lainnya, sehingga cocok untuk digunakan pada kulit sensitif.


Bahan Skincare yang Bagus untuk Kulit

Manfaat skincare dan rekomendasi essence yang wajib kamu tahu
Illustrasi wajah yang sehat

4. Ekstrak Licorice

Ekstrak licorice adalah bahan alami yang telah lama dimanfaatkan dalam perawatan kulit. Zat glabridin yang terkandung dalam ekstrak licorice memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Ekstrak licorice bekerja dengan cara menghambat produksi melanin dan mengurangi hiperpigmentasi. Produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak licorice tidak hanya membantu dalam mencerahkan kulit, tetapi juga berperan dalam menenangkan kulit yang mengalami iritasi.

5. Asam Kojic

Asam kojic merupakan produk fermentasi dari beras atau anggur, dan telah lama digunakan dalam perawatan kulit di Asia. Asam kojic bekerja dengan menghambat produksi melanin, sehingga membantu mencerahkan kulit dan mengurangi noda hitam. Selain itu, asam kojic juga memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Produk perawatan kulit yang mengandung asam kojic dapat memberikan hasil yang signifikan dalam waktu yang relatif singkat.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya