Jaksa Agung Basrief Tegaskan Kejaksaan Netral dalam Pemilu 2014

Jaksa Agung Basrief Arief meminta para Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia untuk netral dalam Pemilu 2014.

oleh Edward Panggabean diperbarui 10 Feb 2014, 15:04 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2014, 15:04 WIB
basrief-arief-130816c.jpg

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung Basrief Arief meminta para Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia untuk netral dalam Pemilu 2014.

"Nah persiapan penghadapan pemilu yang perlu digaris bawahi bahwa seluruh anggota Kejaksaan, berdasarkan rekomendasi dari rapat kerja 2013 harus netral," tegas Basrief di Badan Diklat Kejaksaan, Ragunan, Jakarta, Senin (10/2/2014).

"Jadi betul-betul netralitas dari seluruh anggota kejaksaan yang harus ditonjolkan," tambahnya.

Saat ini sejumlah jaksa tengah dilatih untuk menghadapi sengketa kasus-kasus pemilu di bawah Pidana Umum. Selain itu, para jaksa pengacara negara juga dilatih dalam kaitan persiapan menghadapi ketika terjadi sengketa.

"Dan ini kalau seandainya juga baik KPU meminta bantuan kepada jaksa pengacara negara jadi juga kita persiapkan. Inilah hal yang pokok yang saya sampaikan saat pertemuan dengan Kajati, Kajari seluruh Indonesia," ungkap Basrief.

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) AK Basuni Masyarif menambahkan, dana yang diturunkan untuk ratusan jaksa yang bertugas sebagai jaksa pemilu itu sekitar Rp 5 miliar.

"Anggaran yang diturunkan sekitar Rp 5 miliar seluruh Indonesia. Sekitar 550 jaksa disiapkan untuk meghadapi sengketa pemilu nanti," ungkap Basuni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya