Nikmatnya Konro Daging Rusa di Open House JK

Jika biasanya sop konro menggunakan daging sapi, maka pada open house di rumah JK ini daging yang digunakan adalah daging rusa.

oleh Eka Hakim diperbarui 19 Jul 2015, 11:47 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2015, 11:47 WIB
Nikmatnya Konro Daging Rusa di Open House JK
Jika biasanya sop konro menggunakan daging sapi, maka pada open house di rumah JK ini daging yang digunakan adalah daging rusa. (Eka Hakim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Makassar - Konro merupakan salah satu makanan khas suku Bugis di Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini merupakan sajian terfavorit pada perayaan Idulfitri di hampir seluruh wilayah Sulsel.

Seperti pada acara open house yang diadakan oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla di kediamannya di Jalan Haji Bau, Makassar, Minggu (19/7/2015). Para tamu disambut dengan konro istimewa.

Sop konro adalah hidangan sup yang terbuat dari iga sapi. Masakan ini dihidangkan berkuah dengan warga cokelat kehitaman. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam.

Jika biasanya sop konro menggunakan daging sapi, maka pada open house di rumah JK ini daging yang digunakan adalah daging rusa.

Hendra, seorang tamu mengakui adanya cita rasa yang berbeda kala mencicipi konro itu. "Dagingnya daging rusa, sangat jelas kekhasan daging rusa," kata Hendra.

Jika biasanya sop konro menggunakan daging sapi, maka pada open house di rumah JK ini daging yang digunakan adalah daging rusa. (Eka Hakim/Liputan6.com)

Tak hanya warga biasa, kalangan pejabat juga lebih memilih menikmati konro daging rusa yang disajikan tersebut. Di antara yang tampak menikmati, yakni Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Menurut dia, daging rusa merupakan daging yang sulit ditemukan. Bahkan, lanjut dia, daging rusa ini hanya disajikan saat pesta-pesta raja.

"Konro daging rusa memiliki rasa yang khas. Konon daging rusa hanya dimakan oleh para kalangan raja saja di zaman dulu. Konro daging rusa ini enak dibanding daging sapi seperti pada umumnya," ujar Syahrul.

Tak cuma konro. Pada open house JK ini daging rusa juga disajikan dalam bentuk dendeng. Rasanya nikmat, kaya akan rempah-rempah, seperti merica. Hendra pengunjung yang tak mencicipi sop konro pun bahkan memuji dendeng rusa itu.

"Dendeng daging rusanya tadi disajikan sederhana, tanpa air kari. Waktu saya makan rasa khas daging rusanya sangat berasa," puji Hendra. (Ndy/Yus)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya