Arus Balik Puncak Berbuntut Kemacetan di Cianjur

Tercatat, sebanyak 35.549 telah kendaraan roda 4 melintasi Gerbang Tol Ciawi menuju kawasan Puncak.

oleh Bima Firmansyah diperbarui 19 Jul 2015, 20:24 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2015, 20:24 WIB
Antrean Kendaraan Menuju Puncak Cisarua
Antrean kendaraan di jalur puncak Cisarua pada sore hari, Jawa Barat, Kamis (25/12/14) (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Bogor - Kepadatan arus kendaraan di Jalur Puncak, Bogor, terus terjadi hingga sore tadi. Kemacetan inipun mengular hingga wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Kendaraan dari arah Jakarta terus menyerbu kawasan Puncak sejak pukul 06.00 WIB. Akibatnya, antrean panjang kendaraan terjadi dari arah Jakarta menuju Puncak maupun sebaliknya.

Tercatat, sebanyak 35.549 telah kendaraan roda 4 melintasi Gerbang Tol Ciawi menuju kawasan Puncak. Sebaliknya, sebanyak 31.545 kendaraan roda empat dari arah Puncak menuju Jakarta. Kondisi ini berbuntut kemacetan hingga kawasan Cipanas, Cianjur.

Untuk mengurai kemacetan, petugas Satlantas Polres Bogor telah 3 kali membuka tutup jalan. Terakhir, petugas memberlakukan rekayasa jalur dengan membuka satu jalur dari arah Jakarta menuju Puncak pukul 15.30 WIB.

Petugas juga memberlakukan penyekatan sementara kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta di depan jalan masuk Taman Safari Indonesia (TSI). Hal ini dilakukan untuk melancarkan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak.

Selang 30 menit, petugas membuka satu jalur dari arah Puncak menuju Jakarta. Rekayasa jalur ini terus diberlakukan hingga pukul 20.00 WIB, untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang telah mengular hingga Cianjur.

Wakapolres Bogor, Kompol Anwar Haidar mengatakan kepadatan lalu lintas di Jalur Puncak diperkirakan terjadi hingga H+7 lebaran.

Ia mengimbau para pengendara yang ingin menuju Kawasan Puncak untuk melintasi jalur alternatif untuk mengurangi kepadatan. (Bob/Ali)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya