Teks Doa Upacara Bendera Hari Pahlawan 10 November 2022, Penuh Khidmat

Upacara bendera Hari Pahlawan 10 November 2022 merupakan salah satu bentuk memperingati dan mengenang para pahlawan Indonesia yang telah gugur. Dengan upacara harapannya dapat mengingatkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 23 Nov 2022, 21:28 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2022, 17:34 WIB
Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)
Ilustrasi membaca doa di Hari Pahlawan 10 November 2022. (dok.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta - Upacara bendera Hari Pahlawan 10 November 2022 merupakan salah satu bentuk memperingati dan mengenang para pahlawan Indonesia yang telah gugur. Dengan upacara harapannya dapat mengingatkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pelaksanaan upacara bendera Hari Pahlawan biasanya di lapangan terbuka. Upacara dilaksanakan dengan penuh khidmat, tertib, dan sederhana dengan mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

Mengutip Pedoman Hari Pahlawan 2022, urutan upacara bendera Hari Pahlawan diawali dengan penghormatan kepada pembina upacara yang dipimpin oleh komandan upacara. Kemudian komandan upacara memberikan laporan kepada pembina upacara.

Setelah itu, upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara. Selanjutnya mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pembina upacara.

Berikutnya adalah pembacaan Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan pesan-pesan pahlawan, amanat pembina upacara, hingga pembacaan doa. Lalu laporan komandan upacara kepada pembina upacara dan penghormatan kepada pembina upacara yang dipimpin oleh komandan upacara. Upacara selesai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Teks Doa 1

Ilustrasi doa, Islami, Muslim
Ilustrasi doa, Islami, Muslim. (Photo by Masjid MABA on Unsplash)

Salah satu rangkaian upacara Hari Pahlawan yang telah disebutkan sebelumnya adalah pembacaan doa. Petugas upacara dapat membaca doa berikut saat upacara Hari Pahlawan 2022.

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Hamdan na’imin hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi u mazidah. Ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik. Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa'ala alihi washohbihi ajma'in.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Rahman

Segala puji dan syukur kepada-Mu kami persembahkan 

Atas semua karunia yang telah Engkau anugerahkan  

Memperkenankan Upacara Hari Pahlawan ini terselenggarakan 

Semoga semua arwah para pahlawan 

Engkau muliakan Masukkanlah mereka ke dalam surga-Mu yang penuh kemuliaan 

Semoga semangat perjuangan dan pengorbanannya, kami jadikan teladan.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Tunggal 

Hanya kepada-Mu kami pasrah dan bertawakkal 

Warisilah generasi bangsa kami ilmu dan sebaik bekal 

Lengkapilah bangsa kami dengan sumber daya manusia yang handal  

Ilhamkanlah kecerdasan akal, kejujuran budi dan kesantunan moral 

Demi terkelolanya kekayaan dan sumber daya dengan optimal 

Terwujudnya keselarasan pembangunan fisik material dan jiwa spiritual 

Demi tercapainya cita kemakmuran rakyat dan keadilan sosial  

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Menyayangi 

Semoga beserta rahmat-Mu-lah derap langkah bangsa ini teriringi 

Atas semua karunia dan anugerah-Mu mampukan kami mensyukuri 

Semoga persaudaraan, persatuan dan kesatuan terpelihara lestari 

Terbangun keindahan sinergi, harmoni, kolaborasi dan toleransi 

Dalam semangat moderasi, kemuliaan insani dan kesetaraan imani 

Hantarkan negeri ini menuju keadaan yang Engkau cintai dan Engkau ridhai  

Rabbanaghfirlana wali-ikhwaninalladzina sabaquna bil imani wala taj'al fi qulubina ghillan lilladzina amanu rabbana innaka ra-ufun rahim. Rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'amma yasifuna wa salamun 'alal mursalina wal hamdulillahi rabbil 'alamin.


Teks Doa 2

Doa untuk Orang Meninggal dalam Islam
Ilustrasi Berdoa Credit: shutterstock.com

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Hamdan na’imin hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi u mazidah. Ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik. Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa'ala alihi washohbihi ajma'in.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih

Di pagi hari yang penuh khidmat ini, di hadapan Kemaha-Agungan-Mu kami bersimpuh, seraya menengadahkan tangan dan wajah kami ke hadirat-Mu, mempersembahkan puja dan puji syukur atas karunia, terlaksananya upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November 202 ini. Sungguh kami melangitkan doa dan harapan, semoga Engkau meridhai dan memberkahi upacara ini dan menerima persembahan syukur kami serta mengabulkan doa-doa kami.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana

Kami menyadari betapa besar jasa para pahlawan kusuma bangsa kammi dan teramat berat perjuangan mereka, mengorbankan harta benda serta jiwa dan raga, demi kemerdekaan bangsa kami. Ampunilah dosa-dosa mereka, lipat gandakanlah pahala perjuangan dan pengorbanan mereka, dan tinggikanlah kedudukan mereka di sisi-Mu, masukkanlah mereka ke surga-Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Menunjuki

Karuniakanlah kepada kami hidayah dan petunjuk-Mu, anugerahkanlah kami kecerdasan kekuatan dan keberdayaan, untuk mengisi kemerdekaan, membangun bangsa dan negara kami demi terwujudnya cita-cita kami. Anugerahkanlah pula kemampuan mempersembahkan pengabdian terbaik kami kepada masyarakat bangsa kami, menuju keadaan yang Engkau cintai dan Engkau ridhai.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Perkasa

Janganlah Engkau meninggalkan kami dalam kesendirian dan ketidakberdayaan diri kami walau sedetikpun. Sertailah kami dalam semua aktivitas keseharian kami dan sempurnakanlah semua ikhtiar dan pengabdian kami. Hindarkanlah kami dari bersikap dan berperilaku tercela, menyelisihi janji dan melanggar ajaran agama-Mu, yang menjauhkan kami dari ridha-Mu. 

Tumbuh suburkanlah tenggang rasa dan solidaritas antar sesama kami dan teguhkanlah rasa cinta tanah air kepada seluruh masyarakat bangsa kami, serta mantapkan tekad kami, untuk membangun negara dan bangsa kami.

Ya Allah ya ‘Afuww ya Ghaffar

Maafkanlah dan ampunilah kami, orangtua dan guru-guru kami, para tokoh bangsa dan para pemimpin kami. Terimalah amal dan perjuangan para syuhada bangsa kami, muliakanlah kedudukan mereka di sisi-Mu.

Rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'amma yasifuna wa salamun 'alal mursalina wal hamdulillahi rabbil 'alamin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya