Quraish Shihab: Kunci Keselamatan dan Kebahagiaan Terletak pada Hati

Hati adalah wadah rahasia, bibir adalah induk kuncinya, lidah anak kuncinya. Peliharalah anak kunci, karena selama rahasia di dalam wadahnya, Anda menawannya dan bila terbuka, maka Anda yang menjadi tawanannya.

oleh Fadjriah Nurdiarsih diperbarui 11 Apr 2023, 15:40 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2023, 15:40 WIB

Liputan6.com, Jakarta Saudara pemirsa, hati adalah wadah rahasia, bibir adalah induk kuncinya, lidah anak kuncinya. Peliharalah anak kunci, karena selama rahasia di dalam wadahnya, Anda menawannya dan bila terbuka, maka Anda yang menjadi tawanannya.

Ketahuilah bahwa akal adalah kekayaan yang terutama. Kepala batu adalah kemiskinan terparah. Keangkuhan adalah keterasingan terdalam. Budi luhur adalah kebangsawanan tertinggi.

Sadari juga bahwa kebahagiaan jasmani pada sedikitnya makan. Kebahagiaan jiwa pada sedikitnya dosa. Kebahagiaan hati pada sedikitnya ketergantungan, dan kebahagiaan lidah pada sedikitnya percakapan.

Kekayaan adalah lingkaran bulat, betapa pun kecilnya, ia adalah tiga ratus enam puluh derajat. Kebutuhan sama dengan lingkaran yang tidak bulat. Betapa pun besarnya, tetap saja ia merupakan kebutuhan yang identik dengan kemiskinan. Demikian tausiyah dari Prof. Quraish Shihab dalam Mutiara Hati.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya