Siaga Tahunan, 76 Personel Basarnas Banjarmasin Tetap Bertugas di Idul Fitri

Kegiatan Siaga SAR Khusus ini dilaksanakan selama 21 hari dimulai dari tanggal 13 April 2023 hingga 3 Mei 2023 mendatang.

oleh Aslam Mahfuz diperbarui 16 Apr 2023, 02:00 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2023, 02:00 WIB
Basarnas Banjarmasin
Basarnas Banjarmasin menerjunkan 76 personel untuk bertugas pada Siaga Khusus Lebaran

Liputan6.com, Banjarbaru - Jelang libur lebaran Idul Fitri 2023, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin gelar siaga khusus. Kegiatan ini merupakan program rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Basarnas Banjarmasin.

Kegiatan Siaga SAR Khusus ini dilaksanakan selama 21 hari dimulai dari tanggal 13 April 2023 hingga 3 Mei 2023 mendatang. Diawali dengan pelaksanaan Apel yang dipimpin oleh kepala Basarnas yang diwakili Kepala Subseksi Operasi dan Siaga, Amri Zuna Kurniawan di halaman kantor Basarnas Banjarmasin di Banjarbaru.

“Kepada seluruh petugas Siaga Khusus Lebaran Idul Fitri kiranya dapat mengoptimalkan pelayanan keselamatan kepada masyarakat, dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Amri Zuna Kurniawan.

Selain itu pesan Kabasarnas yang disampaikan agar menempatkan kapal atau alut air di lokasi-lokasi strategis di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan dan bekerja sama dengan otoritas pelabuhan. Aktif mensosialisasikan dan memonitoring keselamatan penumpang kapal.

“Mewaspadai titik-titik simpul kemacetan khususnya di ruas jalan tol, kemudian melaksanakan patroli dan pemantauan di lokasi pariwisata atau keramaian terutama di wisata air,” lanjutnya.

Petugas juga nantinya terus memberikan informasi cuaca yang terbaru di lokasi. Kemudian memastikan kesiapan alut maupun peralatan. Serta tetap menjaga profesionalisme dan sinergitas yang baik dengan seluruh potensi SAR.

Basarnas Banjarmasin dalam tugas ini mengerahkan 76 personil terdiri dari rescuer dan ABK yang bertugas di Kantor Basarnas Banjarmasin, Pos SAR Kotabaru, Unit Siaga SAR Tabalong, Unit Siaga SAR Batulicin dan Dermaga SAR Basirih.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya kondisi kedaruratan selama masa angkutan lebaran, dengan melaksanakan Siaga SAR Khusus dengan menempatkan personil dan alut di lokasi-lokasi strategi yang rawan kecelakaan dan bencana, bersinergi dengan Kementerian/Lembaga terkait.

Selain menyiapkan personel, Basarnas Banjarmasin juga telah menyiapkan Alut dan Peralatan untuk pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, yaitu KN SAR Laksmana, RB 207, RB 306, KN 407, RB 404, Spead Boat 01, RIB (Rigid Inflatable Boat), Rubber Boat, Mobil Rescue Carrier, Rescue Truck Compartement, Motor Trail, dan Peralatan SAR lainnya yang mendukung pelaksanaan Siaga SAR Khusus ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya