Doa Saat Masuk Area Makam Serta Adabnya

Berikut doa saat masuk area makam serta adabnya.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 20 Apr 2023, 05:00 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi Nyekar di makam keluarga (Istimewa)
Ilustrasi Nyekar di makam keluarga (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Idul Fitri, beberapa daerah memiliki kebiasaan untuk berziarah ke makam kerabat. Hal ini dilakukan untuk mendoakan mereka yang telah berpulang agar dosa-dosa mereka di dunia diampuni.

Saat memasuki area pemakaman, setiap muslim dianjurkan memanjatkan doa untuk ahli kubur muslim agar dosanya diampuni Allah SWT. Anjuran yang sama berupa doa masuk area makam juga sebaiknya dibaca sebagai penghormatan kepada ahli kubur.

Doa masuk area makam ini juga diajarkan oleh Rasulullah SAW. Beliau menganjurkan kepada umatnya untuk membaca doa saat melewati atau memasuki area makam demi mendoakan ahli kubur.

Doa masuk area makam ini tidak hanya dibaca saat ingin berziarah, melainkan juga ketika mengantarkan jenazah untuk dimakamkan. Bahkan saat melewati area pemakaman, kita juga disunahkan membaca doa ini.

Berikut bacaan doa masuk area makam dan adab yang perlu diketahui saat ziarah kubur.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَا أَهْلَ القُبُورِ ، يَغْفِرُ اللَّهُ لَنَا وَلَكُمْ ، أَنْتُمْ سَلَفُنَا ، وَنَحْنُ بِالأَثَرِ.

Assalamu ‘alaikum yaa ahlal qubuuri, yaghfirullaahu lanaa wa lakum, antum salafuna wa nahnu bil atsar.

Artinya:

" Salam sejahtera atas kamu sekalian wahai penghuni kubur. Semoga Allah mengampuni kami dan kamu sekalian. Kamu mendahului kami dan kamipun akan menyusul."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berdasarkan Hadis

Ilustrasi meninggal dunia, makam, kuburan, berziarah
Ilustrasi meninggal dunia, makam, kuburan, berziarah. (Image by Freepik)

Doa masuk area makam ini diambil dari sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi yang berbunyi:

مَرَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقُبُورِ الْمَدِينَةِ فَأَقْبَلَ عَلَيْهِمْ بِوَجْهِهِ ، فَقَالَ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَا أَهْلَ القُبُورِ ، يَغْفِرُ اللَّهُ لَنَا وَلَكُمْ ، أَنْتُمْ سَلَفُنَا ، وَنَحْنُ بِالأَثَرِ.

Arti hadis:

" Nabi SAW pernah melewati kuburan di Madinah, kemudian beliau memalingkan wajahnya (ke arah kuburan) dan berdoa: Assalamu ‘alaikum yaa ahlal qubuuri, yaghfirullaahu lanaa wa lakum, antum salafuna wa nahnu bil atsar (Salam sejahtera atas kamu sekalian wahai penghuni kubur. Semoga Allah mengampuni kami dan kamu sekalian. Kamu mendahului kami dan kamipun akan menyusul)."

 

Rasulullah Saw telah menganjurkan kepada para peziarah untuk menerapkan adab-adab yang baik ketika ziarah kubur. Berikut penjelasannya:

  • Berwudlu sebelum ziarah.
  • Mengucapkan salam ketika memasuki area pemakaman.
  • Menghadap kiblat ketika mendoakan ahli kubur.
  • Membaca surat al-fatihah dan surat-surat pendek.
  • Membacakan surat yasin.
  • Tidak duduk dan menginjak bagian atas kuburan.
  • Tidak melakukan hal-hal yang berlebihan seperti menangis tersedu-sedu.
  • Hindari berkata tidak sopan.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya