Jadi Makanan Andalan Usai Lebaran, Simak Cara Menghangatkan Rendang Agar Tidak Hancur dan Tetap Enak

Rendang yang sering jadi stik makanan lebaran bisa disimpan dan dihangatkan kembali saat ingin disantap.

oleh Henry diperbarui 28 Apr 2023, 20:05 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2023, 20:05 WIB
ilustrasi rendang ayam (Jilly Cheung/Asia One/AP Photos)
ilustrasi rendang. (Jilly Cheung/Asia One/AP Photos)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu menu favorit saat Lebaran Idul Fitri adalah rendang. Usai lebaram, makanan khas Sumatra Barat ini biasanya masih jadi menu pilihan banyak orang. Rendang biasanya dimasak pakai daging sapi. Tapi, kunci rendang enak sudah pasti terletak pada bumbu dan cara memasaknya.

Bahkan, tak jarang orang-orang rela memasak rendang berjam-jam lamanya sampai mendapatkan rasa yang sesuai dengan selera. Selain rasanya yang enak, hidangan ini tahan lebih lama, sehingga cocok dijadikan stok makanan.

Jadi, buat yang doyan rendang, kamu bisa memasaknya dalam porsi besar karena bisa disimpan dan dihangatkan kembali saat ingin disantap. Rendang bisa dihangatkan dengan microwave.

Namun, jika tak ada microwave, tak perlu khawatir, karena ada trik lain yang jauh lebih sederhana. Cara ini dibagikan oleh warganet lewat sebuah unggahan di akun YouTube Tepi Horizon. Menurutnya, kalau pakai trik ini, tekstur rendang tetap utuh seperti baru dimasak dan rasanya juga masih enak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rendang Tidak Lengket

Jadi Makanan Andalan Usai Lebaran, Simak Cara Menghangatkan Rendang Agar Tidak Hancur dan Tetap Enak
Jadi Makanan Andalan Usai Lebaran, Simak Cara Menghangatkan Rendang Agar Tidak Hancur dan Tetap Enak.  foto: YouTube/Tepi Horizon

Mengutip akun tersebut, Kamis, 27 April 2023, pertama-tama, panaskan dulu wajan dan masukkan 3 sampai 4 sdm minyak ke dalamnya. Kalau minyak sudah cukup panas, baru masukkan semua rendang yang ingin dihangatkan.

Fungsi memberi sedikit minyak ini agar rendang tidak lengket di wajan. Pasalnya, kalau lengket, bisa-bisa teksturnya hancur. Pastikan juga menghangatkan rendang menggunakan api kecil saja.

Proses menghangatkan rendang ini butuh waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit tergantung besar daging rendang masing-masing. Sambil dihangatkan, jangan lupa untuk sesekali mengaduk rendang setidaknya tiap 3 menit sekali.

Untuk mengaduk rendang, kamu bisa gunakan spatula berbahan kayu maupun silikon karena tidak berisiko menggores wajan, apalagi kalau wajan yang digunakan memiliki lapisan antilengket.

 

Infografis Journal
Daftar Kalori Makanan Berbuka Puasa (Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya