Gus Iqdam: Jangan Sepelekan Vespa, Barang Ini Bisa Jadi Wasilah Kerukunan

Scooterist wajib simak pernyataan Gus Iqdam soal vespa dan komunitas vespa

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Okt 2023, 12:30 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2023, 12:30 WIB
gus iqdam vespa 2
Gus Iqdam konvoi keliling Kota Kediri boncengin perempuan cantik naik vespa/scooter. (bacaini.id)

Liputan6.com, Jakarta - Ulama sekaligus dai muda Nahdlatul Ulama asal Blitar Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam meminta jangan sepelekan vespa. Sebab, motor buatan Italia ini bisa menjadi wasilah untuk merajut kerukunan.

Permintaan ini wajar saja diminta oleh dai yang memiliki jamaah ribuan orang ini karena biasanya orang memandang sebelah mata terhadap vespa, atau tepatnya komunitas vespa.

Bahkan, pandangan masyarakat umum terkadang banyak sisi negatifnya.

Berbeda dengan Gus Iqdam. Dia justru memandang positif kendaraan yang bermesin kanan itu. Baginya itu adalah wasilah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Ini Arti Wasilah

Vespa
Para pecinta Vespa berkumpul dan riding bareng, serentak di beberapa kota besar di Tanah Air dalam rangka menyemarakkan Hari Batik Nasional. (ist)

Secara etimologi, wasilah (اَلْوَسِيْلَةُ) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti "segala hal yang dapat menyampaikan serta mendekatkan seseorang kepada sesuatu". Bentuk jamaknya adalah wasaa-il (وَسَائِلٌ).

Al-Fairuz Abadi menerangkan dalam kitab yang bertajuk Qaamuusul Muhiith, wasilah adalah suatu amalan atau perantara yang dapat mendekatkan diri seseorang kepada Allah SWT.

Nah, bagaimana penjelasan Gus Iqdam mengenai vespa sebagai wasilah. Bagi alumnus Ponpes AL Falah Ploso ini, vespa bukan sekedar wasilah untuk silaturahmi. Lebih dari itu, vespa bisa menjadi wasilah kerukunan.

 


Vespa Bisa Buat Hubungan Suami Istri Harmonis

Nathalie Holscher Asik Naik Vespa Bareng Geng Motor
Nathalie Holscher Asik Naik Vespa Bareng Geng Motor [instagram/nathaliholscher]

Saat menghaairi acara Kediri Scooter Festival (KSF) Gus Iqdam menyatakan hal tersebut. Selain itu juga dirinya mencotohkan kasus yang pada dirinya dan istrinya, Ning Nila. Bahwa beberapa hari sebelumnya, ia dan istrinya ada selisih paham karena kesibukan dirinya. Namun gara-gara naik vespa, sepanjang jalan Kota Kediri ia dan istrinya berpelukan tiada henti di atas roda dua.

"Contohnya beberapa hari ini agak disatru istri, karena rencana mau di prank sama istri. Karena kesibukan saya ngaji dimana mana gak jadi prank. Akhirnya hari ini kita naik vespa berpelukan, akhirnya nggamblok. Emak emak yang mau mesra sama istrinya, beli vespa," ujarnya diiringi tawa lebar. Intinya kenmdaraan roda dua ini bisa membuat hubungan suami istri tambah harmonis.

Gus Iqdam juga menegaskan komunitas semacam ini bisa dijadikan ajang silaturahmi, antar sesama umatnya Alloh. Berbagai macam karakter manusia ada, termasuk model vespa yang dimilikinya.

"Dengan vespa ini kita bisa bersilaturahmi dengan bermacam-macam umatnya Allah SWT. Ada yang vespanya banyak sekali botol mineral, ada pengendara vespa yang telinganya dipiercing lebar, ada pengendara yang rambutnya gimbal, semua berkumpul jadi satu," katanya.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya