Daftar Buah-buahan Mengandung Asam Folat, Salah Satunya Ternyata Buah Surga

Nama asal sulfat mendadak viral di media sosial. Hal ini bermula dari pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat untuk ibu hamil dalam mencegah stunting.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Des 2023, 10:30 WIB
Diterbitkan 07 Des 2023, 10:30 WIB
Daftar Makanan yang Mengandung Asam Folat (Anna Shkuratova/Shutterstock)
Daftar Makanan yang Mengandung Asam Folat (Anna Shkuratova/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Nama asal sulfat mendadak viral di media sosial. Hal ini bermula dari pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat  untuk ibu hamil dalam mencegah stunting. 

Penyataan ini ia sampaikan saat mengisi acara dalam diskusi ekonomi kreatif pada Minggu 3 Desember 2023 lalu di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Gibran sendiri telah meminta maaf karena salah sebut zat yang sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan anak yang dalam kandungannya.

Melansir laman Liputan6.com, asam folat dan asam sulfat merupakan dua jenis zat yang berbeda. Asam folat adalah merupakan jenis vitamin B kompleks yang baik untuk ibu hamil.

Sedangkan asam sulfat merupakan zat yang  sering digunakan untuk industri kimia dan pupuk serta mempunyai sifat korosif karena mudah terbakar. Asam folat ini juga banyak terkandung dalam buah-buahan yang mudah kita temui. Berikut ini beberapa buah yang mengandung asam folat, yang salah satunya merupakan buah surga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

SImak Video Pilihan Ini:


Buah yang Mengandung Asam Folat

Asam Folat
Ilustrasi Buah Pepaya Credit: pexels.com/Alleksana

Berikut ini nama-nama buah yang tinggi kandungan asam folatnya sebagaimana dilansir dari laman halodoc.com:

1. Jeruk

Dibalik rasanya yang masam, jeruk mengandung folat yang cukup tinggi. Satu buah jeruk besar saja sudah mengandung 55 mikrogram folat.

Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

2. Pepaya

Kalau buah yang satu ini dikenal ampuh untuk memperlancar BAB. Ternyata, satu cangkir atau sekitar 140 gram pepaya bisa mengandung 53 mikrogram folat. Angka ini sudah memenuhi sekitar 13 persen kebutuhan folat harian kamu. Bukan cuma folat saja, pepaya juga kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan.

3. Pisang

Pisang terkenal akan kemampuannya untuk meningkatkan energi secara signifikan. Nah, buah ini ternyata juga tinggi kandungan folatnya. Bahkan, pisang bisa membantu memenuhi kebutuhan folat harian kamu.

Pisang berukuran sedang mengandung 23,6 mikrogram folat, atau enam persen dari kebutuhan harian kamu. Buah ini juga mengandung nutrisi lain, termasuk potasium, vitamin B6, dan mangan.

4. Alpukat

Teksturnya yang lembut dan rasanya seperti mentega membuat alpukat sering disandingkan dengan makanan lain. Dari semua buah yang mengandung folat, alpukat mengandung folat yang paling tinggi.

Setengah buahnya saja mengandung 82 mikrogram folat. Buah ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Alpukat juga bisa mencegah perkembangan penyakit jantung.


Salah Satunya Merupakan Buah Surga

Buah yang mengandung asam folat tinggi di atas ternyata salah satunya termaktub dalam Al-Qur’an yakni buah pisang.

Mengutip kampusmelayu.ac.id, bagi masyarakat Indonesia, pisang merupakan buah-buahan yang sangat dikenal, bahkan paling banyak dikonsumsi. Setidaknya, ada lebih dari 230 varian pisang terdapat di Indonesia.

Ternyata, pisang merupakan salah satu jenis buah yang ada di surga. Hal ini dinyatakan Allah dalam al-Quran. Setidaknya ada 7 (tujuh) buah-buahan disebutkan, yaitu buah tin, zaitun, kurma, anggur, delima, timun, dan pisang.

Penyebutan buah pisang sebagai salah satu buah surga, tercantum dalam al-Quran. Hal ini sesuai firman Allah : “dan pohon pisang yang bersusun-susun [buahnya]” (QS. al-Waqi’ah : 29).

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya