Pesona Sederet Masjid Tua di China Berusia Lebih dari Seabad

Warisan sejarah Islam di China, 10 masjid tertua yang masih berdiri kokoh.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Jul 2024, 20:30 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 20:30 WIB
masjid Xian
Masjid Xiandi China (langit7.id)

Liputan6.com, Jakarta - Kata siapa China hanya dikenal dengan Tembok Raksasa-nya saja. Negeri tirai bambu ini juga memiliki warisan sejarah Islam yang tak kalah menarik, yaitu deretan masjid tua yang berdiri megah hingga saat ini.

Meski jarang disorot, masjid-masjid ini mencerminkan jejak panjang keberadaan komunitas Muslim di China yang sudah ada sejak berabad-abad lalu.

Masjid-masjid ini, yang sebagian besar terletak di kota-kota bersejarah seperti Xi’an, Guangzhou, dan Kaifeng, memiliki desain yang memadukan elemen arsitektur tradisional China dengan karakteristik Islam.

Keberadaan masjid-masjid ini menunjukkan betapa harmonisnya pengaruh budaya Islam dengan budaya lokal. Bangunan-bangunan ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan komunitas dan penyebaran ajaran Islam di wilayah tersebut.

Keunikan dan keawetan masjid-masjid ini juga terletak pada kemampuannya bertahan melawan berbagai perubahan zaman dan tantangan.

Selama berabad-abad, mereka telah menyaksikan dan menjadi bagian dari berbagai peristiwa sejarah China, dari dinasti-dinasti yang berganti hingga perubahan sosial dan politik yang besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berikut Masjid Tua di China

Masjid Huaisheng di China
Masjid Huaisheng di China

Kini, masjid-masjid ini tidak hanya menjadi saksi bisu sejarah, tetapi juga tempat yang terus memfasilitasi kegiatan keagamaan dan budaya bagi umat Islam di China.

Mengutip hidayatuna.com, masjid di China asjid tersebut telah dibangun dari beberapa tahun silam di China. Nah, berikut kami rangkum daftar 10 masjid tertua di China dalam sejarah Islam yang wajib Anda tahu.

1. Masjid Huaisheng

Masjid Huaisheng dibangun pada 627 Masehi dan berada di Guangzhou, China. Masjid ini dikenal sebagai Lighthouse Mosque atau Mosque of Canton, dan telah dibangun kembali secara ekstensif selama bertahun-tahun.

2. Masjid Niujie

Masjid yang berdiri sejak 996 masehi ini menjadi masjid tertua di Beijing. Wisatawan yang ingin mengunjunginya bisa melakukan perjalanan ke Xuanwu, di mana masjid ini berada.

3. Masjid Dongsi

Dibangun antara tahun 1447 dan 1450. Masjid Dongsi dikenal juga dengan nama Masjid Faming dan terletak di Jalan Dongsi Nan, Distrik Dongcheng Beijing.

 


Saksi Perjalanan Islam di China

masjid qingjing
Masjid Qingjing atau yang dikenal sebagai Masjid Ashab terletak di Jalan Tumen, Kota Quanzhou, Provinsi Fujian (monitor.co.id)

4. Masjid Qingjing

Terletak di tengah jalan Tumen, Distrik Quanzhou masjid yang juga dikenal dengan nama Ashab ini dibangun pada 1009 masehi. Masjid ini merupakan masjid tertua yang berarsitektur Arab.

5. Masjid Nanguan

Ada sejumlah masjid di Yinchuan, Ibukota Provinsi Ningxia, namun yang paling terkenal dan tertua adalah masjid Nanguan.

6. Masjid Tongxin

Ini merupakan masjid yang dibangun pada masa Dinasti Ming. Masjid ini menggabungkan antara arsitektur China dengan Arab.

7. Masjid XiaotaoyuanIni merupakan masjid terbesar di Shanghai yang dibangun pada 1971. Bagi umat muslim yang ingin mengetahui kemegahan rumah ibadah yang dimiliki umat Islam China perlu mengunjungi masjid ini.

8. Masjid Raya Xi'an

Masjid Raya Xi’an dibangun pada tahun 742 selama pemerintahan Kaisar Xuanrong dari Dinasti Tang di kota Xi’an, China. Masjid ini dapat dikunjungi oleh wisatawan non Muslim, hanya saja mereka tidak diperkenankan untuk ke ruang salat.

9. Masjid Id Kah Kashgar

Masjid Id Kah dibangun pada tahun 1442 di alun-alun kota Kashgar. Konon, lokasi masjid ini dahulunya ialah makam.

10. Masjid Dongguan, Xining

Didirikan pada tahun 1380, arsitektur masjid menggabungkan gaya tradisional China dan ornamen-ornamen yang memesona. Masjid Dongguan dapat menampung jamaah sekitar 3.000 orang.

Demikian rangkuman sejumlah masjid di China yang menjadi saksi perjalanan Islam di Negeri Tirai Bambu ini.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul


Simak Video Pilihan Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya