Mengapa Al Fatihah Sering Dibaca Umat Islam? Habib Novel Ungkap Keistimewaannya

Menurut ulama kharismatik asal Surakarta, Habib Novel Alaydrus, keistimewaan surah Al-Fatihah sudah tidak diragukan lagi sebagai ummul kitab atau induk dalam Al-Qur'an.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 19 Okt 2024, 00:30 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2024, 00:30 WIB
Habib Novel Alaydrus
Habib Novel Alaydrus (YouTube Novel Muhammad Alaydrus)

Liputan6.com, Jakarta - Al-Fatihah merupakan surah pertama dalam Al-Qur'an. Surah ini diturunkan di kota Makkah dan berjumlah tujuh ayat. 

Banyak keistimewaan dalam surah Al-Fatihah. Para ulama menjelaskan tentang keistimewaan surah yang memiliki makna pembukaan ini.

Menurut ulama kharismatik asal Surakarta, Habib Novel Alaydrus, keistimewaan surah Al-Fatihah sudah tidak diragukan lagi sebagai ummul kitab atau induk dalam Al-Qur'an.

"Dalam sholat pun kita hanya diwajibkan baca surah Al-Fatihah. Kalau tidak dibaca surah Al-Fatihah, tidak sah sholat kita," jelas Habib Novel Alaydrus dikutip dari YouTube Novel Muhammad Alaydrus, Jumat (18/10/2024).

Habib Novel menambahkan bahwa surah Al-Fatihah memiliki rahasia tersendiri dibandingkan dengan surah yang lain dalam Al-Qur'an. Meskipun demikian, Habib Novel menegaskan bahwa semua surah dalam Al-Qur'an itu mulia.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

Kisah Turunnya Surah Al-Fatihah

Habib Novel Alaydrus
Pendakwah Habib Novel Alaydrus. (YouTube/Ubaidillah D. Masdar)

Habib Novel mengisahkan salah satu hadis tentang surah Al-Fatihah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab shahihnya. 

Dalam suatu kesempatan, Sayyidina Abdullah bin Abbas RA berkata, “Saat malaikat Jibril duduk bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba malaikat Jibril mendengar suara dari atas kepalanya, maka beliau pun menoleh ke arah atas.”

Kemudian malaikat Jibril berkata, “Ini ada satu pintu langit yang hari ini dibuka, dan tidak pernah dibuka kecuali hari ini.”

Dari pintu ini sekarang turun malaikat. Malaikat yang turun dari langit menuju bumi melewati pintu yang saat itu terbuka. Dan malaikat itu tidak pernah turun kemana pun kecuali hari ini.

Maka kemudian malaikat yang turun itu mengucapkan salam kepada baginda Nabi Muhammad SAW dan berkata, “Berbahagialah wahai Nabi SAW, karena engkau mendapatkan dua cahaya yang diberikan kepadamu. Dan tidak ada satu nabi pun sebelummu yang diberikan dua cahaya ini.

"(Dua cahaya itu) yaitu surah Al-Fatihah dan penutup surah Al-Baqarah atau yang lebih kita kenal (ayat amanar rasul)," jelas Habib Novel.

Keutamaan Membaca Surah Al-Fatihah

Habib Novel Alaydrus
Ilustrasi mengaji bersama Habib Novel Alaydrus secara daring. (Desain via Canva.com)

Kemudian malaikat itu berkata lagi, “Tidaklah engkau membaca satu huruf dari Al-Fatihah dan penutup surat Al-Baqarah, kecuali apa yang menjadi keinginanmu diberikan Allah SWT.

Oleh karenanya, kata Habib Novel, tidak mengherankan jika para ulama mengajak umat Islam untuk membaca surah Al-Fatihah. Bahkan, surah ini sering menjadi menutup majelis dan doa.

“Karena Rasul sudah menyampaikan pada kita semua bahwasanya kalau kita berdoa dan kita menutupnya dengan surah Al-Fatihah, maka Allah mengabulkan doa kita, permohonan kita dikabulkan oleh Allah SWT," terang Habib Novel.

Wallahu a'lam.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya