Cegah Iritasi! Ini Daftar Kandungan Skincare yang Tak Boleh Dicampur dengan Niacinamide

Yuk simak agar kulit terhindar dari iritasi.

oleh Sabrina Julie diperbarui 28 Sep 2024, 10:29 WIB
Diterbitkan 28 Feb 2022, 10:59 WIB
Niacinamide
Ilustrasi penggunaan skincare. (Foto: Pexels)

Liputan6.com, Semarang - Kandungan niacinamide saat ini menjadi salah satu yang diidolakan oleh para pengguna skincare. Beragam manfaat yang akan didapatkan dengan penggunaan zat dengan nama lain nikotinamida ini diantaranya, mengatasi jerawat, mengecilkan pori dan melembapkan kulit. 

Namun ternyata di balik keampuhan niacinamide dalam menyehatkan kulit, ternyata terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan iritasi. 

Bagi sobat Liputan6 yang sering menggunakan lapisan skincare, beberapa hal ini sangat perlu diperhatikan, karena niacinamide tidak sembarang bisa dicampur dengan kandungan skincare lain.

Yuk simak kandungan apa saja yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan niacinamide.

 


Vitamin C

 

Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang juga bermanfaat bagi kulit. Penggunaan vitamin c dapat membantu mencerahkan wajah, serta menghilangkan bekas jerawat. Namun ternyata vitamin c menjadi salah satu kandungan skincare yang tak boleh digunakan bersamaan dengan niacinamide. Hal tersebut dikarenakan niacinamide bersifat merusak vitamin c. Jika digunakan bersama, manfaat vitamin c untuk kulit tidak akan bekerja maksimal atau bahkan bisa menyebabkan iritasi.

 


AHA/BHA

 

AHA/ BHA merupakan bahan aktif yang terdapat dalam skincare yang digunakan sebagai exfoliator, yakni untuk mengangkat sel kulit mati, minyak dan kotoran. Namun kandungan ini tidak boleh dicampur dengan niacinamide, karena jika digunakan bersamaan maka kulit akan memproduksi asam nikotinat yang dapat menyebabkan iritasi. Selain itu niacinamide akan merusak AHA/BHA yang memiliki sifat asam yang menyebabkan penggunaan skincare ini secara bersamaan tidak akan maksimal.

 


Centella Asiatica

 

Tak kalah populer dengan niacinamide, produk skincare dengan kandungan centella asiatica juga menjadi salah satu yang banyak digunakan. Centella asiatica memiliki manfaat di antaranya anti-aging, melawan jerawat, melembapkan, serta memberi rasa sejuk bagi kulit. Namun kedua kandungan tersebut tak dapat digabungkan karena sama-sama memiliki risiko iritasi yang tinggi. 

Nah itu tadi beberapa kandungan skincare yang tidak boleh di-layering dengan niacinamide untuk menghindari iritasi.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya