Kabar Gembira, Pemkab Sidoarjo Sediakan Beasiswa untuk 2.000 Orang Tahun ini

Mahasiswa Sidoarjo yang mempunyai peluang untuk mendapatkan Program Beasiswa ini bisa mendaftar secepatnya secara online.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Feb 2022, 11:00 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2022, 11:00 WIB
Beasiswa
Ilustrasi Kuliah di Luar Negeri Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Sidoarjo - Program beasiswa Sidoajo Gemilang disiapkan untuk 2.000 orang mahasiswa di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada 2022. Beasiswa tersebut dibagi dalam beberapa jalur diantaranya jalur prestasi akademik, jalur prestasi olah raga, jalur prestasi bidang agama dan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali mengatakan pemberian beasiswa untuk mahasiswa ini diharapkan bisa menjadi pendorong semangat para mahasiswa untuk fokus menjalani studi tanpa harus dirisaukan masalah biaya.

"Saya berharap tidak ada lagi mahasiswa di Sidoarjo yang putus kuliah karena kesulitan biaya," katanya, Senin (7/2/2022).

Ia menyebut program ini merupakan salah satu ikhtiar kami dalam membangun Sidoarjo untuk lebih maju, bahwa menciptakan SDM berkualitas adalah investasi yang dapat dilakukan untuk membuat daerah semakin maju.

Beasiswa itu bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang ber-KTP Sidoarjo baik jenjang sarjana S1, magister atau S2 maupun untuk program doktoral atau S3.

Sedangkan pembagian kuota untuk program ini adalah 650 beasiswa untuk jalur prestasi akademik, 350 beasiswa untuk jalur prestasi olah raga, 500 beasiswa untuk jalur bidang agama dan 500 beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu.

"Jalur prestasi akademik dikhususkan bagi mahasiswa yang pernah menjuarai berbagai lomba yang bersifat akademik. Untuk jalur prestasi olah raga bisa diajukan bila mahasiswa pernah berprestasi meraih juara pada salah satu cabang olah raga," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:


Cara Daftar

Sementara untuk jalur beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi pada bidang agama, disalurkan tidak hanya untuk mahasiswa muslim. Namun mahasiswa dari semua agama bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi.

"Iya untuk semua agama , kita fasilitasi semua," sebutnya.

Prestasi bidang agama yang dipersyaratkan diantaranya, bagi agama Islam, mereka harus juara MTQ minimal tingkat Kabupaten. Lainnya, mereka hafal Alquran minimal 10 juz. Bagi non Islam, juga mempunyai prestasi bidang agamanya masing-masing.

Sedangkan untuk program beasiswa jalur kurang mampu tahun ini haru memiliki KTP dan KK Sidoarjo dan menyertakan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari Desa/Kelurahan masing-masing.

Mahasiswa Sidoarjo yang mempunyai peluang untuk mendapatkan Program Beasiswa ini bisa mendaftar secepatnya secara online melalui tautan http://s.id/BeasiswaSidoarjo22.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya