Selain Vitamin C, Berikut Daftar Vitamin Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin merupakan zat esensial yang berperan untuk meningkatkan imun tubuh.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Feb 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 11 Feb 2022, 16:00 WIB
Memilih Suplemen dan Vitamin yang Tepat untuk Jaga Imunitas Tubuh
Ilustrasi suplemen dan vitamin (pexels.com/Ready Made)

Liputan6.com, Jatim - Vitamin merupakan zat esensial yang berperan untuk meningkatkan imun tubuh. Namun jumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh tidak dapat diproduksi secara otomatis di dalam tubuh.

Cakupan kebutuhan vitamin dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan sehat hingga mengonsumsi suplemen yang aman. Asupan vitamin dapat meningkatkan imun tubuh. Sehingga tubuh dipersiapkan dapat melawan berbagai jenis penyakit, termasuk Covid-19.

Namun, setiap orang memiliki jumlah asupan vitamin yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, hingga kondisi kesehatan tertentu. Untuk itu, mengetahui jumlah vitamin harian yang dibutuhkan tubuh, terutama di masa pandemi sangat penting untuk diketahui.

Berikut daftar vitamin selain Vitamin C yang berperan untuk meningkatkan imun tubuh dilansir dari halodoc.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:


Vitamin B1 – Thiamine

Kandungan vitamin B1 dapat menjaga fungsi jantung dan otak dalam kondisi sehat. Selain itu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Vitamin ini dibutuhkan sebanyak 1 miligram pada pria dan 0,8 miligram pada wanita dengan rentang usia 19–64 tahun.


Vitamin B12 – Cobalamin

Vitamin jenis ini bermanfaat dalam pembentukan protein, sel darah, hingga jaringan dalam tubuh yang dapat memengaruhi kondisi imun tubuh.

Untuk itu, penting mengetahui kebutuhan vitamin B12 yang diperlukan setiap harinya agar dapat memenuhi kebutuhan vitamin yang tepat. Vitamin ini dibutuhkan sebanyak 1,5 mikrogram per harinya.


Vitamin B6 – Pyridoxine

Vitamin B6 akan membantu tubuh dalam memproduksi antibodi dan juga sel darah putih untuk meningkatkan imun tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga meningkatkan produksi sel darah merah dan daya ikat hemoglobin pada oksigen dalam darah.

Mengingat pandemi COVID-19 dapat memengaruhi saturasi oksigen dalam darah. Penuhi sebanyak 1,4 miligram bagi pria dan 1,2 miligram bagi wanita per harinya.


Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Vitamin ini dapat melindungi sel-sel dari kerusakan, membantu pembentukan sel darah merah, mengurangi risiko penyakit pada mata maupun sendi, serta dapat membantu kamu tingkatkan imun tubuh.

Pada pria dewasa kebutuhan vitamin E per harinya sebesar 4 miligram, sedangkan pada wanita sebesar 3 miligram.


Vitamin B9 – Asam Folat

Tidak hanya untuk meningkatkan metabolisme DNA, tetapi vitamin B9 juga diperlukan dalam proses peningkatan imun tubuh.

Memenuhi kebutuhan vitamin B9 setiap harinya membantu dalam menjaga sistem pertahanan tubuh dan juga meningkatkan simpanan energi.

Orang dewasa membutuhkan 200 mikrogram per harinya agar kebutuhan asam folat terpenuhi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya