Arca Joko Dolog Surabaya dan Penghormatan Kepada Putera Kertanegara

Patung arca ini merupakan salah satu peninggalan yang mempunyai nilai sejarah tinggi dan masih terawat

oleh Panji Prayitno diperbarui 01 Apr 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2022, 10:00 WIB
Arca Joko Dolog Surabaya dan Penghormatan Kepada Putera Kertanegara
Situs Arca Joko Dolog, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta Surabaya menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Jawa Timur. Dari mulai wisata alam, kuliner, sampai wisata sejarah ada di Surabaya, Jawa Timur.

Kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini terdapat banyak peninggalan sejarah yang tertuang dalam bentuk bangunan. Seperti tugu, landmark, dan patung yang tak jarang itu semua dijadikan sebagai tempat wisata sejarah Surabaya.

Namun demikian, Surabaya terdapat peninggalan Arca Joko Dolog. Arca ini merupakan salah satu peninggalan yang mempunyai nilai sejarah tinggi. 

Arca ini terletak di Jalan Taman Apsari, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Arca Joko Dolog dikenal juga dengan Arca Buddha Mahasobya yang disebut-sebut sebagai perwujudan dari Prabu Kertanegara, yaitu Raja Singasari.

Arca Joko Dolog ini dikabarkan dibuat pada 1289 M. Arca ini bukan asli dari Surabaya, melainkan dipindahkan dari Desa Kandang Gajah, Trowulan pada 1817 yang bertujuan untuk dibawa ke Belanda dengan kapal.

Arca ini dibuat dengan tujuan sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Kartanegara yang memimpin kerajaan Singasari. Patung Joko Dolog ini dikhususkan sebagai penghormatan terhadap putera Kertanegara. 

Diketahui, Wisnu Wardhana sebagai raja Singasari kala itu.

Selain Arca Joko Dolog, di tempat ini terdapat patung-patung lain seperti arca Ganesha. Beberapa umat penganut Buddha Tantrayana melakukan sembahyang di arca Joko Dolog Surabaya ini.

Sudahkah anda berkunjung dimana arca ini berada untuk mengenal lebih jauh kekayaan peninggalan sejarah di Surabaya ?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya