Harga Jual Batu Akik Motif Junjung Derajat Capai Rp 500 Juta

Batu motif junjung jadi incaran para kolektor batu akik di Bengkulu.

oleh Yuliardi Hardjo Putro diperbarui 18 Mar 2015, 12:00 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2015, 12:00 WIB
Harga Jual Batu Akik Motif Junjung Derajat Capai Rp 500 Juta
Batu motif junjung jadi incaran para kolektor batu akik di Bengkulu.

Liputan6.com, Bengkulu Geliat perkembangan batu akik di Bengkulu mulai mengarah kepada permainan motif atau gambar pada batu. Beragam motif mulai dari kaligrafi, binatang, angka dan simbol diburu para pecinta dan kolektor batu akik.

Motif yang paling diburu saat ini adalah simbol segitiga dan pangkat runcing atau biasa disebut Junjung Derajat. Motif lain yang juga diburu kolektor adalah angka 6, 8 dan 9 serta batu bergambar ikan Arwana dan Ikan Mas Koki.

Aizan, pemilik Galery Rumah Batu Bengkulu mengatakan batu akik bermotif Junjung Derajat oleh para kolektor dipercaya bisa meningkatkan derajat para pemakai batu dan memancing uang untuk datang.

"Motif ini yang paling laris, harganya tergantung jumlah garis junjung, warna dan tingkat kebersihan serta kekerasan pengkristalan batu," ujar Aizan di Bengkulu, Rabu (18/3/2015)

Harga yang dipatok untuk batu jenis ini mulai dari 2 juta hingga 500 juta rupiah, termahal dibaderol untuk batu bermotif Junjung Derajat dengan jumlah garis 8 dan 9 dengan variasi sedikitnya 5 warna dalam satu batu.

Peminat jenis ini kata Aizan adalah para pejabat, pengusaha dan tokoh partai politik. Mereka biasanya memburu batu lewat kaki tangannya yang khusus datang ke Bengkulu.

Jenis lain yang juga mendominasi buruan para kolektor adalah motif angka 8 dan 9 yang dipercaya memiliki nilai khusus oleh para kolektor keturunan Tionghoa. Ada juga batu bermotif ikan Mas dan Arwana yang dipercaya membawa berkah keberuntungan bagi pemakainya.

Deswan HP, salah seorang pengusaha asal Jambi mengaku membeli batu akik bermotif Junjung Derajat seharga 8 juta rupiah. Terdapat 8 garis junjung dengan 5 warna di batu yang dipakai pria yang bekerja di perusahaan energi berpusat di Bangkok Thailand tersebut.

"Lebih percaya diri dan melancarkan segala urusan saja, jika saya memakai batu ini," ujar Deswan. (Yuliardi Hardjo Putra/Ars)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya