Ini Dia Barelang Rose, Batu Akik Khas Batam

Barelang Rose, batu akik khas Batam yang menyerupai batu Ruby kini menjadi incaran kolektor dan pecinta batu akik.

oleh Ajang Nurdin diperbarui 26 Mar 2015, 20:00 WIB
Diterbitkan 26 Mar 2015, 20:00 WIB
Ini Dia Barelang Rose, Batu Akik Khas Batam
Barelang Rose, batu akik khas Batam yang menyerupai batu Ruby kini menjadi incaran kolektor dan pecinta batu akik.

Liputan6.com, Batam Demam batu akik yang terjadi Indonesia, membuat banyak daerah berlomba-lomba untuk menyajikan batu akik khas dari daerahnya masing-masing.

Seperti halnya Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), ternyata provinsi ini memiliki batu akik khas tersendiri. Batu ini memiliki tampilan yang eksotik, warnanya merah muda dan berkilau menyerupai batu Ruby. Batu ini juga seperti memiliki ruang di bagian dalamnya seperti motif alam sehingga terlihat sangat indah. Warga setempat menyebut batu akik ini dengan nama batu Barelang Rose atau Batam Rose.

Batu ini menjadi penemuan pertama yang kemudian menjadi ciri khas Batam. Batu akik Barelang Rose ditemukan di sekitar jembatan Barelang Batam oleh warga setempat belum lama ini. Temuan ini pun membuat heboh warga kota Batam.

"Ditemukan warga dekat Jembatan IV Barelang,” ujar Diky Aldo, Ketua Gemstone, Nagoya Batam, Kamis (26/3/2015).

Saat ini, batu Barelang Rose masih berbentuk batu mentah, belum diolah. Warga Riau yang ingin melihat langsung batu ini dapat melihatnya di depan Ramayana Jodoh tempat komunitas Gemstone berkumpul.

Lebih lanjut, menurut Aldo ketua Game stone Batam, batu Barelang Rose ini akan dijadikan master saat pameran Batam Gemstone, April mendatang.

"Batu ini sangat unik, dalamnya seperti berair. Kalau disenter akan sangat berkilau,” ucapnya. (Ajang Nurdin/Ars).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya