3 Metode Masak Pasta Al Dente

Tidak perlu lagi frustrasi dalam memasak pasta tingkat al dente. Berikut cara mudahnya.

oleh Indy Keningar diperbarui 24 Agu 2015, 06:31 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2015, 06:31 WIB
3 Metode Masak Pasta Al Dente
Tidak perlu lagi frustrasi dalam memasak pasta tingkat al dente.

Liputan6.com, Jakarta Pasta merupakan masakan asal Italia yang kini sudah mendunia. Di Indonesia sendiri, aman dikatakan bahwa pasta tidak lagi barang mewah, mengingat Anda bisa menikmati hidangan pasta seperti makaroni panggang dan spaghetti dengan harga yang tidak menguras kantong.

Namun, ada satu aspek pasta yang membuat banyak orang menjambaki rambut frustrasi –al dente. Siapa di antara Anda yang pernah gagal memasak pasta sampai dengan tingkat al dente? Dijamin banyak jari teracung.

Sesungguhnya, ada beberapa metode dalam membuat pasta al dente, membuktikan bahwa memasak al dente tidak seberapa susah. Walau begitu, jangan berharap Anda bisa memasak dengan ketelitian minim.
Berikut metode-metode tersebut dilansir lifehacker.com, Sabtu (22/8/2015).

1. Metode Klasik
Isi panci besar dengan kurang lebih 4 liter air, atau sampai pasta terendam penuh, lalu tambahkan garam. Saat air mendidih, langsung ceburkan pasta dan aduk, terus aduk. Beberapa menit pertama merupakan waktu dimana zat pati dari pasta keluar.
Ketika pasta sudah mencapai tekstur kenyal –al dente, angkat dari air, dan tiriskan, namun jangan sampai semua air tersisih. Jika Anda memasak sausnya di kompor, campur pasta dengan saus saat masih di kompor, dengan begitu, pasta bisa menyerap saus.

2. Metode api kecil
Pasta juga bisa dimasak dengan air lebih sedikit. Garami air, masukkan pasta, dan masak dengan api kecil sampai mendidih. Akan ada waktu kurang lebih 10 menit untuk pasta matang.
Menurut Kenji Lopez-alt dari The Food Lab, yang dimasak dengan api kecil memberi air rebusan pasta yang lebih kental, yang bisa menyajikan cita rasa optimal dari saus pasta.

3. Metode rendam
Metode ini merupakan yang paling nyeleneh. Anda bisa memasaknya dalam waktu 60 detik. Ya, 60 detik alias satu menit. Pertama-tama, rendam pasta yang kering di piring atau kantong plastik di air dingin, dan diamkan selama satu setengah jam. Setelahnya, rebus air yang sudah digarami sampai mendidih, dan masukkan pasta selama 60 detik.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya