Tips Aman Berpergian dengan Transportasi Online

Berikut cara aman untuk nikmati perjalanan menggunakan transportasi online.

oleh Meita Fajriana diperbarui 19 Mei 2016, 11:30 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2016, 11:30 WIB
Transportasi Online
Berikut cara aman untuk nikmati perjalanan menggunakan transportasi online.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan transportasi online berbasis aplikasi atau menggunakan akses internet saat ini hadir memberikan kemudahan bagi masyarakat. Anda yang hobi bepergian tentunya dapat dengan mudah memesan secara online, kemudian mobil, motor atau taksi yang Anda butuhkan sudah siap menanti di depan rumah.

Namun, kemudahan transportasi ini tetap tidak bisa membuat penumpang lengah. Anda tetap harus mawas diri agar perjalanan Anda menyenangkan dan tidak terdapat permasalahan apapun, baik itu fisik ataupun psikis.

Anda tentu tidak ingin perjalanan Anda berakhir dengan masalah kriminal. Seperti yang dilansir dari situs Allwomenstalk, Selasa (17/5/2016), berikut cara untuk memastikan perjalan Anda aman menggunakan transportasi online.

1. Cek identitas asli dari pengendara

Banyak dari Anda yang lupa melakukan hal ini. Meski ini bukan permasalahan serius namun mengecek kembali identitas dari sang pengendara agar perjalanan Anda menjadi aman.

2. Jangan selalu fokus pada gawai

Saat Anda sedang melakukan perjalanan menggunakan transportasi online, usahakan untuk tidak terhanyut pada layar gawai. Hal ini akan membuat Anda menjadi tidak fokus dan bisa menjadi awal terjadinya permasalahan pada perjalanan Anda.

Aplikasi transportasi online

3. Menunggu di dalam rumah sebelum di jemput

Kemanapun Anda akan pergi dan kapanpun itu meski di pagi atau malam hari, Anda dapat menunggu hingga sang pengendara datang Anda lebih baik berada di dalam rumah atau ruangan ruangan.

4. Jika pengendara tidak bersahabat, jangan pergi

Saat Anda mendapatkan pengendara namun saat pembicaraan di telepon, atau menemukan pengendara yang menunjukkan gelagat genit atau kurang bersahabat, akan lebih baik Anda membatalkan pesanan, dan membuat pemesanan baru.

5. Kirimkan pesan kepada teman atau keluarga selama Anda berada di perjalanan

Anda dapat mengirimkan pesan kepada teman atau keluarga untuk langkah aman jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Jika perlu Anda dapat mengambil foto pengendara atau plat kendaraan saat menggunakan transportasi online.

6. Perhatikan rating dari supir

Aplikasi transportasi online menyediakan fitur rating pada setiap pengendara. Anda dapat memanfaatkannya dan menjadikan bahan pertimbangan untuk memutuskan untuk pergi atau tidak dengan pengendara tersebut.

7. Saat merasa tidak aman, minta berhenti

Saat pengendara melakukan kesalahan berkendara, seperti ugal-ugalan Anda dapat menegurnya dan jika masih berlanjut Anda bisa minta berhenti, tentunya di tempat keramaian. Semoga perjalanan menggunakan transportasi online Anda menyenangkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya