Pertukaran Informasi dan Pelayanan di Pameran Cleaning dan Laundry

Pertumbuhan sektor cleaning dan laundry menunjukkan peningkatan dengan semakin bertambahnya jumlah properti komersial dan residensial.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Jul 2019, 10:37 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2019, 10:37 WIB
Laundry
Expo Clean & Laundry akan kembali digelar di Jakarta. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu usaha di bidang jasa yang semakin menjamur adalah laudry atau penatu. Tak hanya di perkotaan, tapi juga sudah merambah ke kampung dan pedesaan, kini. Karena semakin padatnya aktivitas manusia, sehingga banyak yang memerlukan jasa cuci pakaian

Pertumbuhan sektor cleaning dan laundry di Indonesia misalnya, menunjukkan peningkatan dengan semakin bertambahnya jumlah properti komersial dan residensial.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018 mencatat ada lebih dari 7.1 juta meter persegi properti komersial dan residensial di Jakarta. Sedangkan di seluruh Indonesia terdapat lebih dari 1 juta kamar penginapan tersedia dan lebih dari 2,800 rumah sakit beroperasi.

Semua fasilitas dan properti ini membuat cleaning dan laundry prioritas baru bagi mencapai standar yang lebih baik.  Untuk menjawab kebutuhan pasar, PT Media Artha Sentosa menyelenggarakan pameran niaga khusus bagi cleaning dan perawatan tekstil modern bertajuk Expo Clean & Laundry.

Memasuki edisi ke-6 di 2019 ini, Expo Clean & Laundry akan diadakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 11-13 Juli 2019. Pameran akan menampilkan produk dan solusi bagi cleaning dan laundry, serta diperkuat dengan kegiatan konferensi, seminar dan workshop dengan dukungan asosiasi terkait.

Expo Clean & Laundry 2019 merupakan arena pertukaran informasi, pengalaman dan pengetahuan bagi kalangan di sektor cleaning dan laundry.


Animo Besar Bidang Laundry

Jasa Laundry
Petugas membantu konsumen menaruh cucian di sebuah laundry koin di Jakarta, Sabtu (8/6/2019). Pada libur Lebaran, jasa laundry ramai didatangi konsumen dengan sekali mencuci dibutuhkan dua koin seharga Rp 30 ribu. (merdeka.com/Imam Buhori)

"Kali ini kami melihat animo yang besar di bidang laundry rumah sakit. Sekurangnya tiga asosiasi yaitu PERSI, APLI dan PILARS akan menyoroti topik pengelolaan laundry di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan," terang Teddy Halim, selaku Project Director Expo Clean & Laundry 2019.

Menurut Teddy, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga mendukung perbaikan pengelolaan laundry rumah sakit melalui Permenkes No. 7 Tahun 2019 seputar pencegahan dan pengendalian infeksi di sarana pelayanan kesehatan, salah satunya dari aspek laundry.

Expo Clean & Laundry 2019 juga akan dihadiri delegasi dari Malaysia, Singapura dan China. dan tahun ini kembali menyelenggarakan Best Practice Laundry Award yang mendorong para pengusaha laundry untuk meningkatkan standar dan kualitas layanannya.

"Sektor cleaning juga mengalami percepatan. Dengan dukungan dari Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), pameran kali ini memberi fokus pada toilet dan fungsinya, terutama bagi para penyandang disabilitas," lanjut Teddy.

Expo Clean & Laundry 2019 telah menjadi kegiatan yang wajib dihadiri. Tahun lalu, tercatat lebih dari 6,000 pengunjung hadir dan diharapkan lebih banyak lagi yang akan hadir di tahun ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya