Jarak Ideal untuk Memotong Rambut Berdasarkan Kondisinya

Beda kondisi rambut, beda pula waktu ideal untuk memotongnya agar kesehatannya tetap terjaga.

oleh Putu Elmira diperbarui 22 Agu 2019, 07:01 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2019, 07:01 WIB
Ilustrasi Potong Rambut
Ilustrasi potong rambut (dok. Pixabay.com/kaleido-dp/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, potong rambut masuk dalam agenda teratur. Namun terkadang, keinginan dapat berubah sesuai keinginan hati, seperti memilih untuk tampil dengan rambut yang lebih panjang misalnya.

Lantas, berapa lama jarak ideal untuk memotong rambut? Salah satu pertimbangan yang perlu diketahui adalah tergantung pada tipe rambut itu sendiri. Rata-rata, rambut tumbuh setengah inci dalam sebulan.

Namun, bagi sebagian orang ada yang rambutnya tumbuh lebih cepat dan ada pula yang lebih lambat. Yuk, simak waktu yang tepat untuk potong rambut seperti dirangkum Fimela dari Bustle berikut ini.

1. Rambut Pendek

Pastikan terlebih dahulu, apakah Anda ingin tetap berambut pendek atau memanjangkannya? Jikan tetap pendek, potong setiap 4--6 minggu sekali. Biasanya, rambut pendek lebih cepat tumbuh dibanding rambut panjang.

Nah, jika Anda mau rambut tumbuh panjang, Anda bisa menunggu 4--6 bulan dari terakhir potong rambut, kemudian lakukan trim pertama. Setelah itu, potong rambut setiap 6--12 minggu sekali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


2. Rambut Sedang--Panjang

Ilustrasi Potong Rambut
Ilustrasi potong rambut (dok. Pixabay.com/Jo_Johnston/Putu Elmira)

Semakin panjang, rambut kian tua dan rapuh. Maka dari itu, Anda perlu potong rambut setiap 6--8 minggu sekali. Jika Anda khawatir rambut lebih pendek dari yang Anda inginkan, potong 8--10 minggu sekali.

3. Rambut Bertekstur

Jika rambut asli Anda bertekstur gelombang atau keriting, potong tiap 3--4 bulan sekali sudah cukup untuk menjaganya. Rambut seperti ini biasanya butuh waktu lebih lama untuk tumbuh.

4. Rambut dengan Styling Permanen

Rambut yang diberi warna, smoothing, dikeriting atau perawatan apa pun dengan obat kimia, cenderung rapuh. Agar tidak rusak, potong bagian ujung rambut setiap 4--8 minggu. (Fitri Andiani/Fimela.com)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya