Mengulik Bagian Dalam Gedung Putih, Ada Bungker yang Tak Muncul di Peta Publik

Ada beragam fasilitas di Gedung Putih yang jadi hunian Presiden Amerika Serikat Joe Biden selama empat tahun ke depan.

oleh Putu Elmira diperbarui 25 Feb 2021, 13:01 WIB
Diterbitkan 25 Feb 2021, 13:01 WIB
AS Kibarkan Bendera Setengah Tiang Usai Kematian COVID-19 Capai 500 Ribu Jiwa
Bendera di Gedung Putih berkibar setengah tiang untuk menghormati 500.000 orang Amerika yang meninggal karena COVID-19, di Washington D.C. Senin (22/2/2021). Hingga berita ini diunggah, virus corona di AS sudah merenggut 500.071 nyawa. (AP Photo/Evan Vucci)

Liputan6.com, Jakarta - Mengemban tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, Joe Biden akan tinggal di Gedung Putih selama empat tahun ke depan. Bangunan ini terletak di 1600 Pennsylvania Avenue di pusat kota Washington, DC, antara Departemen Keuangan AS dan Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower.

Dilansir dari laman Insider, Kamis (25/2/2021), Joe Biden secara resmi pindah ke Gedung Putih pada 20 Januari 2021 bersama istri, Jill Biden, dan dua anjing mereka, Major dan Champ. Gedung Putih terdiri tiga bagian yang terhubung, yakni Sayap Timur, Sayap Barat, dan Kediaman Eksekutif di bagian tengah.

Secara total, Gedung Putih memiliki 132 kamar, 35 kamar mandi, 412 pintu, dan 28 perapian. Gedung Executive Residence berlantai enam adalah yang terbesar di Gedung Putih.

Begini Penampakan Gedung Putih Setelah Direnovasi
Renovasi tangga di teras Portico Selatan Gedung Putih, Washington yang baru saja rampung, Selasa (22/8). Renovasi interior dan eksterior rumah dinas Presiden AS Donald Trump itu memakan biaya hingga Rp 45 miliar. (AP Photo/Carolyn Kaster)

Bangunan tersebut terdiri dari dua tingkat basement, lantai dasar tempat staf gedung bekerja, lantai negara bagian untuk acara dan resepsi, dan dua lantai tempat keluarga preseiden tinggal. Juga, terdapat Blue Room berbentuk oval yang digunakan presiden untuk menerima tamu secara resmi.

Seperti namanya, ruangan ini dihiasi pelapis, tirai, dan karpet biru, nuansa interior yang tak pernah berganti sejak 1837. Di sebelah kiri dan kanannya terdapat dua ruang untuk hiburan.

Sementara, ruangan dengan dinding merah cerah disebut Red Room. Sedangkan ruang tamu lainnya, dengan dinding hijau, disebut Green Room.

Dekorasi Natal di Gedung Putih
Dekorasi Natal di Green Room Gedung Putih, Washington DC, Senin (27/11). First Lady Melania Trump mendekorasi perayaan Natal dengan tema 'Time-Honored Traditions' yang mencerminkan tradisi liburan 200 tahun di Gedung Putih. (SAUL LOEB / AFP)

East Room adalah ruangan terbesar di Executive Residence yang digunakan untuk pidato, upacara, menggelar konser, resepsi, dan tarian. Ruang Makan Negara adalah tempat makan resmi, termasuk makan malam negara bagian. Ruangan ini bisa menampung sebanyak 140 tamu.

Lincoln Bedroom di Gedung Putih, berisi perabotan dari era Abraham Lincoln, adalah salah satu dari beberapa ruang tamu pribadi yang disediakan untuk keluarga di dua lantai teratas Executive Residence. Ruang Oval Kuning, terletak di atas Ruang Biru, berfungsi sebagai ruang tamu formal keluarga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Ruang Rekreasi hingga Oval Office

Hari Pertama Joe Biden Jadi Presiden AS
Presiden Joe Biden saat berada pertamanya di Ruang Oval, Gedung Putih di Washington, Rabu (20/1/2021). Pada hari pertamanya menjabat, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani sejumlah tindakan eksekutif di Gedung Putih. (AP Photo/Evan Vucci)

Di lantai paling atas adalah solarium, yang dijuluki "ruang tamu langit" oleh mantan Ibu Negara Grace Coolidge. Kamar ini memiliki jendela besar yang membuka ke arah balkon pribadi.

Di seluruh rumah, ada beberapa ruangan untuk rekreasi. Di bawah Portico Utara di ruang bawah tanah Executive Residence terdapat arena bowling satu jalur dan ruang bioskop membentang hampir sepanjang East Colonnade.

Di sini, presiden dan keluarga dapat menonton film apa pun yang mereka inginkan, kapan saja, bahkan sebelum tayang di bioskop. Sayap Timur adalah rumah bagi staf kantor sekretaris pribadi Gedung Putih, ibu negara, dan karyawannya masing-masing.

Meski tidak dikenali di peta publik Gedung Putih, ada bunker di bawah Sayap Timur, tempat para pejabat Gedung Putih berlindung selama 9/11. Bunker kedua terletak di bawah Lawn Utara.

Ivanka Trump
Ivanka Trump tiba menghadiri konferensi pers pertemuan antara PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden AS Donald Trump di Rose Garden, Gedung Putih, Washington (7/6). Ivanka tampil cantik mengenakan gaun Oscar de la Renta seharga $ 2.390. (AFP Photo/Mandel Ngan)

Sayap Barat adalah tempat staf presiden bekerja. Properti ini berisi beberapa ruangan paling terkenal di Gedung Putih, di antaranya adalah Oval Office. Ini adalah ruang kerja formal presiden, tempat ia bertemu atau menerima telepon dari kepala negara, diplomat, dan stafnya.

Oval Office adalah rumah bagi resolute desk yang berasal dari tahun 1800-an dan beratnya lebih dari 453 kilogram (km). Ada juga beberapa lukisan, patung, dan dekorasi lain. Presiden mendekorasi kantor sesuai selera mereka.

Tepat di luar Oval Office adalah Taman Mawar yang digunakan untuk upacara khusus dan menyambut tamu terhormat. Ruang Kabinet adalah tempat presiden bertemu para menterinya.

Begini Penampakan Gedung Putih Setelah Direnovasi
Ruang Roosevelt Gedung Putih yang baru direnovasi di Washington, Selasa (22/8). Renovasi interior dan eksterior rumah dinas Presiden AS Donald Trump itu memakan biaya hingga Rp 45 miliar. (AP Photo/Carolyn Kaster)

Di ruang bawah tanah terdapat Situation Room, kompleks seluas 464 meter persegi tempat presiden menerima dukungan intelijen dan krisis yang dijalankan staf dari Dewan Keamanan Nasional. Beberapa kamar di atasnya, Angkatan Laut AS mengoperasikan restoran yang dikenal sebagai Navy Mess dan Ward Room.

Salah satu ruang di Sayap Barat yang paling banyak difoto adalah Ruang Pengarahan Pers James S. Brady tempat sekretaris pers Gedung Putih memberi keterangan pada para wartawan. Ruang Roosevelt sering digunakan untuk mengumumkan janji temu dan nominasi anggota staf baru.

Ruang ini menampilkan lukisan Theodore dan Franklin D. Roosevelt. Kantor wakil presiden juga terletak di Sayap Barat. Seperti Oval Office, ini terdiri dari meja dan area tempat duduk.


Pelantikan Presiden AS Joe Biden & Wapres Kamala Harris.

Infografis Pelantikan Presiden AS Joe Biden & Wapres Kamala Harris. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pelantikan Presiden AS Joe Biden & Wapres Kamala Harris. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya