Teknologi Makin Canggih, Ini 7 Gadget Lengkapi Rumah Pintar Anda

Seiring perkembangan zaman, muncul banyak penemuan teknologi yang cukup mengagumkan untuk mewujudkan rumah pintar atau smart home.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 24 Mar 2021, 20:54 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2021, 20:41 WIB
Perangkat Smart Home Berbasis AI. Dok: Bosman
Perangkat Smart Home Berbasis AI. Dok: Bosman

Liputan6.com, Jakarta Seiring perkembangan zaman, muncul banyak penemuan teknologi yang cukup mengagumkan dan sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari, termasuk untuk mewujudkan rumah pintar atau smart home.

Pada dasarnya smart home adalah istilah untuk rumah atau bangunan dilengkapi dengan perangkat berteknologi canggih yang memungkinkan seluruh perlengkapan dan peralatan terhubung dengan sebuah sistem dan bisa dikendalikan dari jarak jauh atau remote. Salah satunya kendali melalui smartphone.

Pertumbuhan pasar smart home terus meningkat, membuat banyak perusahaan yang mengembangkan teknologi baru untuk dipakai di rumah. Beberapa ini contoh peralatan canggih untuk lengkapi rumah pintar Anda.

1. Smart Door Locks

Kunci pintu pintar memungkinkan Anda mengunci dan membuka kunci pintu dengan menggunakan smartphone, kunci khusus, atau biometrik. Pintu tanpa kunci ini akan membuat para pencuri kesulitan untuk membobolnya. Sehingga membuat rumah Anda jauh lebih aman. Anda bahkan dapat menggunakan aplikasi khusus untuk mengizinkan orang masuk ke rumah Anda jika Anda tidak ada di sana untuk menyambut mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kamera Pintar

Bardi IP Cam Outdoor Static.
Bardi IP Cam Outdoor Static.

2. Smart Indoor/Outdoo Camera

Ini adalah keamanan rumah terbaru, yang tersambung ke Wi-Fi di rumah Anda. Anda dapat menggunakan smartphone untuk memantau apa yang terjadi di rumah setiap saat, di mana pun Anda berada. Termasuk adanya fitur sensor gerak, audio dua arah, dan opsi perekaman yang berbeda.

3. Smart Wall Socket

Soket pintar yang bisa dimati atau nyalakn melalui aplikasi. Dengaan soket ini, segala perangkat dengan daya listrik 220v dapat diputus sambung arus sesuai keinginan dari smartphone. Jika ada soket maka ada juga saklar. Light Wallswitch, saklar pintar yang bisa mati atau nyalakan melalui aplikasi di smartphone maupun sentuhan langsung.


Lampu Pintar

BARDI Smart Home Showroom
Smart Home Showroom.

4. Smart Lighting

Kontrol pencahayaan rumah Anda dari perangkat smartphone. Ini sangat bagus jika Anda keluar dan ingin memastikan ada beberapa lampu yang menyala. Teknologi ini dirancang agar hemat energi, Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak untuk tagihan energi bulanan Anda. Menariknya lagi, Anda bisa berganti-ganti warna lampu sesuai mood atau keinginan. Anda bisa menemukan lampu seperti itu dari Brand Smart Home Indonesia.

5. Smart Wake Up Light

Alat pintar ini dapat membantu Anda yang mengalami kesulitan bangun di pagi hari. Dia menyala secara perlahan sampai ke paling terang untuk mencerahkan ruangan. Cahaya ini mensimulasi matahari terbit secara natural dan menyilaukan. Selain itu Smart Wake Up Light juga mengeluarkan nada/bunyi seperti alarm yang dapat di atur mulai dari ringan sampai kencang.


Pemberi Makanan Pintar

6. Fish Feeder

Pemberi makanan pintar untuk peliharaan aquatic Anda dengan dukungan WiFi 2.4GHz dan aplikasi di smartphone, Anda dapat mengatur jadwal pemberian makan hewan kesayangan Anda.

Bentuk dinamis cocok untuk segala jenis aquarium. dengan ukuran tempat makan 165-175ml dan tempat keluar makanan yang dapat di atur, dapat memuat banyak jenis tipe makanan untuk hewan peliharaan anda, dukungan alexa dan google assistance anda dapat memberi perintah suara dalam pemberian makanan dimanapun anda berada.

7. Pet Feeder

Untuk ikan saja ada, apalagi bagi anjing dan kucing. Namanya adalah Pet Feeder, alat canggih yang dapat mempermudah Anda yang memelihara anjing maupun kucing dalam hal pemberian makan.

Dengan kamera untuk memantau hewan peliharaan anda, dilengkapi juga dengan speaker (push to talk) system 2 arah dengan sangat mudah anda dapat memantau, melihat dan memanggil hewan peliharaan anda.

Disertai juga timer yang dapat diatur waktu untuk pemberian makanan serta sensor gerak yang dapat memberi notifikasi bahwa hewan peliharaan bergerak mendekat untuk makan, anda dapat dengan mudah memantau kondisi hewan peliharaan walau anda tidak berada di lokasi, pengawasan penuh 24 jam ditangan anda dan membuat kenyamanan lebih untuk anda.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya