Intip, 10 Gaya Jam Tangan Pria yang Harus Anda Tahu

Tertarik membeli jam tangan pria, tapi tidak tahu harus memulai dari mana? Mungkin Anda bukan satu-satunya orang yang memiliki pemikiran demikian. Soalnya, ada banyak sekali jenis dan gaya jam tangan pria yang ada di pasaran.

oleh Reza pada 28 Jan 2022, 16:03 WIB
Diperbarui 02 Nov 2022, 13:44 WIB
Jam Tangan Klasik Bagi Pria dan Wanita Urban Si Pecinta Tantangan
Menginginkan jam tangan dengan desain klasik yang tidak meninggalkan kesan modern? Intip berbagai model arloji dari Cerutti 1881 ini.

Liputan6.com, Jakarta Tertarik membeli jam tangan pria, tapi tidak tahu harus memulai dari mana? Mungkin Anda bukan satu-satunya orang yang memiliki pemikiran demikian. Soalnya, ada banyak sekali jenis dan gaya jam tangan pria yang ada di pasaran. 

Belajar mengenai jam tangan dan berusaha melakukan pembelian yang tepat membutuhkan banyak informasi yang komprehensif untuk dipertimbangkan. Namun, Anda tidak harus terlalu terobsesi mendapatkan jam tangan terbaik yang bisa dimiliki. 

Berikut, 10 gaya jam tangan yang setiap pria wajib tahu. Dari sini, Anda mungkin bisa menentukan jam tangan pria yang mana yang tepat untuk Anda miliki.

Jam Saku

Jam saku identik dengan pria yang memiliki gaya bak bangsawan, berada di status sosial level atas atau bahkan memiliki kesan ningrat. Namun, mengenakan jam saku juga harus didukung dengan gaya busana yang juga berkelas.

Memiliki jam saku juga mengharuskan Anda memiliki aksesoris tambahan, seperti rantai atau tali yang "mengikat" jam saku dengan baju yang dikenakan, yang meminimalkan kemungkinan jam saku terjatuh atau tercuri. Jam saku juga biasanya terbagi dalam dua kelompok, yaitu The Hinged Case dan Open-faced. Jam saku tipe Hinged Case memiliki penutup, yang mengharuskan Anda membukanya dengan menekan tombol untuk bisa melihat waktu, sementara jam saku tipe Open-faced tidak memiliki penutup dan memiliki kaca kristal yang lebih tebal.

Jam Saku Railroad

Jam saku bergaya railroad sempat menjadi tren dan masih menjadi ikon tersendiri di Amerika. Jam saku ini banyak digunakan oleh mereka yang bergerak di industri kereta api untuk bisa menentukan waktu yang tepat kedatangan dan keberangkatan kereta.

Jam saku ini merupakan jam saku tipe open-faced, dan memiliki akurasi hingga 30 detik per minggu. Tidak hanya itu, jam saku bergaya railroad ini juga memiliki kualitas dalam hal ketahanan pemakaian, yang mana masih bisa beroperasi di temperatur udara nyaris di bawah 0 derajat celcius hingga 38 derajat celcius.

Dress Watch

Jam tangan pria bergaya Dress Watch merupakan jam tangan yang paling sederhana, namun tidak meninggalkan kesan elegan saat digunakan. Jam tangan ini juga didesain secara khusus untuk menunjukkan waktu dan bukan hal lainnya.

Jam tangan pria versi Dress Watch ini layak dilirik adalah casing-nya yang tipis, yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkannya dalam lengan baju dengan mudah. Unsur kesederhanaan juga menonjol pada ukuran jam yang tidak terlalu lebar, rata-rata 4,2cm, warna yang sederhana, mulai dari hitam, putih atau silver, dan bahkan penggunaan angka romawi yang juga menekankan nilai simplisitas. Strap yang digunakan biasanya menggunakan bahan kulit dengan warna gelap.

Jam Tangan Lapangan

Bagi yang sering bergerak di luar ruangan, jam tangan bergaya field watch menjadi yang paling pas untuk dikenakan. Keunggulan dari jam tangan ini adalah ketangguhannya bertahan di segala kondisi.

Jam tangan lapangan biasanya didesain dengan tegas, tahan lama dan mudah dilihat. Bahan strap yang digunakan biasanya adalah dari nilon, canvas atau bahkan kulit. Strap ini biasanya mudah diganti jika memang kondisinya tidak lagi prima. Sementara body jam tangan ini biasanya terbuat dari stainless steel, titanium atau PVD, bahan pelindung yang sulit untuk dilepas.

Jam Tangan Penerbang

Jam tangan bergaya penerbang mulai populer di awal tahun 1900an, sama dengan mulai berkembangnya dunia aviasi. Karena awalnya dibuat khusus untuk pilot, jam tangan ini disesuaikan fungsinya untuk membantu para penerbang mengetahui waktu dan memiliki sejumlah kemudahan lain.

Uniknya,  dari jam tangan ini adalah fitur warna kontras yang mencolok pada angka untuk mempermudah pilot mengetahui waktu saat melakukan penerbangan. Fitur lain yang "biasanya" terdapat di jam tangan tipe ini adalah Whiz Wheels, alat yang bisa membantu pilot memperhitungkan waktu, bahan bakar dan jarak tempuh.

Jam Tangan Selam

Jam tangan ini memang diperuntukkan bagi mereka yang doyan berenang dan menyelam. Keunggulannya tentu saja ada pada kemampuan jam tersebut tahan terhadap tekanan dan terus beroperasi meski berada di bawah air.

Bahan yang digunakan untuk jam tangan selam biasanya adalah stainless steel, karena kualitasnya yang baik mengatasi tekanan di kedalaman dan korosi karena air garam. Bentuk jam biasanya juga lebih besar dari jam tangan lain pada umumnya. Fitur lain yang dimiliki adalah mudah dilihat karena menampilkan angka penunjuk dalam ukuran besar dan warna yang mencolok.

Jam Tangan Racing

Salah satu jam tangan yang terlihat mencolok adalah jam tangan balap. Biasanya memiliki warna yang cerah, jam tangan tipe ini biasanya memiliki banyak opsi strap yang bisa diganti.

Fitur yang dimiliki biasanya adalah chronograph, yang berfungsi layaknya stopwatch, dan tachymeter, yang bisa mengkalkulasi kecepatan apapun yang bergerak. Saat ini, jam tangan bergaya racing menggunakan strap dari kulit atau karet.

Jam Tangan Digital

Bisa jadi jam tangan ini menjadi yang paling populer di era terbuka saat ini. Penunjuk waktu biasanya ditampilkan melalui lampu LED dalam layar LCD.

Jam tangan digital juga identik menunjukkan waktu dalam bentuk digit. Fitur lain yang lumrahnya dimiliki jam tangan ini adalah kemampuan berpendar di kegelapan. Jam tangan digital juga banyak dijual dengan harga yang relatif murah, tergantung pada kualitas yang ditawarkan tentunya.

Jam Tangan Pintar

Selain jam tangan digital, jam tangan pintar atau smartwatch juga menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Mengedepankan teknologi dan kemudahan serta beragam fitur yang ditawarkan, lumrah jika smartwatch banyak diburu oleh generasi milenial dan setelahnya yang lebih melek teknologi terbaru.

Smartwatch memiliki banyak fitur, mulai dari teknologi terbaru seperti memiliki bluetooth, atau bahkan WiFi yang bisa tersambung di perangkat smartphone atau komputer, memiliki kemampuan terbatas sebagai telepon seluler, memiliki layar LCD atau OLED dan memiliki bahan yang bervariasi, tergantung pada produsennya.

Jam Tangan Fesyen

Bagi yang mengikuti tren fesyen terbaru, jam tangan ini bisa menjadi pilihan. Fitur-fitur yang dimiliki biasanya disesuaikan dengan keinginan penggunanya. Biasanya, jam tangan fesyen ini mengkombinasikan antara warna yang menarik dan fitur.

Jadi, jam tangan pria mana yang sesuai untuk Anda? Apabila Anda telah menentukan jam tangan pilihan Anda, jangan lupa untuk membeli jam tangan pria melalui marketplace pilihan.

(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya