Upgrade Skills Komunikasi Karyawan Milenial dari Putra Perkasa Abadi bersama Telkom University

Workshop membahas tentang bagaimana proses komunikasi yang baik untuk membangun hubungan antara berbagai pihak.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jul 2022, 20:09 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2022, 01:08 WIB
Upgrade Skills Komunikasi Karyawan Milenial dari Putra Perkasa Abadi bersama Telkom University
Upgrade Skills Komunikasi Karyawan Milenial dari Putra Perkasa Abadi bersama Telkom University.  foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Workshop dengan tema Strategic Communication, Lobby And Negotiation dilaksanakan pada 3 Juli 2022 merupakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat Universitas Telkom atau Telkom University Bermitra dengan PT Putra Perkasa Abadi.

“Salah satu skills penting namun terkadang dilupakan dalam dunia kerja adalah komunikasi. Kemampuan komunikasi yang baik akan bermanfaat dalam 2 hal, yaitu meningkatnya efektivitas kerja dan menghindari mispersepsi yang memunculkan miskomunikasi bahkan dapat menimbulkan konflik” terang Adri Thanada selaku Stakeholders Relation Putra Perkasa Abadi.

“Sedangkan Negosiasi dibutuhkan ketika melakukan komunikasi dengan berbagai pihak khususnya eksternal. Manfaatnya adalah memahami serta mendengar keinginan pihak lain sehingga dapat menyampaikan pesan yang tepat untuk mencapai sebuah kesepakatan” tambah Adri Thanada memaparkan materi terkait negosiasi.

"Untuk penerapan negosiasi dibutuhkan dialog antara steakholder untuk menjalin relasi didasari atas saling memahami dan saling percaya" ujar Razie Razak, Dosen Digital Public Relations Universitas Telkom

Workshop ini juga menghadirkan pemateri dari Dosen Digital Public Relations Telkom University, yaitu Razie Razak, S.Sos., M.I.Kom., CIQar, yang menyampaikan paparan terkait Dialog Communication Public Relations Perspektif.

Acara tersebut membahas tentang bagaimana proses komunikasi yang baik untuk membangun hubungan antara berbagai pihak, dalam hal ini implementasinya dapat dilakukan secara individu hingga korporasi. Karena pada prinsipnya semua membutuhkan cara yang tepat untuk menjalin hubungan sehingga terjadi keberlanjutan yang diharapkan bersama..

Sementara pemateri kedua, Moch Armien Syifaa Sutarjo, S.S, M.I.Kom., CPS. menjelaskan topik Be an authentic public speaker. Pembicara berhasil menjelaskan dengan gamblang berbagai alasan pentingnya kemampuan public speaking dengan cara yang tepat, mulai dari mengenal karakter diri sendiri kemudian mewujudkan dalam teknik sederhana tapi dapat membuat sebuah gagasan tersampaikan lebih efektif.

Skill ini sangat bermanfaat untuk semua kalangan mulai dari mahasiswa hingga korporasi yang berhubungan dengan stakeholder yang beragam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengelola Komunikasi

Kolaborasi PT Putra Perkasa Abadi bersama Telkom University
Kolaborasi PT Putra Perkasa Abadi bersama Telkom University.  foto: istimewa

Kegiatan diselingi dengan sesi tanya jawab dari peserta yang hadir hybrid, beberapa pertanyaan menarik diantaranya bagaimana cara PPA mengelola komunikasi terkait pembukaan site project.

Adri Thanada menjelaskan bahwa pentingnya mengenal stakeholder, mendengar kemudian memahami sebelum memutuskan metode komunikasi yang digunakan. Pihak PPA juga menjalankan cara jemput bola dalam menyerap aspirasi sehingga tidak menimbulkan sumbatan yang dapat menjadi bola salju atau masalah kecil yang menjadi besar.

Ketua panitia kegiatan Razie Razak, ikut menambahkan bahwa Public Relation yang sukses adalah PR yang mampu meminimalisir terjadinya krisis komunikasi yang disebabkan hubungan yang tidak terjalin dengan baik. Untuk itu dasar serta teori sangat dibutuhkan karena peneliti memiliki tugas menampung berbagai fenomena di masyarakat kemudian dibakukan agar dapat bermanfaat bagi semua kalangan.

Peserta workshop mengikuti kegiatan hingga selesai dan mendapatkan banyak insight, tidak hanya pengetahuan namun juga informasi aktual terhadap aplikasi Public Relation pada perusahaan khususnya PPA. Bahkan secara khusus PPA memberikan apresiasi terhadap Telkom University karena membantu dalam menjalankan strategi PR yang mungkin selama ini belum digarap secara optimal.

Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP
Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya