Pemicu Bunuh Diri, Eks Pacar Mendiang Goo Hara Diperintah Bayar Ganti Rugi Senilai Rp839 Juta

Goo Hara ditemukan tewas bunuh diri di rumahnya di kawasan Cheongdam, Seoul, Minggu, 24 November 2019.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 13 Okt 2022, 09:02 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 09:02 WIB
Goo Hara (Chung Sung-Jun/Pool Photo via AP)
Goo Hara (Chung Sung-Jun/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Kematian idol K-Pop Goo Hara sudah lewat tiga tahun. Namun, eksesnya masih panjang. Kabar terbaru menyebutkan bahwa pengadilan memerintahkan mantan pacar mendiang aktris itu untuk membayar ganti rugi kepada keluarga yang berduka.

Choi Jong Bum diyakini bertanggung jawab atas tindakan bunuh diri Hara. Dikutip dari AllKPop, Kamis (13/10/2022), menurut kalangan hukum, hakim Park Min dari departemen urusan sipil independen ke-9 dari Pengadilan Distrik Utara Seoul memerintahkan Jong Bum membayar ganti rugi senilai 78 juta won atau sekitar Rp 839 juta kepada keluarga Hara, pada 12 Oktober 2022.

Choi Jong Bum sebelumnya dijatuhi hukuman satu tahun penjara oleh Mahkamah Agung pada Oktober 2020 atas tuduhan menyerang dan mengancam mendiang Hara. Jaksa selanjutnya mendakwa pria itu karena mengancam akan menyebarkan rekaman pribadi Hara ke publik, karena mengancam Hara serta mantan perwakilan agensinya untuk meminta maaf, karena merusak properti Hara, dan juga karena melanggar undang-undang pelecehan/pelecehan seksual digital setelah polisi menemukan foto mendiang Hara yang diambil tanpa persetujuannya. Terkaiy poin terakhir, hakim kemudian menyatakan dia tidak bersalah.

Dalam sidang terakhir, pengadilan memutuskan bahwa tindakan ilegal Choi Jong Bum, seperti penyerangan dan ancaman, menyebabkan rasa sakit psikologis yang hebat pada Hara, memaksanya membuat pilihan yang ekstrem. Pengadilan menyatakan, "Tuan Choi mengancam Nona Goo dengan mengatakan dia akan merilis video seksual yang telah dia rekam sehingga dia tidak dapat melanjutkan aktivitasnya di industri hiburan, membuatnya malu melalui rekaman seks."

Pengadilan menjelaskan bahwa ancaman Choi Jong Bum pasti telah menyebabkan penderitaan mental pada mendiang Goo Hara. Menurut pengadilan, Hara kehilangan harapan dan motivasi atas masa depannya meski meraih sejumlah kesuksesan karena ia memulai pekerjaannya sebagai selebritas di usia muda.


Sebabkan Sakit Psikologis

Goo Hara (Instagram/ koohara__)
Goo Hara (Instagram/ koohara__)

Hakim juga menyebut Choi Jong Bum menyadari bahwa Goo Hara akan membuat pilihan ekstrem, tetapi ia terus mengancam sang idol. Karena itu, hakim pengadilan memutuskan, "Melihat tindakan Choi Jong Bum yang menyebabkan Goo Hara memilih pilihan ekstrem, dia juga menyebabkan sakit psikologis kepada keluarga Nona Goo."

Keluarga pun memberi tanggapan terkait vonis pengadilan terhadap mantan kekasih Goo Hara. Pada 12 Oktober 2022, Noh Jong Eon, seorang pengacara di firma hukum S yang mewakili keluarga Goo Hara mengatakan kepada Xports News, "Pengadilan telah mengeluarkan keputusan bahwa Choi Jong Bum, mantan kekasih Goo Hara, harus membayar jumlah maksimum tunjangan untuk kerusakan mental yang biasanya diakui oleh pengadilan."

Dia menambahkan, "Itu adalah vonis yang mengecewakan mengingat keterkejutan mental dan rasa sakit dari keluarga yang ditinggalkan ketika darah daging mereka meninggal. Namun, juga benar bahwa tingkat tunjangan tertinggi diakui."

Pengacara itu mengatakan hakim telah memberi keputusan paling bijak berdasarkan kondisi terkini. Namun, ia berharap standarnya akan ditingkatkan dalam jangka panjang bila situasi serupa terulang.

 


Minta Publik Hati-Hati

Goo Hara (Instagram/ koohara__)
Goo Hara (Instagram/ koohara__)

Meski begitu, ia juga meminta publik untuk berhati-hati mengomentari keluarga yang berduka seusai keputusan tersebut. "Simpan kata-katamu. Tidak ada yang bisa membandingkan kesedihan kehilangan anggota keluarga dengan uang," ucapnya.

Keluarga Hara sebelumnya mengajukan gugatan ganti rugi kepada Choi Jong Bum senilai 100 juta won. Ia dianggap bertanggung jawab atas sakit mental dan meninggal karena ancaman dan paksaan Choi Jong Bum. 

Sebelumnya, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, aktris sekaligus penyanyi, Hara ditemukan meninggal di rumahnya di kawasan Cheongdam, Seoul, Minggu, 24 November 2019, sekitar pukul 6 sore waktu setempat. Melansir dari situs Soompi, petugas dari Kantor Polisi Gangnam kemudian menginvestigasi kematian mantan anggota girl band KARA ini.

Goo Hara memulai debutnya sebagai anggota KARA pada 2008. Tak hanya di Korea Selatan, artis kelahiran 1991 ini juga aktif berkarier di Jepang.

Selain menjadi penyanyi, dia juga sempat membintangi salah satu serial terkenal di 2011, City Hunter. Dia juga dikenal sebagai sahabat baik Sulli yang meninggal pada 14 Oktober 2019 lalu dengan cara bunuh diri karena mengalami depresi.


Kontak Bantuan

Goo Hara
Kasus kekerasan yang dikabarkan dilakukan Goo Hara masih berlanjut, terkuak sebuah fakta baru. (Soompi)

Sebelum meninggal, Goo Hara sempat membuat unggahan. Dalam unggahan tersebut, dia tampak sedang berada di atas tempat tidur. Bibirnya menyunggingkan senyum simpul ke arah kamera.

"Selamat malam," tulis pelantun lagu Mister itu sebagai keterangan foto.

Dalam unggahan ini Goo Hara memang tengah berpamitan untuk tidur. Namun siapa sangka, unggahan ini juga merupakan salam terakhir Goo Hara kepada publik.

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya