Top 3 Berita Hari Ini: Pameran Buku Internasional Digelar di Jakarta, Siapkan Zona Kalap dan Undang Penulis Korea

Top 3 Berita Hari Ini, pameran buku internasional digelar di Jakarta, Jennifer Aniston ingin punya anak dan kodok beracun di AS.

oleh Henry diperbarui 10 Nov 2022, 22:22 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2022, 22:06 WIB
Indonesia International Book Fair dibuka Kembali Tahun Ini
Ilustrasi pameran buku. (dok. Pixabay/Ahmad Ardity)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Indonesia International Book Fair (IIBF) 2022 digelar Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) secara luring di JCC, Jakarta. Acara ini mengemban misi untuk membangkitkan kembali minat baca di Indonesia.

"Kita percaya minat baca ujungnya pada literasi," ujar Arys Hilman, Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).  Menurut Arys, literasi adalah kemampuan masyarakat untuk memahami informasi secara kritis sehingga informasi yang bermanfaat saja yang diserap oleh masyarakat. Informasi tersebut dapat berguna untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

"Dengan membaca, maka kita terbukti literasinya bagus," ujar Arys. Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang Jennifer Aniston yang untuk pertama kalinya berbicara tentang perjuangan kesuburannya dan upaya IVF atau bayi tabung untuk bisa memiliki anak.

Jennifer mengatakan secara blak-blakan bahwa ia mengalami kesulitan ketika mencoba untuk hamil  "Saya melemparkan segalanya ke sana. Saya akan memberikan apa pun jika seseorang berkata kepada saya, 'Bekukan telur Anda. Bantulah diri Anda sendiri.’ Jadi di sinilah saya hari ini," Jennifer mengenang.

Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah tentang National Park Service (NPS) meminta orang-orang untuk berhenti menjilati kodok Gurun Sonora yang diketahui mengeluarkan racun kuat. Menurut NPS, kodok itu memiliki kelenjar parotoid di belakang setiap mata dan beberapa kutil besar di kaki belakangnya.

Ketika merasa terganggu, hewan itu mengeluarkan racun sebagai pertahanan. NPS memperingatkan racun ini dapat membuat manusia sakit jika mereka memegang katak atau memasukkan racun ke dalam mulut mereka. Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

Pameran Buku Internasional Digelar di Jakarta, Siapkan Zona Kalap dan Undang Penulis Korea

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Indonesia International Book Fair dibuka Kembali Tahun Ini
Arys Hilman, Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dalam wawancara daring bersama Liputan6.com via Google Meet. (dok. Liputan6.com/Gabriella Ajeng Larasati).

Indonesia International Book Fair (IIBF) 2022 digelar Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) secara luring di JCC, Jakarta. Acara ini mengemban misi untuk membangkitkan kembali minat baca di Indonesia.

"Kita percaya minat baca ujungnya pada literasi," ujar Arys Hilman, Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI)," kepada Liputan6.com, Selasa, 8 November 2022.

Selanjutnya…

Jennifer Aniston Buka-bukaan Soal Ketidaksuburan dan Perjuangan Punya Anak

Jennifer Aniston
Jennifer Aniston (Rich Fury / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Jennifer Aniston untuk pertama kalinya berbicara tentang perjuangan kesuburannya dan upaya IVF atau bayi tabung untuk bisa memiliki anak. Alumni serial "Friends" itu mengungkapkan ceritanya dalam cover story Allure Desember 2022 yang diterbitkan Rabu, 9 November 2022.

Jennifer mengatakan secara blak-blakan bahwa ia mengalami kesulitan ketika mencoba untuk hamil. "Jika bukan karena melalui itu, saya tidak akan pernah menjadi diri saya yang seharusnya. Itu sebabnya saya sangat berterima kasih untuk semua hal-hal buruk itu," katanya dikutip dari Page Six, Kamis (10/11/2022).

Selanjutnya… 

Larangan Jilati Kodok Beracun di Taman Nasional Amerika Serikat

Larangan Jilati Kodok Beracun di Taman Nasional Amerika Serikat
Kodok Gurun Sonora di Monumen Nasional Organ Pipe Cactus di Arizona. (dok. Facebook National Park Service)

National Park Service (NPS) meminta orang-orang untuk berhenti menjilati kodok Gurun Sonora yang diketahui mengeluarkan racun kuat. Kodok yang juga dikenal sebagai kodok Sungai Colorado itu merupakan salah satu kodok terbesar asli Amerika Utara.

Menurut NPS, kodok itu memiliki kelenjar parotoid di belakang setiap mata dan beberapa kutil besar di kaki belakangnya. Ketika merasa terganggu, hewan itu mengeluarkan racun sebagai pertahanan.

Selanjutnya…

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah
Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya