Ada Blockchain Engineer, Ini 5 Pekerjaan yang Dibutuhkan Dunia Kerja di Tahun 2023!

Seiring berkembangnya tren dunia kerja, setiap orang dituntut untuk mengeluarkan segala potensi yang dimilikinya.

oleh Fachri pada 01 Mar 2023, 18:55 WIB
Diperbarui 01 Mar 2023, 18:53 WIB
Wanita Karier.
Ilustrasi wanita karier. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Seiring berkembangnya tren dunia kerja, setiap orang dituntut untuk mengeluarkan segala potensi yang dimilikinya. Penekanan dunia kerja saat ini bertumpu pada sisi digital dan teknologi. Pasalnya, pasca COVID-19 melanda, digitalisasi menjadi sebuah keharusan untuk survive dan tetap terhubung dengan setiap orang, khususnya klien dalam dunia kerja.

Di tahun 2023 ini, tren dunia kerja mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari hal yang mikro hingga makro, digitalisasi menjadi kunci berjalannya operasional perusahaan. Bahkan, penggunaan Artificial Intelligence (AI) sudah mulai digalakkan. Karena itu, tren dunia kerja mengalami perubahan yang signifikan.

Dilansir dari World Economic Forum, berikut ini merupakan tren dunia kerja yang dibutuhkan diincar oleh calon karyawan pada tahun 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pekerjaan yang Dibutuhkan

Data Scientist.
Ilustrasi seorang data scientist. (Foto: Shutterstock)

1. Data Scientist

Data scientist merupakan pekerjaan dalam bentuk penggabungan ilmu komputer, statistik, dan matematika guna mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan big data yang terstruktur dan tidak terstruktur. 

Singkatnya, pekerjaan ini memiliki tanggung jawab dalam mengumpulkan berbagai data dan informasi. Dalam hierarki kantor, data scientist melakukan pelaporan kerja kepada pemimpin proyek, chief data officer, atau kepala analisis.

2. Data Analyst

Profesi satu ini juga kemungkinan besar sangat dibutuhkan oleh dunia kerja di tahun 2023. Pasalnya, seiring berkembangnya teknologi, setiap perusahaan akan mengambil sebuah keputusan berdasarkan data yang ada. Untuk itulah, data analyst bertanggung jawab dalam menerjemahkan berbagai kumpulan data agar menjadi acuan dalam mengambil keputusan sebuah perusahaan.

3. Software Engineer

Karena teknologi semakin berkembang, peran dari software engineer juga tak bisa dikesampingkan. Profesi satu ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam membuat dan mengembangkan sebuah perangkat lunak di gawai hingga komputer.


Pekerjaan yang Dibutuhkan

Blockchain Engineer.
Ilustrasi blockchain engineer. (Foto: Shutterstock)

4. Blockchain Engineer

Bagi yang belum tahu profesi satu ini, blockchain engineer merupakan pekerjaan yang difokuskan untuk membuat rancangan desain dan arsitektur blockchain. Seorang yang ingin bekerja pada bidang ini harus memiliki keahlian, seperti programming, ripple, dan teknologi bitcoin.

5. AI Engineering

Artificial Intelligence semakin menguasai dunia. Untuk itu, profesi AI Engineering akan semakin dibutuhkan oleh dunia kerja. Tak jarang, perusahaan berlomba-lomba dalam mengintegrasikan operasional perusahaannya dengan AI. Peran AI tidak hanya untuk operasionalisasi perusahaan, akan tetapi bisa juga mengoptimalkan strategi pemasaran hingga memperbaiki pengalaman konsumen.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya