Jelajah Kuliner ke Joo Chiat, Kawasan Wisata dengan Warisan Budaya China Peranakan di Singapura

Kawasan Joo Chiat dengan warisan budaya Cina Peranakannya memiliki segudang kuliner menarik.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 05 Jun 2023, 03:02 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2023, 03:02 WIB
Joo Chiat salah satu kawasan wisata di Singapura
Joo Chiat salah satu kawasan wisata di Singapura. (Dok: Instagram @tishy_ishi)

Liputan6.com, Jakarta - Merlion, HarbourFront hingga Marina Bay Sands merupakan beberapa tempat wisata ikonik Singapura yang menawarkan suasana perkotaan di negeri singa. Sudah sering bolak-balik ke kawasan tersebut dan ingin mencoba suasana baru? Maka Joo Chiat jawabannya.

Ya, Joo Chiat belakangan jadi destinasi yang semakin populer bagi turis di Singapura. Joo Chiat merupakan salah satu kawasan di mana turis akan menemukan budaya Peranakan, makanan lezat, dan barang unik di satu tempat.

Mengutip laman Sassy Mama, Jumat (2/6/2023), kawasan ini merupakan salah satu permata tersembunyi terbaik di Singapura. Joo Chiat pertama kali mendapatkan namanya dari beberapa jalan di sekitarnya yang dinamai dari seorang dermawan dan pemilik perkebunan Chew Joo Chiat.

Suatu saat di awal abad ke-20, komunitas Cina Peranakan bermigrasi ke lingkungan tersebut untuk hidup berdampingan dengan komunitas Melayu, India, dan Tionghoa yang ada. Inilah yang memberi Joo Chiat identitas multi-etnis yang dikenal saat ini.

Joo Chiat sebenarnya perpaduan eklektik dari rumah Peranakan yang penuh warna, masakan lokal dan internasional yang lezat, toko roti populer, dan banyak lagi. Bahkan wisatawan yang menjelajahi tempat ini bisa membawa buah hati karena Joo Chiat kawasan yang ramah anak-anak.

Kuliner di Joo Chiat adalah perpaduan masakan yang lezat, jadi apakah Anda ingin hidangan Italia, Amerika, atau lokal, Anda mungkin akan menemukannya di sini! Berikut adalah beberapa restoran Joo Chiat favorit untuk menikmati makanan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rekomendasi Kuliner di Joo Chiat

233 Banh Mi di Joo Chiat menjual kuliner Vietnam
233 Banh Mi di Joo Chiat menjual kuliner Vietnam. (Dok: Instagram @233bahnmi)

1. 233 Banh Mi

Jika Anda mencari makanan Vietnam di Joo Chiat, 233 Banh Mi menyajikan sandwich yang enak dan minuman yang menyegarkan. Ikuti restoran ini di Joo Chiat di halaman sosialnya untuk mengetahui apa yang spesial di hari Sabtu.

Restoran ini menyajikan Rebusan Daging Sapi Vietnam, Sup Mie Daging Kepiting Vietnam (Banh Canh Cua) dan Sup Mie Kepiting Vietnam (Bun Rieu).

Lokasi: 216 Joo Chiat Road, #01-07, Singapura 427483

2. 328 Katong Laksa

Dianggap sebagai salah satu tempat teratas Singapura untuk laksa, lokasi Pantai Timurnya adalah yang paling terkenal sejak koki selebritas Gordon Ramsay mengunjunginya. Hidangan aromatik diisi dengan kuah pedas berbahan dasar kelapa dan selalu ada porsi mie yang banyak dan bahan-bahan seperti kerang, perkedel ikan, dan udang.

Lokasi: 51 East Coast Road, Singapura 4289770

3. The Awfully Chocolate Bakery & Cafe

Salah satu tempat teratas di Singapura untuk orang yang menyukai cokelat, kafe di Joo Chiat ini berspesialisasi membuat kue cokelat sederhana, dengan beberapa variasi untuk memuaskan selera. Mereka menjual set makanan untuk makan siang.

Lokasi: 131 East Coast Road, Singapura 428816, Telp: (+65) 6345 2190 

 


4. Blue Smoke

Blue Smoke salah satu restoran di Joo Chiat
Blue Smoke salah satu restoran di Joo Chiat. (Dok: Instagram @vincentong2402)

Sebelumnya dikenal sebagai 1925 Brewing Co., restoran di kawasan Joo Chiat ini telah berganti nama menjadi Blue Smoke. Mereka menawarkan menu Asia seperti tiram Hyogo, sosis "Sai Ua" panggang, Sup Labu Kari, dan banyak lagi. 

Lokasi: 261 Joo Chiat Road, Singapura 427515

5. Brotzeit Katong

Terkenal dengan bir Jerman dan masakan Jerman otentiknya, Brotzeit adalah tempat nongkrong yang nyaman dengan suasana yang bersahabat. Restoran ini direkomendasikan untuk mencoba beragam sosisnya. 

Lokasi: 126 East Coast Road, Singapura 428811

6. Braseiro Restaurant

Menginginkan steak yang juicy di Joo Chiat? Restoran Braseiro adalah tempat di mana Anda akan menemukannya. Pelanggan menyukai steak-frites Prancis di sini, menyukai rasanya dan harganya yang terjangkau.

Bahkan ada pilihan untuk memperbesar ukuran steak Anda jika Anda benar-benar lapar. Di restoran ini Anda juga bisa memilih patty daging nabati.

Lokasi: 333 Joo Chiat Road, Singapura 427588. 

7. Joo Chiat Caphe

Ini merupakan restoran Vietnam lainnya di Joo Chiat, memiliki menu perpaduan Banh Mi dengan bahan-bahan segar yang dipasangkan dengan secangkir kopi panas yang dibuat dengan biji kopi Vietnam yang digiling sendiri.

Lokasi: 263 Joo Chiat Road, Singapura 427517 


8. Eng Seng Crab

Eng Seng Crab rekomendasi kuliner di Joo Chiat Singapura
Eng Seng Crab rekomendasi kuliner di Joo Chiat Singapura. (Dok: Instagram @markhowc)

Berspesialisasi dalam kepiting lada hitam, tempat terbuka ini terkenal dengan makanannya yang lezat, antrean panjang, dan layanan bermuka masam dalam ukuran yang sama. Sampai di sana lebih awal untuk mengantri, karena mereka diketahui kehabisan dan tutup lebih awal.lokasi-ikon-1024x1024-1-e1620963611654Eng Seng Crab, 247 Joo Chiat Place, Singapura 427935,

9. The Cheese Shop

Surga keju ini menyimpan berbagai macam keju Eropa bersama dengan kerupuk, selai, dan biskuit kelas atas yang lezat. Di sini terdapat layanan pesan antar dan tidak ada biaya pengiriman untuk pesanan lebih dari 100 dolar Singapura.

Lokasi: The Cheese Shop, 267 Joo Chiat Road, #01-01, Singapura 427521.

10. Dunman Road Food Centre

Jika dibandingkan dengan Old Airport Road Hawker Center raksasa di ujung jalan, Dunman memiliki beberapa kios padat untuk mencari makanan lezat termasuk Ah Eng Wanton Mee, sayap ayam goreng di Jia Hui BBQ (kios 02-21).

Lokasi: Dunman Road Food Centre, 271 Onan Road, Singapura 424768.

 

Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi
Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya