Mengapa Kate Middleton Tidak Membungkuk Hormat pada Raja Charles III dan Ratu Camilla Saat Trooping the Colour 2023?

Beberapa bangsawan terlihat membungkuk hormat setelah prosesi arak-arakan kereta kuda Trooping the Colour 2023, namun tidak Kate Middleton.

oleh Asnida Riani diperbarui 21 Jun 2023, 09:04 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023, 09:04 WIB
Trooping the Colour
(Kiri-Kanan) Pangeran George, Kate Middleton, Pangeran Louis, Pangeran William, Putri Charlotte, Raja Charles III, dan Ratu Inggris Camilla melambai dari balkon Istana Buckingham usai menghadiri Trooping the Colour di London, Inggris pada 17 Juni 2023. (ADRIAN DENNIS/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Kerajaan Inggris tampil dengan kekuatan penuh pada Sabtu, 17 Juni 2023, ketika Raja Charles III mengambil bagian dalam Trooping the Color pertamanya sebagai raja. Beberapa bangsawan terlihat membungkuk hormat setelah prosesi arak-arakan kereta kuda, namun tidak Kate Middleton.

Mengapa demikian? Melansir Hello, Selasa (20/6/2023), Putri Wales tidak membungkuk hormat karena sudah melakukannya secara pribadi ketika bertemu Charles dan Camilla pada Sabtu pagi sebelum Trooping the Colour 2023 dimulai. Tindakan membungkuk hormat disebut tetap jadi inti protokol kerajaan.

Menyapa raja dengan membungkuk merupakan tanda penghormatan mendalam. Kadang-kadang, pengamat kerajaan akan melihat anggota keluarga Kerajaan Inggris membungkuk hormat dan menundukkan kepala di depan umum jika mereka melihat raja untuk pertama kalinya hari itu.

Sebelum ini, istri Pangeran William itu sempat mengejutkan para pengamat kerajaan ketika ia tidak membungkuk hormat pada Ratu Camilla selama upacara penobatan Raja Charles III berlangsung pada 6 Mei 2023. Ini kemudian menimbulkan spekulasi yang mengisyaratkan keretakan antara Kate dan Camilla.

Namun demikian, tidak butuh lama bagi Kate meredakan desas-desus hubungan kurang harmonis ketika ia membungkuk hormat pada Ratu pada hari berikutnya, 7 Mei 2023, sebelum dua bangsawan Inggris itu tertawa bersama, seperti dilansir dari Hello, 23 Mei 2023.

Selama konser penobatan di Kastil Windsor, Kate Middleton tertangkap memberi hormat saat Ratu Camilla melewatinya dalam perjalanan ke tempat duduknya. Putri Charlotte meniru ibunya saat kakeknya berjalan melewati keluarga Wales sebelum konser.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Trooping the Colour 2023

Trooping the Colour 2023
Dari kiri: Ratu Camilla, Kate Middleton, Putri Charlotte, Pangeran Louis, dan Pangeran George meninggalkan Istana Buckingham untuk mengikuti parade Trooping The Color 2023 di London, Inggris, 17 Juni 2023. (AP Photo/Alastair Grant)

Di acara akhir pekan kemarin, sementara Pangeran William menunggang kuda sebagai Kolonel Pengawal Welsh, Kate Middleton berbagi kereta kencana dengan tiga anaknya: Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, serta Ratu Camilla selama Trooping the Colour 2023.

Kendati duduk di samping istri Raja Charles III, penghormatan justru diberikan Kate pada mendiang ibu mertuanya, Putri Diana. Sesuai prediksi, dilansir dari Pop Sugar, 17 Juni 2023, Putri Wales mengenakan ansambel memesona yang akan diingat selama bertahun-tahun mendatang.

Ia memilih setelan hijau rancangan desainer Singapura, Andrew Gn, dengan topi Phillip Treacy yang menampilkan busur dan pinggiran lebar. Penampilan ibu tiga anak ini dilengkapi anting-anting safir dan berlian milik Putri Diana.

Pemilihan aksesori, yang serasi dengan tatanan anggun rambut Kate, disebut sebagai "penghargaan yang tulus untuk mendiang ibu mertuanya." Sepasang anting drop cluster berlian dan safir itu juga dipakainya di Trooping the Colour 2022. Anting-anting itu pun sempat dipakai Kate dalam perjalanan ke Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS) pada November 2022.


Cerminan Peran Baru Kate Middleton

Pangeran George, Louis, Putri Charlotte, Pangeran William, dan Kate Middleton di Trooping The Colour 2023. (Victoria Jones/PA via AP)
Pangeran George, Louis, Putri Charlotte, Pangeran William, dan Kate Middleton di Trooping The Colour 2023. (Victoria Jones/PA via AP)

Bros yang dipakai Kate di Trooping the Colour 2023 merupakan cerminan peran barunya sebagai Pengawal Irlandia. Sebagai Kolonel Pengawal Irlandia, bros itu jadi milik Kate untuk dikenakan pada acara-acara resemi, seperti parade perayaan ulang tahun publik Raja Charles III.

Bros itu sendiri berbentuk shamrock yang terbuat dari emas padat dan sedikit bertekstur dengan pola chevron di masing-masing dari ketiga daunnya. Di tengahnya terdapat sebuah zamrud bercabang tunggal. Bros tersebut memiliki sejarah yang panjang dan mendalam dengan keluarga Kerajaan Inggris.

Aksesori tersebut telah dikenakan Putri Kerajaan, Ibu Suri, dan akhirnya Kate Middleton, semuanya dalam berbagai acara, termasuk Trooping the Colour. Sebelumnya, sejarawan dan komentator kerajaan Mok O'Keeffe berkomentar tentang prediksi busana Trooping the Colour Kate Middleton.

"Putri Wales sudah sangat terbiasa menghadiri Trooping the Colour. Tapi, tahun ini akan jadi sangat penting dan istimewa," katanya pada Express, dilansir dari Marie Claire, 16 Juni 2023.


Sesuai Prediksi

Trooping the Colour 2023
(Dari kiri ke kanan) Putri Anne, Pangeran George, Pangeran Louis, Kate Middleton, Putri Charlotte, dan Pangeran William keluar untuk menonton aksi pesawat Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dari balkon Istana Buckingham setelah menghadiri parade ulang tahun Raja Charles III, Trooping the Colour, di London, Inggris 17 Juni 2023. (Adrian DENNIS/AFP)

"Ini pertama kali terselenggara dengan ayah mertuanya bertitel sebagai Raja dan yang pertama di mana ia akan hadir sebagai Kolonel Pengawal Irlandia," sambung O'Keeffe. "Dulu, peran ini dipegang suaminya, Pangeran William, yang menghadiri acara tersebut dengan seragam militer."

"Putri Wales tidak mungkin mengenakan seragam, karena ia tidak pernah bertugas, tapi pakaiannya akan mencerminkan pentingnya peran barunya," ia menambahkan. O'Keeffe melanjutkan dengan merujuk keterlibatan Kate baru-baru ini dalam agenda Pengawal Irlandia.

Saat itu, ibu tiga anak tersebut mengenakan ansambel biru-hijau ke Parade Hari St. Patrick di Aldershot, Inggris. "Ia sebelumnya mengenakan pakaian hijau dan ini mungkin pilihan yang cocok (untuk busana Trooping the Colour 2023)," pakar itu berhipotesis.

"Ia juga menyukai banyak warna biru akhir-akhir ini. Namun, dalam cuaca panas ini, Kate mungkin memilih warna yang lebih terang," imbuhnya tentang prediksi busana Kate Middleton di Trooping the Colour 2023.

O'Keeffe menyambung, "Kemungkinan besar, busananya tidak akan berwarna menonjol, seperti kuning atau merah muda. karena ia (Kate Middleton) tidak ingin mengalihkan sorotan dari suaminya atau ibu mertuanya Ratu Camilla."

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya