Corn Dog dari Korea Viral di Amerika, Apa yang Bikin Beda?

Berkat popularitas yang meningkat dari budaya Korea seperti K-pop, K-beauty, dan K-food, camilan renyah dan lengket bernama Corn Dog ini sekarang menyebar ke wilayah Midwest dan Selatan di luar pesisir. Corn Dog Korea telah menjadi salah satu tren makanan terbesar pada tahun 2021.

oleh Farel Gerald diperbarui 21 Jul 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2023, 06:30 WIB
Corn Dog
Corn Dog (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Berkat popularitas yang meningkat dari budaya Korea seperti K-pop, K-beauty, dan K-food, camilan renyah dan lengket bernama corn dog ini sekarang menyebar ke wilayah Midwest dan Selatan di luar pesisir. Melansir dari NBC News pada Jumat, 14 Juli 2023, untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-30 di akhir pekan, Mirina Landry, seorang penyanyi dan penulis lagu yang tinggal di Kota Kansas, merasa ingin mencoba pengalaman baru, tetapi tidak memiliki waktu untuk bepergian jauh.

Maka, bersama pasangannya, mereka bepergian berjam-jam dari Topeka ke Overland Park, Kansas, untuk mencicipi corn dog Korea. Corn dog ini terdiri dari daging yang dicelupkan ke dalam adonan atau keju, seringkali ditaburi gula, mi ramen, nasi, atau berbagai topping yang semakin beragam, dan disajikan dengan saus.

"Saya melihat banyak unggahan di media sosial tentang hot dog dengan tambahan mozzarella, dan juga variasi rasa seperti Hot Cheetos dan lain sebagainya. Semuanya terlihat sangat menggoda," kata Landry setelah mengunjungi K-Street Hotdog. Di sana, dia memilih hot dog yang terbuat dari keju mozzarella dan ditaburi dengan kentang goreng.

Corn dog Korea telah menjadi salah satu tren makanan terbesar pada 2021. Orang-orang antre selama satu jam di tempat-tempat terkenal seperti Two Hands atau Oh K-Dog NYC di New York. Didukung oleh popularitas yang semakin meningkat dari budaya Korea "Hallyu" atau gelombang Korea, camilan mudah dibawa yang renyah, lengket, dan fotogenik ini memperoleh popularitas yang besar di kalangan anak-anak muda dan pengunjung yang selalu mencari tren terbaru.


Berbagai Cabang di Kota-Kota Besar

Ilustrasi makanan, corn dog
Ilustrasi makanan, corn dog. (Photo by Andrew Haimerl on Unsplash)

Namun, meskipun euforia mereda di berbagai tempat populer seperti di pantai New York dan Los Angeles, popularitas dan corn dog Korea tetap bertahan bahkan meningkat, dengan waralaba seperti Two Hands dan Hotdog Ssong memperluas kehadiran mereka ke jantung Amerika.

Ratusan gerai dijadwalkan dibuka di Arkansas, Kansas, Texas, dan Missouri, di kota-kota yang tidak terkenal sebagai pusat makanan Asia. Bahkan State Fair Carolina Utara telah menambahkan corn dog Korea ke dalam menu gorengannya, yang menunjukkan popularitas yang berkelanjutan dari makanan Korea dan adopsi cita rasa Korea ke dalam keanekaragaman cita rasa Amerika yang terus berkembang.

Tidak seperti corn dog Amerika yang menggunakan adonan tepung jagung, Corn Dog Korea menggunakan adonan gandum atau tepung beras ketan, yang memberikan tekstur yang lebih kenyal. Corn dog Korea terbuat dari daging hot dog atau stik mozzarella, atau kombinasi dari keduanya, atau bahkan menggunakan kue ikan yang merupakan versi asli Korea.

"Daging olahan seperti sosis dan ham telah dikenal oleh orang Korea di Korea Selatan setelah perang karena kehadiran militer AS, tetapi biasanya digunakan sebagai bahan untuk budae jjigae, hidangan sup tentara. Apa yang disebut 'hot dog' oleh orang Korea sebenarnya adalah corn dog, yang telah menjadi makanan jalanan populer sejak pertengahan 1970-an," ungkap Jooyeon Rhee, seorang profesor dan direktur Penn State Institute for Korean Studies.


Sejarah Corn Dog

Corn dog
Ilustrasi Corn Dog. (Credit: Freepik)

Menurut Rhee, corn dog adalah sesuatu yang berasal dari masa lalu ketika orang Korea belum terpapar dengan makanan Barat, namun kemudian dihidupkan kembali melalui upaya pemasaran yang membangkitkan nostalgia sekitar satu dekade yang lalu.

"Banyak waralaba corn dog muncul dan perusahaan makanan besar sekarang memproduksi dan mengekspor corn dog kemasan ke berbagai negara," tambahnya.

Menurut para veteran dalam industri makanan, meskipun tren dapat menyebar dengan cepat melalui media sosial, corn dog mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tingkat nasional namun memiliki potensi untuk bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

"Di Kansas, situasinya sedikit berbeda, di mana tren cenderung berkembang dengan lebih lambat. Hal-hal seperti itu biasanya terjadi terlebih dahulu di kota-kota besar, bahkan makanan es krim yogurt Korea, yang populer di negara bagian yang lebih besar, kemudian mungkin baru muncul atau menjadi populer di negara bagian yang lebih kecil," ungkap David Ahn, 43 tahun, seorang petugas dari perusahaan yang memiliki K-Street Hotdog.

Kelompok keluarga Ahn telah memiliki sejumlah bisnis di Kansas City, termasuk toko kelontong Korea, toko roti, dan tiga restoran ayam goreng Korea. Mereka mempertimbangkan untuk memperluas penawaran kuliner Korea mereka. Pada 2021, mereka membuka franchise bernama Ssong, yang awalnya sangat sukses dan kemudian mengalami peningkatan popularitas.


Pengaruh K-pop

Megastar K-pop BTS merilis memoar
Buku ini juga diterbitkan dalam 23 bahasa, termasuk versi bahasa Korea. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Robin Rhee, presiden distributor makanan Asia Rhee Bros, telah melihat popularitas makanan Korea meningkat selama dua dekade terakhir, dan ia mengamati bahwa tren makanan etnis di Amerika seringkali mengikuti jalur yang tidak terduga.

"Kami melihat pertumbuhan yang signifikan dalam hot dog Korea dan makanan Korea secara umum di antara kota-kota seperti Sioux City dan Kansas City. Kota-kota ini memiliki populasi mahasiswa yang besar. Imigran Asia seringkali pindah ke wilayah Amerika Tengah untuk mencari pekerjaan, termasuk orang-orang dari China, Kamboja, dan suku Hmong," jelas Rhee.

Sekitar tiga tahun yang lalu, distributor mulai mengimpor corn dog Korea ke Amerika Serikat, yang hampir bersamaan dengan pembukaan gerai waralaba. Fenomena ini mencerminkan peningkatan popularitas makanan Korea.

Pada Sabtu, 8 Juli 2023 yang lalu, Kristy Fitzpatrick, 30 tahun, dan dua temannya dari St. Louis, mengunjungi Kansas City untuk menghadiri konser Taylor Swift dan mereka mampir ke K-Street Hotdog. Kristy dan salah satu temannya telah mencoba corn dog Korea di toko H-Mart setempat di Phoenix, dan pengalaman itu menarik minat teman lainnya.

"Makanannya enak, kami semua menyukainya. Yang kami sesalkan hanya karena tidak ada toko seperti ini di St. Louis," katanya sambil tertawa.

Infografis Benarkah Covid-19 Bisa Menyebar Melalui Makanan? (Liputan6.com/Niman)
Infografis Benarkah Covid-19 Bisa Menyebar Melalui Makanan? (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya