Panduan Bertahan di Keramaian Malam Tahun Baru 2024, Salah Satunya Jaga Area untuk Bernapas

Pemprov DKI Jakarta telah memberikan imbauan ‘'5 Cara ‘Bertahan’ di Keramaian' jelang momen perayaan Tahun Baru 2024.

oleh Henry diperbarui 31 Des 2023, 17:33 WIB
Diterbitkan 31 Des 2023, 17:30 WIB
Warga Padati Car Free Night Jakarta pada Malam Tahun Baru
Warga menikmati car free night saat malam pergantian tahun di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (31/12). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak siang tidak menyurutkan antusias warga menikmati car free night. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai masyarakat di penjuru dunia termasuk warga Jakarta akan merayakan malam tahun baru. Di masing-masing negara pihak pemerintah telah menyiapkan acara menarik untuk warganya dalam menyambut pergantian tahun 2023 menuju 2024.

Di Indonesia, khususnya di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan acara ‘Festival Malam Muda Mudi, Jakarta Kota Global’. Acara akan digelar di sepanjang jalan M.H Thamrin hingga jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat.

Dengan konsep car free night, berbagai keseruan acara bisa dinikmati seperti pertunjukkan panggung hiburan yang diisi oleh sejumlah artis , parade Jakarnaval, Kirana Jakarta, Gemilang Silang Monas sampai Video Mapping.  Acara yang akan digelar mulai pukul 20.00-01.00 WIB ini tentu akan dipadati oleh ribuan atau mungkin hingga ratusan ribu warga untuk menikmati momen pergantian tahun.

Pemprov DKI Jakarta telah memberikan imbauan ‘5 Cara ‘Bertahan’ di Keramaian perayaan Tahun Baru 2024. Berikut panduannya yang dilansir dari akun Twitter (X) resmi Pemprov DKI Jakarta, @DKIJakarta pada Sabtu, 30 Desember 2023.

1. Selalu waspada, jangan panik

Kalau kamu merasa sulit bergerak, cek sekitar dan cari jalan keluar. Ingat, jangan berusaha bergerak melawan arus atau saling dorong

2. Tinggalkan lokasi kalau kerumunan terpantau padat

Bila kerumunan yang bergerak mulai melambat, itu pertanda kepadatan orang meningkat Kalau itu terjadi dan kerumunan semakin padat, ada baiknya untuk meninggalkan lokasi tersebut.

3. Pakai outfit yang nyaman

Fokus nikmati acara tanpa ribet dan selalu jaga barang-barang pribadimu saat acara malam tahun baru. Minimal pakai baju dan sepatu yang nyaman.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Pertahankan area untuk bernapas

Panduan Bertahan di Keramaian Malam Tahun Baru 2024, Salah Satunya Jaga Area untuk Bernapas
Panduan Bertahan di Keramaian Malam Tahun Baru 2024, Salah Satunya Jaga Area untuk Bernapas.  foto: Twitter @DKIJakarta

 

Selalu jaga jarak dan lindungi area dada agar kamu tidak sulit bernapas di tengah keramaian. Kamu bisa manfaatkan tas yang dibawa dan taruh di depan dada

5. Jangan saling dorong, bergerak ikuti arus

Jika terjebak dalam keramaian, bergerak pelan-pelan dan tetap ikuti arus. Situasi akan lebih sulit bila kamu berusaha melawan arus.

 

Di malam perayaan tahun baru 2024 di Jakarta, juga akan ada 11 lokasi panggung yang telah disiapkan Panggung itu ditempatkan mulai dari Monas, Bank Indonesia, Sarinah, Bundaran HI, Depan UOB, ORIX, Sekitar Mid Plaza, Depan MORI Tower, Pintu 7 Senayan, SCBD, dan FX Sudirman. Tak hanya di kawasan tersebut, sebagian warga pun merencanakan datang ke beberapa spot menarik untuk melakukan pesta kembang api atau bakar-bakaran.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perayaan tahun baru. Pemprov DKI telah menentukan aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat perayaan malam tahun baru. Apa saja?

Yang boleh dilakukan :

1. Wajib menggunakan masker dan sudah vaksin lengkap

2. Mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman

3. Membawa sendiri tas ramah lingkungan

4. Tubuh dalam keadaan sehat dan tidak bergejala sakit

5. Menjaga kebersihan venue.

 

 


Yang tidak boleh dilakukan

Persiapan malam tahun baru Bundaran HI
Pemprov DKI Jakarta menggelar perayaan malam tahun baru 2024 di Bundaran HI dengan menampilkan pertunjukan water screen, atraksi drone, dan video mapping. (merdeka.com/Imam Buhori)

1. Membuang sampah sembarangan

2. Membawa senjata dan obat-obatan terlarang

3 Membawa hewan peliharaan

4. Menyerukan ujaran kebencian, rasisme, politik atau kampanye, dan lain-lain

5. Melakukan vandalisme

 

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengimbau warga menggunakan transportasi umum saat berkunjung ke lokasi yang menjadi titik perayaan Tahun Baru 2024 di Jakarta, termasuk kawasan Sudirman-Thamrin.

"Kami mengimbau warga untuk menggunakan angkutan umum saat menuju lokasi-lokasi kegiatan acara. Terkait hal itu, kami telah bersinergi dengan penyelenggara transportasi umum di Jakarta seperti BUMD bidang transportasi agar mobilitas warga lebih mudah," ucap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, dikutip dari Antara Minggu (31/12/2023).

Selain itu, Syafrin mengingatkan warga untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku dan mengikuti arahan petugas yang berjaga di setiap lokasi demi kelancaran dan keselamatan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan rekayasa lalu lintas berupa penutupan ruas jalan di 26 titik dan rute alternatif pengalihan arus lalu lintas, mulai pukul 19.00-01.00 WIB.


Ruas Jalan dan Akses yang Ditutup di Malam Tahun Baru

Panggung hiburan malam muda mudi tahun baru 2024
Acara iPanggung hiburan malam muda mudi tahun baru 2024 mengusung tema ‘Festival Malam Muda Mudi, Jakarta Kota Global’ dengan puncak perayaan digelar di sepanjang Jalan MH Thamrin sampai Jalan Sudirman. (merdeka.com/Imam Buhori)

 

Ruas jalan dan akses menuju ruas jalan yang akan ditutup yakni Jalan Jenderal Sudirman (mulai dari Bundaran Senayan sampai dengan Bundaran HI), Jalan M.H. Thamrin (mulai dari Bundaran HI sampai dengan Bundaran Patung Kuda), Jalan Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat Kupingan Semanggi (Gatot Subroto) sisi Barat, Jalan Bendungan Hilir, Jalan KH. Mas Mansyur, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5, Jalan Kupingan BNI 46, Jalan Kota Bumi dan Jalan Baturaja, Jalan Teluk Betung, dan Jalan Kebon Kacang.

Kemudian, Jalan Sunda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sumenep Tosari, Landmark (Indocement), Jalan Setiabudi, Jalan Prof. Dr. Satrio, Jalan Masjid (Sampoerna), Jalan Garnisun dan Kolong Semanggi, Jalur lambat kupingan Semangggi (Gatot Subroto) sisi Timur, SCBD, Jalan Tulodong Atas 2/Samping CIMB, Simpang Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih dari Arah Barat/ untuk arah timur tutup di Simpang Agus Salim, Jalan K.H Wahid Hasyim, dan Jalan Majapahit.

Lebih lanjut, Syafrin menjelaskan akan ada sejumlah rute layanan bus TransJakarta yang terdampak dan hanya beroperasi sampai pukul 19.00 WIB. Sedangkan, untuk Kereta Commuter Indonesia beroperasi hingga 1 Januari 2024 pukul 02.00 WIB. Begitupun MRT dan LRT Jakarta juga akan beroperasi hingga 1 Januari 2024 pukul 02.00 WIB,

 

Infografis Strategi Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Strategi Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya