Tentara Israel Paksa Warga Palestina Jadi Tameng Hidup Saat Bentrok di Tepi Barat

Pria Palestina yang diketahui bernama Abu Ras itu dipaksa menjadi perisai hidup untuk membawa tentara Israel ke arah jip mereka.

oleh Henry diperbarui 17 Jan 2024, 04:01 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2024, 04:01 WIB
Operasi Militer Israel di Tepi Barat
Tentara Israel terlihat di Balata, sebuah kamp pengungsi Palestina di Nablus, Tepi Barat, Kamis (23/11/2023). Penyerbuan tentara Israel ke wilayah permukiman warga ini menewaskan seorang warga Palestina dan melukai tiga lainnya. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Liputan6.com, Jakarta - Video tentara Israel memaksa seorang pria Palestina menjadi tameng atau perisai hidup dalam bentrokan di Dura, Tepi Barat bagian selatan pada Senin, 15 Januari 2024 ramai beredar di media sosial. Salah satunya diunggah di akun Youtube MIddleEastEye pada Selasa (16/1/2024).

Pria yang diketahui bernama Abu Ras itu dipaksa menjadi tameng untuk membawa tentara ke arah mobil jip mereka. Belum diketahui bagaimana nasib pria itu, apakah masih jadi tawanan atau dilepas oleh tentara Israel.

Dilansir dari CNN, pria Palestina itu digunakan dalam konfrontasi dengan warga setempat, Abu Ras, dijadikan perisai hidup setelah sejumlah tentara Israel melakukan penggeledahan di tokonya.

Saat penggeledahan toko, Abu Ras ditarik ke tengah kerumunan dan dijadikan perisai oleh pasukan Israel. Bentrokan berlanjut dengan tiga warga Palestina dilaporkan tewas dalam dua insiden terpisah. Saksi mata melaporkan bahwa pemuda Palestina merespons dengan melempar batu, yang kemudian dibalas oleh tentara Israel dengan tembakan.

Situasi tegang di wilayah tersebut menyoroti eskalasi ketegangan yang terus berlanjut antara penduduk Palestina dan pasukan keamanan Israel. Kejadian ini menambah daftar insiden konflik yang mengakibatkan korban jiwa di kawasan tersebut.

Pada pekan lalu, polisi Israel mengakui petugasnya menembak seorang anak perempuan Palestina berusia tiga tahun sampai tewas di Tepi Barat. Menurut pernyataan polisi dan rekaman yang dibagikan, seorang pengemudi van berbelok ke arah petugas di sebuah pos pemeriksaan antara Yerusalem dan Ramallah, Palestina sehingga mendorong mereka untuk melepaskan tembakan.

Akibat penembakan, seorang bocah perempuan yang berada di kendaraan lain di pos pemeriksaan terluka, kata polisi, dikutip dari laman Al Arabiya, Senin (8/1/2024)., mengutip kanal Global Liputan6.com. Badan medis darurat Israel Magen David Adom mengatakan, seorang anak perempuan berusia tiga tahun “dinyatakan meninggal” setelah pemeriksaan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Polisi Israel Tembak Anak Perempuan 3 Tahun

Tentara Israel Paksa Warga Palestina Jadi Tameng Hidup Saat Bentrok di Tepi Barat
Tentara Israel Paksa Warga Palestina Jadi Tameng Hidup Saat Bentrok di Tepi Barat. foto; Youtube MiddleEastEye

Polisi mengatakan bahwa para tersangka penyerang juga telah ditembak, tapi kondisi mereka belum jelas. Rekaman dari kamera keamanan yang dirilis oleh polisi menunjukkan sebuah van melewati pos pemeriksaan di Bidu, dan sebuah van yang lebih kecil segera menyusul, menabrak petugas dan melarikan diri.

Polisi terlihat melepaskan tembakan ke arah kedua kendaraan. Dalam sebuah pernyataan, polisi mengatakan “para teroris telah dilumpuhkan” selama insiden tersebut tetapi “pemeriksaan awal” menunjukkan bahwa kendaraan yang membawa anak tersebut juga terkena dampaknya.

Mereka menambahkan bahwa penyelidikan menyeluruh akan dilakukan. Organisasi medis Israel mengatakan bahwa gadis berusia tiga tahun itu kemudian dibawa ke tim mereka di tempat kejadian. "Setelah pemeriksaan medis, dia dinyatakan meninggal," kata sebuah pernyataan.

Pada Desember lalu, rekaman online yang beredar menunjukkan tentara Israel menyanyikan doa-doa Yahudi melalui pengeras suara di sebuah masjid di Jenin, Tepi Barat yang diduduki. Klip itu menimbulkan kemarahan di jagat maya, dengan tuduhan militer negara itu melecehkan Islam.

 


IDF Mengutuk Perilaku Tentara Israel

Kota Gaza Hancur
Orang-orang berdiri di antara puing-puing masjid yang hancur selama serangan udara Israel, di Kota Gaza pada 9 Oktober 2023. (Mahmud HAMS/AFP)

Sebagai respons, mengutip BBC, Jumat, 15 Desember 2023, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengaku mengutuk perilaku beberapa tentaranya yang terekam bernyanyi dan berdoa melalui mikrofon di sebuah masjid di Jenin di Tepi Barat yang diduduki.

Hal ini terjadi saat operasi melawan militan di kota tersebut, yang sejauh ini telah menewaskan 11 warga Palestina, kata Kementerian Kesehatan Palestina. IDF mengatakan para prajurit akan "didisiplinkan sebagaimana mestinya."

Di salah satu rekaman, sebuah lagu tentang mengusir kegelapan yang terkait festival Hanukkah Yahudi terdengar dinyanyikan dalam bahasa Ibrani melalui pengeras suara masjid. Orang yang merekam tertawa dan ikut menyanyikan lagu tersebut.

Klip lain menunjukkan tentara berseragam di dalam masjid membacakan doa Yahudi melalui mikrofon. Kementerian Luar Negeri Palestina mengecam apa yang mereka sebut sebagai "penghinaan terhadap kesucian masjid."

Di sebuah pernyataan pada Kamis, 14 Desember 2023, IDF mengatakan tentara tersebut "bertindak bertentangan dengan kode etik IDF dalam lembaga keagamaan."

 


Tentara Israel Hancurkan Toko Mainan

Israel Kerahkan Puluhan Tank ke Perbatasan Gaza
Tentara Israel berjalan melewati tank di dekat perbatasan Gaza-Israel, Jumat (19/10). PM Benjamin Netanyahu berjanji bakal mengambil tindakan tegas apabila warga Palestina masih terus melancarkan serangan ke wilayah Israel. (AP Photo/Ariel Schalit)

 

Pernyataan itu mengatakan mereka yang bertanggung jawab "segera diberhentikan dari aktivitas operasional." Ia menambahkan, "Perilaku tentara dalam video tersebut serius dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai IDF."

Sebelum insiden di Jenin, tentara Israel sudah kerap dikecam karena perilaku buruknya yang difilmkan dan diunggah di media sosial. Sejak pasukan Israel berperang di Gaza sejak Oktober 2023, banyak video yang bermunculan, termasuk menunjukkan seorang tentara menghancurkan sebuah toko mainan, sementara orang yang merekamnya tertawa.

Ada juga tentara yang membakar barang-barang di belakang truk, dan yang lainnya mengobrak-abrik pakaian wanita di tempat yang tampaknya merupakan kediaman pribadi. Akhir pekan kemarin, juru bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari mengutuk perilaku tentara tersebut.

"Pasukan IDF beroperasi sesuai nilai-nilai dan semangat IDF," ia mengklaim. "Tentara di medan perang diharuskan bertindak secara profesional dan etis, dan kami tidak akan berkompromi dalam hal ini. Dalam hal apa pun, (video tidak) sejalan dengan nilai-nilai IDF, tindakan komando, dan disipliner akan diambil. Inilah caranya di IDF."

 

Infografis Militer Israel Perluas Serangan ke Gaza Selatan
Infografis Militer Israel Perluas Serangan ke Gaza Selatan (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya