6 Jenis Warna Hijau Sebagai Inspirasi Baju Lebaran Beserta Maknanya

Bagi Anda yang masih bingung warna baju apa yang dipakai untuk baju lebaran nanti, warna hijau bisa jadi pilihan. Berikut 6 tipe warna hijau sebagai inspirasi baju lebaran beserta dengan maknanya.

oleh Putri Astrian Surahman diperbarui 16 Apr 2024, 06:03 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2024, 05:12 WIB
Ilustrasi warna hijau
Ilustrasi warna hijau. (dok. Unsplash/Fiona Murray)

Liputan6.com, Jakarta - Di momen lebaran atau Idulfitri yang baru saja kita rayakan, banyak dari yang tampil istimewa dan berkesan. Salah satunya adalah pilihan warna yang kita anggap menarik untuk baju lebaran kita.  Dari berbagai pilihan, warna yang bisa memberikan kesan segar dan memikat adalah warna hijau.

Ada banyak jenis warna hijau yang bisa jadi inspirasi Anda dalam memilih baju lebaran maupin di momen istimewa lainnya. Jika Anda masih bingung warna hijau tipe apa yang cocok, berikut merupakan beberapa jenis warna hijau untuk inspirasi baju lebaran beserta maknanya.

1. Emerald Green

Emerald green atau hijau zamrud adalah warna hijau yang kaya dan cerah yang sering dikaitkan dengan kemewahan. Warnanya hijau tua seperti warna permata zamrud. Warna ini memiliki sejarah, simbolisme, dan psikologi menarik yang menjadikannya pilihan populer dalam fesyen, desain interior, dan desain produk.

Mengutip Color Psychology pada Kamis, 14 Maret 2024, warna ini melambangkan kekayaan dan kemakmuran dan menjadikannya pilihan populer salah satunya dalam fesyen. Bagi Anda yang ingin tampil dengan mewah dan anggun, Anda bisa memilih warna emerald green. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ilustrasi emerald green dress
Ilustrasi emerald green dress. (dok. @paintedladyph/Instagram/https://www.instagram.com/p/CyXyuGQu0jk/?igsh=aGsycXl2aGhtbzho/Putri Astrian Surahman)

2. Olive Green

Olive green adalah perpaduan kuning-hijau yang lebih gelap, mirip warna buah zaitun hijau.  Ini merupakan warna yang sering dikaitkan dengan alam terbuka. Warnanya terkesan kalem seperti warna pada buah zaitun.

Olive green sering dikaitkan dengan kedamaian, harmoni, dan keseimbangan. Dalam dunia fesyen, olive green sering digunakan untuk menciptakan rasa tenang dan rileks. Warna ini juga sering digunakan untuk pakaian luar, dan aksesori.

Warna ini juga merupakan pilihan populer untuk pakaian kasual. Warna ini cocok digunakan ketika lebaran dan momen spesial lainnya karena maknanya sangat serasi dengan suasana lebaran yang damai dan tenang.

Ilustrasi olive green baju koko
Ilustrasi olive green baju koko. (dok. @savionstore/Instagram/https://www.instagram.com/p/CciEoBAvjRi/?igsh=MXZybGF3MWhzMDcxcQ==/Putri Astrian Surahman)

3. Mint Green

Baju Lebaran di bawah Rp300 ribu
Tampil ala princess modern dengan dress Gonegani lengan balon warna hijau mint seharga Rp279.000. [Foto: Gonegani]

Warna mint adalah warna yang tercipta dari perpaduan hijau, biru, dan putih. Namanya diambil dari tanaman mint. Nuansa hijau terang, seperti mint, melambangkan ketenangan, kesehatan, dan keberuntungan.

Warna ini sering diasosiasikan dengan kesegaran dan kreativitas. Orang yang menyukai warna mint cenderung kreatif dan berpikiran terbuka.  Dalam dunia fesyen, mint cocok dipadukan dengan warna putih dan cokelat. Warna ini telah menjadi warna stylish untuk polka dots dan motif floral.

Hal ini dapat ditemukan di berbagai jenis fesyen, mulai dari pakaian hingga aksesori, dari riasan hingga cat kuku. Warna ini cocok untuk Anda yang ingin tampil fresh di berbagai acara spesial.

 

4. Persian Green

Persian green adalah warna yang terinspirasi oleh kekayaan sejarah dan simbolisme budaya Persia (Iran modern). Warna ini termasuk yang belum banyak digunakan dan lebih sering dipakai untuk produk karpet dan kerajinan tangan di Persia. 

Mengutip Paint by Number pada Kamis, 14 Maret 2024, persian green memiliki hubungan mendalam dengan warisan budaya dan artistic heritage. Warna ini juga sering dikaitkan dengan vitalitas, pertumbuhan, alam, dan pembaruan. 

Warnanya membangkitkan lanskap hijau subur di Iran dan mewujudkan perasaan kesegaran dan harmoni. Warna ini cocok bagi Anda yang ingin tampil dengan baju hijau dengan warna yang tidak terlalu pekat, namun tidak terlalu muda. 

Pakaian lebaran persian green
Pakaian lebaran persian green. (dok. @butikq_khadijah.id/Instagram/https://www.instagram.com/p/CONRwRhHACT/?igsh=YzQwN3NuYXVyN2Yw/Putri Astrian Surahman)

5. Moss Green

Mix and match hijab warna hijau
Tunik hijau lumut yang stylish berpadu dengan hijab berwarna hijau (Foto: Instagram @megaiskanti)

Moss green atau warna hijau lumut adalah warna yang tenang dan bersahaja yang melambangkan kemegahan alam. Sebagai warna yang terinspirasi dari hutan yang lembab, hijau lumut sering dikaitkan dengan pertumbuhan, peremajaan, dan keseimbangan.

Warna ini melambangkan harmoni dan mewakili siklus kehidupan. Rona tenang ini dapat membangkitkan perasaan tenang, stabil, dan membumi. Bagi yang menyukai tampilan yang lebih natural dan membumi, warna hijau lumut adalah pilihan yang sempurna. Warna ini menghadirkan nuansa alam yang menenangkan, cocok untuk suasana lebaran yang penuh kedamaian. 

6. Laurel Green

Laurel green adalah tipe warna hijau keabuan atau pastel yang lembut dan kalem. Bagi Anda yang sukai baju dengan warna yang tidak mencolok, Anda bisa pilih warna laurel green.

Secara simbolis, laurel green melambangkan ketenangan, keseimbangan, dan pertumbuhan. Hal ini sering dikaitkan dengan alam, melambangkan kesehatan, pembaruan, dan harmoni. Efek warnanya yang menenangkan menjadikannya pilihan populer dalam fesyen dan branding.

Laurel green
Laurel green. (dok. @nibrascouple/Instagram/https://www.instagram.com/p/CL0XfaerFtd/?igsh=bmJvMXNwYjUxMmQ5/Putri Astrian Surahman)

Tren Warna Hijau Sage

Penampilan Publik Figure Tanah Air Kenakan Baju Lebaran Warna Hijau Sage
Penampilan Publik Figure Tanah Air Kenakan Baju Lebaran Warna Hijau Sage, credit: Instagram @maudyayunda

Di Lebaran Idul Fitri 2023 yang jadi warna favorit baju Hari Raya adalah sage green atau hijau sage. Melansir Color Psychology, sage green pada dasarnya memiliki rona keabu-abuan, karena berasal dari campuran hijau kekuningan dan warna abu-abu.

Hijau sage disebut berpasangan baik dengan warna merah muted, hijau limau, dan hijau seafoam. Sebagai rona pucat, warna itu mewakili pertumbuhan, tapi pada saat yang sama juga berarti ketidakdewasaan dan kurangnya pengalaman. Itu dianggap sebagai warna awal yang baru.

Secara umum, warna hijau melambangkan pembaharuan dan pertumbuhan. Itu menenangkan, membuat rileks, membangkitkan rasa nyaman dan relaksasi, jadi warna dominan di alam, serta melambangkan kehidupan. Kesegaran dan asosiasi hijau dengan alam sering membangkitkan perasaan aman dan damai.

Menyerupai warna daun sage kering, sage green memiliki sejarah panjang. Pigmen hijau telah digunakan sejak zaman kuno. Meski begitu, membuat warna hijau sebagai pigmen untuk melukis tidaklah sesederhana itu.

 

Infografis Tren Hantaran Lebaran Kekinian
Infografis Tren Hantaran Lebaran Kekinian (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya