Pesan di Balik Busana yang Dikenakan Kate Middleton Saat Trooping the Colour

Kate Middleton mendaur ulang tampilan gaun lama dengan makna khusus yang sesuai dengan acara Tropping the Colour.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 18 Jun 2024, 18:15 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2024, 18:15 WIB
Kate Middleton Hadiri Trooping the Colour 2024
Kate Middleton tiba untuk upacara Trooping the Color di Horse Guards Parade, London, Sabtu (15/6/2024). (Yui Mok/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton tampak anggun dalam gaun putih Jenny Packham di Trooping the Colour pada Sabtu, 15 Juni lalu. Istri Pangeran William itu membuat penampilan publik pertamanya pada 2024 di tengah perawatan kankernya yang sedang berlangsung.

Dan alih-alih membeli tampilan baru, Kate mendaur ulang tampilan gaun lama dengan makna khusus yang sesuai dengan acaranya. Mengutip dari laman Page Six, Selasa (18/6/2024), bangsawan Inggris berusia 42 tahun itu pertama kali mengenakan sarung lengan panjang ke acara pra-penobatan Raja Charles III pada Mei 2023.

Kate mendesain ulang desainnya agar terlihat segar untuk penampilan keduanya. Ia menukar ikat pinggang hitam sederhana aslinya dengan yang bergaris dan menambahkan pita anggun di garis leher.

Trooping the Colour diadakan setiap tahun untuk merayakan ulang tahun resmi raja. Hal ini lantaran, raja berusia 75 tahun itu juga sedang berjuang melawan kanker, sehingga pilihannya untuk mendesain ulang gaun yang ia kenakan pada akhir pekan penobatannya sangatlah penting.

Susan Kelley, yang menjalankan blog mode kerajaan populer What Kate Wore, mengatakan kepada Page Six Style, bahwa ini ketiga kalinya sang putri mengulangi gaunnya untuk acara tersebut. Ia menambahkan bahwa tampilan tersebut menandakan rasa hormat kepada ayah mertuanya, Raja Charles III.

Hal ini seperti saat pertama kali busana itu dikenakan pada jamuan makan siang pra-penobatan yang terkenal. Dia mengatakan "ada juga ikatan emosional yang signifikan" pada kesempatan lain ketika Middleton memilih mengenakan pakaian lama untuk Trooping the Colour. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kate Mendaur Ulang Pakaian Lama

Trooping the Colour 2024
(Kiri-Kanan) Pangeran George, Pangeran William, Pangeran Louis, Kate Middleton, dan Putri Charlotte berdiri di balkon Istana Buckingham setelah menghadiri Parade Ulang Tahun Raja "Trooping the Colour" di London pada 15 Juni 2024. (HENRY NICHOLLS/AFP)

Kelley mencontohkan gaun jas putih Alexander McQueen yang pertama kali terlihat di pembaptisan Putri Charlotte. Selain itu ada pakaian Platinum Jubilee 2022 miliknya (juga dari McQueen), yang dikenakan Kate ke acara sebelumnya dengan Ratu Elizabeth.

"Banyak pemikiran yang masuk ke dalam keputusan semacam ini, dan sering kali ada pesan yang disampaikan oleh pilihan pakaian sang Putri," lanjut Kelley.

Carly Whitewood dari Kate Middleton Style Blog mengungkapkan bahwa kepraktisan mungkin juga menjadi alasan di balik pilihan pakaian khusus ini. Karena kanker yang sedang dialami Kate, mungkin ia belum mengatur pakaian baru untuk dipakai di Trooping. Kate mungkin tidak meluangkan waktu untuk merencanakan pakaiannya dan lainnya.

"Karena selama beberapa bulan terakhir ia menjalani perawatan. Ditambah lagi, keputusan untuk hadir mungkin dilakukan pada menit-menit terakhir. Masuk akal untuk merombak pakaian lama yang menurutnya cocok," kata Whitewood sambil mengatakan bahwa pilihan tersebut mungkin juga merupakan "keputusan yang bijaksana" dan "refleksi dari komitmennya terhadap mode yang bijaksana."


Pemakaian Aksesori yang Tepat

Kate Middleton
Pada kesempatan Trooping Color, Kate Middleton kenakan dress dominasi hitam dan putih dari desainer ternama Jenny Packham. [Foto: @princeandprincessofwales]

"Selama beberapa tahun terakhir, kita telah melihat Kate sering memilih pakaian secara sadar, seperti beralih dari fast fashion, membeli pakaian vintage, dan memakai kembali pakaian yang dia peroleh saat kuliah," kata Whitewood.

Ditambah lagi, Kate semakin banyak memakai pakaian dari merek ramah lingkungan, dan membeli pakaian yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Tentu saja, ini bukan pertama kalinya Middleton menampilan busana yang manis kepada salah satu bangsawan kerajaan.

Dia menampilkan sisi seperti Putri Diana dengan banyak penampilan selama bertahun-tahun, dan telah mengenakan banyak perhiasan Ratu Elizabeth II sejak kematian mendiang ratu pada 2022. Middleton memilih beberapa aksesori yang teruji dan benar untuk Trooping the Colour, mengenakan kancing cluster mutiara dari Cassandra Goad, tas tangan Mulberry hitam, dan sepatu hak tinggi Jimmy Choo putih favoritnya.

Topi piring Philip Treacy warna hitam-putihnya merupakan tambahan baru. Meskipun Princess of Wales tidak hadir di acara Order of the Garter hari Senin, 17 Juni 2024 di Windsor, publik berharap Kate segera tampil penuh gaya di musim panas.

 


Gerak-gerik Kate Menurut Ahli Bahasa Tubuh

Kate Middleton
Dress tersebut didominasi nuansa putih dengan aksen dasi hitam putih yang mencuri perhatian. [Foto: @princeandprincessofwales]

Penampilan publik perdana Kate Middleton tahun ini ketika menghadiri Parade Ulang Tahun Raja Charles, Trooping the Colour, di London, Inggris, Sabtu, 15 Juni 2024, membuat banyak pasang mata terus memperhatikan gerak-geriknya. Interaksi dengan Pangeran William di balkon Istana Buckingham merupakan salah satu yang menarik perhatian, dengan klip momen itu jadi viral di dunia maya.

Melansir laman Daily Mail, Senin, 17 Juni 2024, seorang ahli bahasa tubuh mengungkap "hubungan asli" Kate dan William setelah menyaksikan mereka berbagi momen romantis di kemunculan ikonis tersebut. Judi James mengungkapkan, pasangan Wales memberi gambaran menyentuh tentang kegembiraan mereka kembali bersatu di panggung dunia.

Ia mengatakan, "Sinyal saling menghargai yang paling menyentuh datang dari William dan Kate ketika mata mereka bertemu. Kerutan mata William dan otot-otot yang mengerut di sekitar bibirnya menunjukkan kebanggaan batin dan kemungkinan kelegaan karena istrinya berdiri di sampingnya lagi.

James menyambung. "Membalas (tatapan suaminya dengan) senyuman lebar, berlesung pipit, dan sangat penuh kasih." Di tengah perjuangannya melawan kanker, kata pakar itu, Putri Wales menunjukkan "kelas master," serta menyalurkan kekuatan dan tekad mendiang Ratu Elizabeth II.

 

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya