Permintaan Khusus Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar untuk Busana Akad Nikah Bertema Adat Solo

Busana akad nikah Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar dikerjakan desainer Rika Wirtjes dalam waktu dua bulan.

oleh Asnida Riani diperbarui 27 Jul 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 19:00 WIB
Aaliyah Massaid saat akad nikah dengan Thariq Halilintar.
Aaliyah Massaid saat akad nikah dengan Thariq Halilintar. [@aaliyah.massaid]

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Rika Wirtjes, desainer kebaya dan beskap akad nikah Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar. Sebagaimana diketahui, pasangan ini telah menggelar ijab kabul, disusul resepsi di hotel mewah di bilangan Jakarta Selatan, Jumat, 26 Juli 2024.

Rika bercerita bahwa ia dihubungi langsung oleh Aaliyah dan stylist-nya, Wanda Hara, untuk membuat busana spesial tersebut. "Akhirnya kami buat janji konsultasi secara langsung," sebut dia melalui pesan pada Lifestyle Liputan6.com, Sabtu (27/6/2024).

Ia mengatakan bahwa pengerjaan busana akad nikah Aaliyah dan Thariq dilakukan pada Mei 2024, dan selesai sekitar dua bulan kemudian. Rika berbagi, "Proses desain dari awal Alhamdulillah lancar. Aaliyah dan Thariq tidak begitu banyak permintaan, karena mempercayakan semuanya pada saya."

"Aaliyah hanya menitipkan beberapa permintaan, yaitu kebayanya dibuat klasik off-white dengan tone warna yang kalem dan syahdu. Ia ingin mengingat kembali momen pernikahan almarhum ayah (Adjie Massaid) dan ibunya (Reza Artamevia) ketika mereka menikah menggunakan adat Solo."

Permainan warna busana pengantin yang jauh dari mencolok ini, Rika mengatakan, sangat sesuai dengan gaya keseharian Aaliyah yang simpel, elegan, dan sederhana. Serasi dengan istrinya, beskap Thariq dibuat dalam desain klasik untuk "menghidupkan kembali" tampilan pengantin mendiang ayah Aaliyah.

"Thariq suka beskap dengan tidak terlalu banyak payet. Maunya simpel, tapi tetap gagah," kata Rika. Kendati didesain klasik, sang perancang busana tetap menambah sentuhan modern. Ini salah satunya terlihat dari pemakaian ekor di kebaya Aaliyah Massaid untuk memberi kesan lebih dramatis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Busana Pengantin Tidak Lekang Waktu

Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar Akad Nikah
Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar menarik napas lega setelah akad berjalan mulus di Jakarta, Jumat (26/7/2024). Mudjie Massaid jadi wali nikah Aaliyah. (Foto: Dok. Instagram @thariqhalilintar)

Soal material, kebaya Aaliyah Massaid menggunakan renda Prancis dengan detail dragon. "Sesuai tahun ini yang merupakan Tahun Naga," ucap Rika. "Detail dragon juga membentuk lekuk tubuh Aaliyah, membuatnya tampak semakin ramping."

Menurut sang desainer, busana pengantin adat Jawa tidak akan lekang waktu, apalagi bila dibuat dengan model yang klasik. "Semoga ke depan, semakin banyak permintaan pengantin-pengantin (berbusana) Jawa klasik yang tidak akan lekang waktu," harapnya.

Melengkapi busananya yang menawan, Aaliyah tampil berkilau dengan rangkaian perhiasan rilisan brand lokal Adelle Jewellery. Melansir unggahan Instagram Story jenama itu, Jumat, putri Reza Artamevia ini memakai sepasang anting dan kalung rilisan merek tersebut.

Antingnya, menurut jenama itu, merupakan gabungan berlian round cut dan persegi panjang dengan kesan glamor. Mereka menulis, "Desain anting ini didominasi micro diamond berbentuk daun, sehingga memberi kesan anggun, cantik, dan mewah." Sementara itu, kalungnya merupakan seri Lexicon of Diamond.


Cincin Pernikahan Thariq dan Aaliyah

Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar Akad Nikah
Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar menarik napas lega setelah akad berjalan mulus di Jakarta, Jumat (26/7/2024). Mudjie Massaid jadi wali nikah Aaliyah. (Foto: Dok. Instagram @thariqhalilintar)

Dijelaskan bahwa itu menggunakan berlian Eternal Flame yang setiap butirnya sudah diseleksi, sehingga memenuhi 21 parameter dari aspek kualitas dan kecantikan. Tidak berhenti di situ, karena Adelle juga mempersembahkan cincin pernikahan pasangan itu.

"Wedding ring mereka custom dan ada ukuran nama masing-masing. Sangat personal dan thoughtful," imbuh jenama itu. Sebenarnya, ini merupakan langkah terbaca, karena Thariq Halilintar telah memesan cincin lamaran dari merek tersebut.

Kala itu, ia memilih cincin berdesain klasik yang dipersonalisasi dengan spesifikasi emas 3,52 gram dan oval diamond. "Berlian oval yang dipilih adalah definite diamond yang langka banget," sebut brand perhiasan itu. "(Itu) memenuhi 14 parameter kualitas dari Adelle dan disertifikasi secara internasional."

Lebih lanjut dijelaskan bahwa cincin lamaran Thariq dan Aaliyah menggunakan Signature Setting merek tersebut, sehingga berlian terlihat dua kali lebih besar. Kalung dari Adelle pun jadi seserahan saat lamaran, yakni Beatrice Pendant, yang juga menggunakan Signature Setting.


Jadi Pengantin Minang Saat Resepsi

6 Potret Anggun Aaliyah Massaid Jadi Pengantin Minang di Malam Resepsi Pernikahanf
Di malam resepsi, pernikahan Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar mengusung adat Minang [@studioboh]

Aaliyah dan Thariq resmi menikah dengan mas kawin berupa uang tunai senilai Rp 26.072.024, merujuk pada tanggal pernikahan mereka. Paman mempelai perempuan, Mudji Massaid, bertindak sebagai wali nikah, sedangkan Presiden Joko Widodo dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo turut hadir sebagai saksi.

Setelah akad, pasangan ini melanjutkan acara dengan menggelar resepsi pernikahan. Di kesempatan itu, keduanya tampil sebagai pengantin Minang. Kontras dengan bussana akad, Aaliyah berkebaya maroon dengan detail payet hampir di seluruh bagian ansambel itu, kendati tetap mempertahankan ekor untuk memberi kesan dramatis.

Busana tersebut merupakan rancangan Studio Boh by Penny Arie R yang dipadankan dengan suntiang dari Des Iskandar dan kain songket serasi. Di sisinya, Thariq mengenakan busana berwarna senada, juga membalut songket sebagai pelengkap celana panjangnya.

Ia memakai aksesori berupa bros yang disematkan di bagian dada, alih-alih kalung tiga tingkat yang biasanya jadi aksesori konvensional pengantin pria Minang. Adik Atta Halilintar ini juga melengkapi penampilan dengan penutup kepala yang dikenal sebagai deta atau saluak.

Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional
Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional.  (Liputan6.com/Triyasni)    
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya