Gestur Presiden Turki Erdogan Waktu Prabowo Mau Pamitan Pulang Jadi Sorotan: Kayak Nggak Mau Pisah

Prabowo sempat menyodorkan tangan untuk berjabat tangan dengan Erdogan sebagai tanda bahwa Presiden Turki tersebut cukup melepas kepulangannya hanya sampai teras istana dan tidak perlu diantar sampai ke mobil

oleh Henry diperbarui 01 Agu 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 15:00 WIB
Gestur Presiden Turki Erdogan Waktu Prabowo Mau Pamitan Pulang Jadi Sorotan: Kayak Tak Mau Pisah
Gestur Presiden Turki Erdogan Waktu Prabowo Mau Pamitan Pulang Jadi Sorotan: Kayak Tak Mau Pisah.  foto: TikTok @tumgrd

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan RI yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto baru saja bertemu Presiden Turki, Reccep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, Selasa, 30 Juli 2024. Prabowo Subianto disambut upacara kenegaraan dan Erdogan menyambut langsung kedatangan Prabowo.

Ada momen menarik saat Prabowo pamit usai pertemuan dengan Erdogan. Dalam video yang beredar dan viral di TikTok, salah satunya di akun @tumgrd, Prabowo tampak ditemani Erdogan saat keluar dari istana presiden.

Prabowo sempat menyodorkan tangan untuk berjabat tangan dengan Erdogan sebagai tanda bahwa Presiden Turki tersebut cukup melepas kepulangannya hanya sampai teras istana dan tidak perlu diantar sampai ke mobil. Namun Erdogan terlihat mengabaikan sodoran tangan Prabowo dan tetap memaksa menemani hingga menuju mobil yang akan ditumpangi ayah satu anak itu.

Prabowo kemudian menggandeng Erdogan yang tampak kesulitan saat menuruni tangga teras istana. Setelah tiba di mobil yang sudah terparkir, Erdogan dan Prabowo berjabat tangan perpisahan dengan erat sambil berbincang singkat.

Video ini pun menarik perhatian warganet di media sosial. Banyak yang menyoroti gestur Erdogan maupun Prabowo seperti menunjukkan hubungan mereka yang sangat akrab dan seperti tidak mau berpisah.

"Terharu sekali ya Allah,,, sehat selalu bapak Erdogan dan bapak prabowo, Aamiin," komentar seorang warganet.

"Baru kali ini liat pemimpin akrab banget smpe gandingan,” ujar warganet lain.

"Seakrab ini pak Erdogan SM bpk Prabowo,terharu,” kata warganet lain.

"Pak prabowo di segani oleh pemimpin negara negara luar,, sehat selalu JENDRALKU,” ujar warganet lainnya.

"Sesayang itu erdogan sm Prabowo nganter smp mobil ❤️.. bestie deh .. keren saling mendukung ❤️,” sahut warganet lainnya.

Saat bertemu Prabowo, Erdoganjuga memberikan selamat atas terpilihnya pria berusia 72 tahun itu sebagai presiden. Ia berharap Prabowo dapat kembali berkunjung ke negaranya usai pelantikan. Prabowo pun merasa terhormat disambut baik di Turki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kerja Sama Indonesia-Turki

Gestur Presiden Turki Erdogan Waktu Prabowo Mau Pamitan Pulang Jadi Sorotan: Kayak Tak Mau Pisah.
Gestur Presiden Turki Erdogan Waktu Prabowo Mau Pamitan Pulang Jadi Sorotan: Kayak Tak Mau Pisah. foto: TikTok @tumgrd

"Merupakan suatu kehormatan besar bagi saya untuk diterima oleh Yang Mulia Recep Tayyip Erdogan, Presiden Republik Turkiye, untuk membahas hubungan bilateral kita yang komprehensif," ujar Prabowo, dalam keterangan tertulis yang diterima tim News Liputan6.com, Rabu, 31 Juli 2024.

Lebih lanjut, kata Prabowo, Indonesia telah menganggap Turki sebagai negara penting, bersahabat, dan mitra dalam kerja sama pertahanan. "Dengan banyaknya peluang yang ada di hadapan kita, Indonesia berkomitmen untuk lebih memperkuat kemitraan strategis dengan Türkiye. Kami tetap bertekad untuk meningkatkan persahabatan historis antara kedua negara," ucapnya.

Selama di Ankara, Prabowo juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan; Menteri Pertahanan Turki Yaşar Guler; dan sejumlah pelaku industri pertahanan. Pertemuan tersebut membahas sejumlah kerja sama sektor prioritas terdepan dalam hubungan bilateral RI-Turki seperti industri pertahanan, perdagangan, energi, konstruksi dan kesehatan.

Usai ke Turki, Prabowo Subianto bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin di Moskow, Rusia, Rabu. Dikutip dari keterangan tertulis, Prabowo mengawali pertemuan dengan menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Putin.

"Saya menyampaikan salam hormat dari Presiden saya Joko Widodo, saya lapor kepadanya bahwa Anda akan menerima saya," kata Prabowo . Dalam kesempatan tersebut, Prabowo dan Putin membahas sejumlah hal terkait penguatan kerja sama kedua negara.


Prabowo Bertemu Presiden Prancis

Prabowo dan Didit Hediprasetyo
Prabowo dan putranya Didit Hediprasetyo temui Presiden Prancis Emmanuel Macron jelang pembukaan Olimpiade Paris 2024. (dok. Instagram @prabowo/https://www.instagram.com/p/C918QMgyyRi/)

Beberapa bidang tersebut mencakup pendidikan, pariwisata, ketahanan pangan pertahanan hingga energi nuklir. Penekanan utama saya pada bagian ketahanan pangan; keamanan energi, dan pendidikan," kata Prabowo. Terkait bidang energi nuklir, Prabowo mengatakan saat ini sedang mendalami dan berdiskusi terkait potensi kerja sama dengan pihak Rusia.

Sementara di sektor pariwisata, Prabowo juga mengungkap dukungan atas sejumlah langkah yang akan dilakukan Rusia. Salah satunya rencana membuka Konsulat Jenderal Rusia di Bali.

Selain itu, Prabowo juga mengundang Rusia untuk menghadiri pameran pertahanan yang akan digelar pada November 2024 mendatang di Indonesia. Sebelumnya, Prabowo menemui Presiden Prancis Emmanuel Macron di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu, 24 Juli 2024, waktu setempat. Presiden terpilih periode 2024--2029 itu hadir didampingi putra semata wayangnya, Didit Hediprasetyo.

Momen kebersamaan ini kemudian dibagikan Menteri Pertahanan itu melalui unggahan Instagram-nya, Kamis, 25 Juli 2024. Keterangannya dibubuhkan dalam Bahasa Prancis, yang artinya, "Terima kasih sebesar-besarnya pada Bapak Presiden Macron atas persahabatan dan sambutan hangat. (Saya) sangat menantikan pembukaan Olimpiade Paris 2024."

Pertemuan ini terjadi hanya dua hari sebelum pembukaan acara multiolahraga internasional itu digelar hari ini, Jumat, 26 Juli 2024. Di foto yang dibagikan, Prabowo terlihat rapi dengan setelan jas gelap berpadu kemeja putih dan dasi biru muda.


Prabowo dan Didit di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto, menghadiri acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang digelar di Sungai Seine, Paris
Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto, menghadiri acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang digelar di Sungai Seine, Paris. (Kredit foto: Tim Media Prabowo Subianto)

Ia juga memakai peci beserta sepatu pantofel resmi. Kompak dengan ayahnya, Didit, yang terlihat tersenyum ke arah kamera, mengenakan setelan jas, kemeja putih, dasi biru dalam warna lebih gelap, serta memakai sepatu pantofel hitam. Presiden Macron berada di antara mereka, tampil tidak kalah necis, juga dengan setelan jas formal.

Setelah bertemu Macron, Praboiwo menghadiri acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang digelar di Sungai Seine, Paris sekitar pukul 19.30 waktu setempat, atau Sabtu, 27 Juli 2024 pukul 00.30 WIB. Kedatangan Prabowo untuk memberikan semangat kepada kontingen Indonesia.

Pembukaan acara Olimpiade Paris 2024 diawali parade dari masing-masing kontingen negara yang akan berlaga, termasuk Indonesia. Prabowo yang duduk di tepi Sungai Seine, nampak berdiri saat kontingen Indonesia melintas.Kendati Paris diguyur hujan cukup deras, Prabowo yang mengenakan jas hujan transparan melambaikan tangan ke arah para atlet dan kontingen. Dia juga memberikan semangat kepada para kontingen.

"Indonesia!" ujar pemandu acara memperkenalkan kontingen Indonesia.Prabowo juga memberikan salam dengan kedua tangannya kepada mereka yang berada di sekitar tempat duduknya.

Penampilan kontingen Indonesia nampak sporty dan elegan. Mereka mengenakan baju rancangan Didit Hediprasetyo yang tidak lain adalah putra tunggal Prabowo, yang terinspirasi dari kisah Raden Saleh. Seragam tersebut bernuansa merah putih dilengkapi dengan blangkon Jawa.

 

Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Diubah Jadi Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya