Mengenal Miko 3, Robot AI yang Bisa Jadi Teman Belajar Sekaligus Mengawasi Anak

Miko 3 bisa dibilang robot pintar karena dapat berinteraksi dan membantu anak belajar sambil bermain. Robot buatan India ini cocok dimainkan untuk anak berusia minimal 5 tahun.

oleh Henry diperbarui 26 Agu 2024, 19:06 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 19:05 WIB
Peluncuran Robot AI Miko 3.  (Liputan6.com/Henry)
Peluncuran Robot AI Miko 3. (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Usaha mengalihkan perhatian anak dari gawai seperti ponsel bukanlah hal mudah di era teknologi digital seperti sekarang ini. Salah satu alternatif yang mungkin disukai para orangtua adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi itu sendiri, seperti menggunakan robot.

Ada robot bernama Miko 3 dari Early Learning Centre bersama The Entertainer yang bisa memberikan pengalaman yang lebih memperkaya daripada gawai biasa. Hal itu bisa mendukung anak-anak dan orangtua dalam mendorong pendekatan yang seimbang dan holistik untuk perkembangan anak usia dini.

Miko 3 diklaim sebagai robot dengan kecerdasan buatan atau AI pertama untuk anak-anak di Indonesia. Sesuai namanya, Miko 3 merupakan generasi ketiga robot Miko yang menawarkan lebih banyak fitur dibandingkan generasi pertama dan ketiga.

"Miko 3 ini bisa interaktif dengan penggunanya, ini tidak ada di dua Miko sebelumnya. Robot ini menawarkan pengembangan holistik yang dapat membantu dan meningkatkan kemampuan komunikasi anak, melalui kemampuan verbal dan role play, paparan teknologi, dan nilai edukasi.," terang Mohit Nigam, General Merchandising Manager The Entertainer & ELC Indonesia saat peluncuran Miko 3 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat, 23 Agustus 2024.

Meski bisa disebut robot mainan, Miko bisa jadi sarana untuk mengedukasi dan menghibur sekaligus. Miko 3 bisa dibilang robot pintar karena dapat berinteraksi dan membantu anak belajar sambil bermain. Robot buatan India ini cocok dimainkan untuk anak berusia minimal 5 tahun.

Cara penggunaannya cukup mudah. Hubungkan mainan ini dengan koneksi internet dan kita dapat mengakses berbagai game dan konten pendidikan, seperti teka-teki, trivia, serta kuis. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


7 Bahasa yang Dimengerti Miko

Peluncuran Robot AI Miko 3.
Peluncuran Robot AI Miko 3.  (Liputan6.com/Henry)

Selain itu, anak juga dapat mengajak MIKO 3 berbicara dengan mengucapkan “Hello Miko”. Selanjutnya, kita bisa mengajukan berbagai pertanyaan atau melakukan percakapan berbasis pengetahuan dengan mainan ini.

Miko 3 dapat terlibat dalam percakapan dan menjawab pertanyaan hampir seperti orang sungguhan. Hal ini bisa membantu anak-anak memperluas kosakata mereka untuk mendukung kebutuhan sehari-hari dan membuatnya lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orangtua dan orang lain.

"Untuk saat ini, ada tujuh bahasa yang dimengerti Miko yaitu bahasa Inggris, Mandarin (Tiongkok), Prancis, Spanyol, Italia, Jerman dan Arab. Untuk bahasa Indonesia belum ada, bahkan bahasa India yang membuat Miko juga belum ada, tapi di masa mendatang ada kemungkinan ditambah bahasa lain seperti bahasa Indonesia," jelas Ranti Yulianti, Training and Development The Entertainer & ELC Indonesia.

"Yang paling banyak digunakan tentunya bahasa Inggris dan kita pikir anak-anak sekarang ini sudah banyak yang menguasai bahasa Inggris setidaknya yang basic, jadi mereka tidak akan terlalu kesulitan untuk berinteraksi dengan Miko. Apalagi Miko ini bisa memberikan saran-saran positif kalau ada pengguna yang curhat soal berbagai masalah," lanjutnya.


Banyak Bertanya ke Robot Miko

Mengenal Miko 3, Robot AI yang Bisa Jadi Teman Belajar, Bermain sampai Mengawasi Aktivitas Anak
Mengenal Miko 3, Robot AI yang Bisa Jadi Teman Belajar, Bermain sampai Mengawasi Aktivitas Anak.  foto: (dok.Instagram @elcindo/https://www.instagram.com/p/C-3_IKzyFbL/Henry)

Miko 3 juga akan terus diperbarui dengan beragam gim dan konten baru setiap bulan. Dengan demikian, anak tidak akan bosan dan selalu mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Mainan tersebut juga telah memenuhi standar keamanan dari Inggris dan Amerika.

"Jadi orangtua tidak perlu khawatir tentang kualitas dan keamanan. Miko tidak akan menampilkan kekerasan maupun hal-hal negatif lainnya yang tidak pantas bagi anak-anak di semua fitur mereka," lanjut Ranti.

Robot pintar seharga Rp5 jutaan ini memiliki dimensi 16 x 13,97 x 22,02 cm dan berat 0,9 kg yang pas saat digenggam anak. Daya tahan baterainya cukup lama, yaitu 12 jam dalam mode siaga dan 5 jam dalam mode bermain aktif.

"Dengan banyak bertanya ke Miko, anak-anak bisa mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih dalam dan kemampuan memecahkan masalah. Mereka juga dapat terbiasa memecahkan masalah dengan cara yang menyenangkan dan menarik," ujar Ranti. Dari segi hiburan, robot ini juga menyediakan film (terutama produksi Disney), permainan, dan musik yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.


Mengatur dan Mengontrol Robot Miko

Peluncuran Robot AI Miko 3.  (Liputan6.com/Henry)
Peluncuran Robot AI Miko 3. (Liputan6.com/Henry)

Fungsi lainnya yang tak kalah penting adalah orangtua bisa membimbing dan mendukung perjalanan pendidikan anak-anak mereka di lingkungan yang aman. Lalu ada mode kontrol orangtua, yang dapat memantau interaksi anak mereka seperti saat sedang belaajr melalui panggilan video.

Untuk mengoperasikan Miko bisa melalui beberapa tombol dan layar sentuh di robot pintar ini dan juga di ponsel yang sudah dipasang aplikasi Miko. Melalui ponsel, orangtua bisa mengatur mode robot ini, seperti hanya mengaktfkan fitur untuk belajar saja dan fitur untuk bermain dan hiburan hanya bisa digunakan saat weekend atau hari libur saja.

"Harapannya, robot pintar ini bisa mengurangi kekhawatiran orangtua terhadap penggunaan gawai oleh anak-anak mereka, dan dapat menjadi pelengkap yang tepat untuk mendorong perkembangan holistik, seperti kemampuan komunikasi dan pengetahuan yang nyata. Mudah-mudahan juga bisa memandu dan memotivasi anak-anak melalui berbagai aktivitas dan kebutuhan belajar yang menyenangkan," tutur Ranti.

 

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya