Gaya Annisa Pohan Dampingi AHY Dapat Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

Selain Annisa Pohan, ayahanda AHY, SBY, terlihat menghadiri Sidang Ujian Terbuka gelar Doktor Universitas Airlangga.

oleh Asnida Riani diperbarui 08 Okt 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2024, 19:00 WIB
AHY dan Annisa Pohan
Annisa Pohan dampingi AHY mendapat gelar doktor dengan peringkat cumlaude. (dok. Instagram @agusyudhoyono/https://www.instagram.com/p/DA18xrUTDL1/)

Liputan6.com, Jakarta - Annisa Pohan terus setia mendampingi suaminya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di berbagai kesempatan. Yang terbaru, ibu anak satu ini turut menghadiri Sidang Ujian Terbuka gelar Doktor yang dilakoni putra sulung mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut, yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Di kesempatan itu, Annisa tampil bersahaja mengenakan ansambel bernuansa abu-abu dalam potongan kebaya kartini berpadu kain batik sebagai bawahan dan selendang. Ia melengkapi penampilan dengan aksesori serba perak mulai dari sepasang anting, kalung, dan bros.

Rose makeup-nya dipadukan dengan riasan semi bold di bagian mata, sementara rambut hitam Annisa ditata dalam sanggul rapi. Di sisinya, AHY tampil necis dengan setelan jas gelap berpadan kemeja putih dan dasi motif garis-garis. Hadir di momen itu, SBY mengenakan setelan jas serupa putranya, namun dipadankan dengan dasi biru.

Di unggahan Instagram-nya, Selasa (8/10/2024), AHY menulis, "Alhamdulillah, saya dinyatakan lulus Sidang Ujian Terbuka dan secara resmi memperoleh gelar Doktor ke-88 dari program studi pengembangan SDM, Universitas Airlangga. Saya dedikasikan ini semua bagi Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono, Memo tercinta."

"Terima kasih untuk keluarga saya yang sejak awal senantiasa mendukung dengan sepenuh hati perjalanan intelektual ini, terkhusus istri saya Annisa dan putri saya Almira, Pak SBY, Ayah & Bunda Pohan, adik-adik saya Mas Ibas, Mbak Aliya dan Miftah; serta keluarga besar Sarwo Edhie Wibowo."

"Dalam kesempatan ini, saya juga menyampaikan rasa terima kasih saya kepada Rektor Unair Prof. Moh. Nasih, dan kedua Promotor dan Co-Promotor, Prof. Badri Munir Sukoco dan Prof. Fendy Suhariadi, para Dewan Penyanggah, Undangan Akademik, Senat Universitas, para dosen dan jajaran staf Akademik & Peneliti Unair atas bimbingan dan supportnya selama ini. Terima kasih saya juga kepada teman-teman sekelas PSDM yang selalu membersamai proses perkuliahan ini. Tetap semangat teman-teman semua, saya doakan teman-teman segera lulus juga," ungkap AHY.

 


Ungkapan AHY

Keluarga AHY termasuk SBY hadir dalam ujian doktor terbuka putra pertamanya. (Dok X AHY)
Keluarga AHY termasuk SBY hadir dalam ujian doktor terbuka putra pertamanya. (Dok X AHY)

AHY menyambung, "Terima kasih juga kami haturkan kepada para tokoh, baik Presiden Terpilih, para Menteri dan Kepala Lembaga Tinggi Negara, serta Akademisi yang menjadi narasumber dalam disertasi kami."

"Rasa terima kasih juga saya ucapkan untuk support dan kehadiran seluruh undangan yang hadir menyaksikan, baik keluarga besar Kementerian ATR/BPN, Partai Demokrat, para sahabat dan kolega Pamor Persada (Darat, Laut, Udara dan Polri Angkatan 2000), Ikastara dan TN 5, Senior TNI/Polri, JCI, dan AHY Command Center yang selalu memberikan support terbaiknya."

"Semoga ilmu yang kami dapatkan berkah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Aamiin Ya Rabbal Alamin. 🙏🏼," ungkapnya.

Mendapati banyaknya komentar ucapan selamat dari warganet, AHY menambahkan di kolom komentar unggahannya, "Terima kasih teman-teman semua atas doa restu dan ucapan selamatnya. Mohon maaf tidak bisa saya balas satu persatu. Saya doakan agar teman-teman juga bisa sukses dalam bidang dan profesi masing2. Salam, AHY. 💙"


Penampilan Lain AHY dan Annisa Pohan

Annisa Pohan tampil menawan dan mencuri perhatian di HUT TNI Ke-79 (Instagram/@agusyudhoyono dan @annisayudhoyono)
Annisa Pohan tampil menawan dan mencuri perhatian di HUT TNI Ke-79 (Instagram/@agusyudhoyono dan @annisayudhoyono)

Sebelum ini, AHY dan Annisa sudah lebih dulu menghadiri acara HUT ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu, 5 Oktober 2024. Saat itu, finalis GADIS Sampul 1997 tersebut tampil anggun dalam balutan kebaya encim berwarna biru berpadu selendang ungu cukup mencolok.

Tidak melulu di agenda resmi, pasangan yang menikah pada 2005 ini sempat menunjukan dukungan mereka untuk SBY ketika presiden ke-6 RI itu tampil di atas panggung Pestapora 2024, Jumat malam, 20 September 2024. Berdiri di depan barikade, AHY dan Annisa kompak memakai busana bernuansa biru muda.

Annisa terlihat kasual dengan midi dress lengan panjang. Rambutnya dikuncir setengah, memperlihatkan sepasang anting bulat yang dipakai. Sebagai penggenap tampilan, perempuan berusia 42 tahun ini menyampirkan tas dalam warna serasi.

Dilihat lebih dekat, aksesori itu ternyata merupakan rilisan rumah mode Italia, Prada, tepatnya seri Re-Edition 2005 Re-Nylon. Melansir situs webnya, Sabtu, 21 September 2024, tas tersebut merupakan bagian dari kampanye "SEA BEYOND," program edukasi yang diluncurkan Prada Group dan Komisi Oseanografi Antarpemerintah (IOC) UNESCO pada 2019.


Menikmati Aksi Panggung SBY

6 Adu Gaya Couple Artis di Pestapora 2024, dari El Rumi-Syifa Hadju hingga Thariq-Aaliyah Massaid
Annisa Pohan turut hadir bersama sang suami AHY. Keduanya kompak mengenakan busana nuansa biru muda. Annisa Pohan dengan shirt dress-nya, sementara AHY dengan long shirt-nya. [@agusyudhoyono].

Aksinya bermaksud meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan dan pelestarian laut. "Hingga Juli 2023, proyek SEA BEYOND didukung satu persen dari hasil Prada Re-Nylon Collection untuk terus memperkuat kemitraan antara Prada Group dan IOC/UNESCO," kata jenama fesyen tersebut.

Proyek ini, yang telah diwujudkan pada 2020, 2022, dan 2023, diklaim telah memperluas area intervensinya. Prada berbagi, "Selain kegiatan pendidikan, SEA BEYOND mendukung penelitian ilmiah, mengembangkan proyek kemanusiaan, dan membuka Kantor Koordinasi untuk Dekade Laut di Venesia."

Tas yang tersedia dalam 13 warna, termasuk biru muda yang dipilih Annisa Pohan itu, dibanderol 1,6 ribu euro (sekitar Rp27 juta). Serasi dengan istrinya, AHY terlihat berkemeja biru muda lengan pendek berpadu celana hitam dalam potongan formal.

Sementara itu SBY, yang sejak lama dikenal memiliki hobi bermain musik, tampil energik di Pestapora Stage. Jadi salah satu penampil di hari pertama festival musik tahunan tersebut, ia membawakan banyak hit bersama sejumlah penyanyi top Tanah Air, rangkum kanal Showbiz Liputan6.com.

Mereka adalah Joy Tobing, Sandhy Sondoro, Ariyo Wahab, Lala Karmela. Ita Purnamasari, Yuni Shara, dan Andi/rif. Sepanjang penampilan SBY, Annisa dan AHY terlihat ikut nyanyi bareng, merekam keseruan momen tersebut, bahkan ikut bergoyang mengikuti lanjutan musik.

Infografis Mengenal Jenis-Jenis Kebaya
Infografis Mengenal Jenis-Jenis Kebaya. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya