Polisi dan TNI Gelar Apel Kesiapan Pelantikan Ahok

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan, persiapan pengamanan pelantikan Ahok sudah dilakukan sejak kemarin.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 17 Nov 2014, 08:44 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2014, 08:44 WIB
Jelang Pelantkan Jokowi, Ahok Pantau Kesiapan Polisi
Kegiatan apel tersebut dilakukan untuk mengesiapkan pengamanan anggota kepolisian dalam pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden yang baru, Jakarta, Kamis (16/10/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menggelar apel siaga di Mapolda Metro Jaya. Apel ini dilakukan sebagai persiapan pengamanan pelantikan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta yang direncanakan 18 November.

Apel dihadiri ribuan personel TNI dan Polri berseragam lengkap. Anggota Brimob juga mengenakan seragam loreng yang kembali diperkenalkan saat ulang tahun brimob baru-baru ini. Apel dipimpin langsung Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo.

Di lokasi sama, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan, persiapan pengamanan pelantikan Ahok sudah dilakukan sejak kemarin. Gladi lapangan pun dilakukan.

"Kita kemarin hari Sabtu kita laksanakan gladi lapangan," kata Unggung, di Mapolda Metro Jaya, Senin (17/11/2014).

Unggung mengatakan, pihaknya akan dibantu penuh oleh personel TNI dari Kodam Jaya beserta jajaran dalam melakukan pengamanan. Berbagai analisis kemungkinan melalui intelijen pun sudah dilakukan.

"Polda di-backup Kodam sudah telaah intelijen. Kita juga sudah buat rencana pengamanan. Kita berpacuan pada Perkap dan Protap. Jadi pelaksanaan unjuk rasa di depan umum saya jamin kemerdekaannya," tandas Unggung.

Ahok direncanakan dilantik pada Selasa 18 November 2014. Polda Metro Jaya mengerahkan 12 ribu personelnya untuk mengawal pelantikan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya