Kisah Menteri Anies Belanja Baju Lebaran di ITC Fatmawati

Mendikbud Anies Baswedan berbagi kisah mengenai Ramadan bersama keluarga.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 13 Jun 2016, 22:35 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2016, 22:35 WIB
Mendikbud Anies Baswedan
Mendikbud Anies Baswedan saat buka puasa bersama di rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra 3, Jakarta Selatan, Senin (13/6/2016). (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan melangsungkan acara buka puasa bersama dengan wartawan. Dalam kesempatan ini, Anies pun berbagi kisahnya selama Ramadan bersama keluarga.

Anies pun mengaku ini merupakan kali pertama mengadakan acara buka puasa bersama di Rumah Dinas Menteri, Kompleks Widya Chandra 3, Jakarta Selatan.

"Saya baru 2 tahun di sini, tinggal di rumah dinas, tapi baru pertama kali ini saya mengadakan acara buka puasa bersama setelah menjadi menteri," ucap Anies Baswedan saat berbincang di rumah dinasnya, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Ia pun berkisah kegiatannya selama bulan Ramadan mulai dari sahur hingga tarawih bersama. Anies mengaku sulit mengelola waktu selama bulan Ramadan karena kesibukannya.

"Yang paling sulit kelola waktu. Saya itu biasanya tarawih sama anak-anak di rumah, tapi mereka harus tunggu saya pulang dulu, kadang sampai rumah jam 20.30, dan itu anak-anak matanya sudah 5 watt (ngantuk)," tutur Anies.

Selain itu, lanjut dia, anak-anaknya usai magrib mengisi kegiatan dengan mengaji bersama sang istri sembari menunggu dirinya pulang. Untuk menu berbuka dan sahur, Anies mengatakan keluarganya tidak menyukai makanan yang berlebihan.

"Jadi kalau kami berbuka dengan kurma dan minum teh hangat. Sahur pun juga minimalis, kalau saya hanya makan kurma dan putih telur, tapi seharian kegiatan kuat," ia memaparkan.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini ingin anak-anaknya punya kegiatan di masjid. Namun sayangnya, masjid-masjid yang ada di Ibu Kota jarang mengadakan kegiatan selama bulan Ramadan.

"Saya membiasakan anak-anak untuk berkegiatan di masjid. Kegiatan di masjid ditumbuhkan agar anak-anak terbiasa ke masjid. Dan ini sebenarnya tantangan tinggal di Jakarta karena enggak semua masjid ada kegiatan, nah disini peran orangtua dibutuhkan," ujar Anies.

Tradisi Belanja di ITC

Ia mengatakan pula, makanan favoritnya adalah semua makanan yang enak. Hanya saja, Anies memiliki makanan kesukaan.

"Makanan saya suka gudeg, kambing, tapi paling kesukaan saya adalah lengko Cirebon. Sayangnya di Jakarta saya belum nemu yang seenak di Cirebon sana," kata dia.

Anies menuturkan tak ada perbedaan Ramadan usai menjadi menteri. Ia menjelaskan perbedaannya hanya kalau sekarang ini dirinya menjadi tuan rumah acara buka puasa bersama.

Anies pun menceritakan kebiasaan keluarganya yang suka berbelanja bersama untuk seragam baju Lebaran nanti.

"Saya belum tahu Lebaran di mana, tapi biasanya pertengahan puasa saya ke ITC cari kopiah, sarung, baju seragaman buat Lebaran. Saya biasa carinya di ITC Fatmawati, dekat dari rumah," Mendikbud Anies Baswedan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya